TIP 3 Mendesain Interior Kamar Anak

 

annahape.com Pengalaman saya mendesain interior kamar Anak susah-susah gampang. Kalau saya mendesain kantor atau rumah tinggal urusannya lebih mudah. Saya bertemu langsung dengan owners, pemilik yang biasanya sekaligus pengguna.

Mendesain kamar anak? Yang saya jumpai adalah orangtuanya. Nah di sini kesulitan pertama langsung datang. Sebabnya, yang langsung terungkap adalah keinginan sang mama atau papanya tentang interior kamar anaknya. Ibu dan bapak ingin begini dan begitu.

Tidak jarang ortu sudah membawa beberapa gambar referensi kamar anak yang mereka dapat dari buku interior atau foto. Lucu juga kejadiannya kalau kemudian mereka meminta meng copy paste interior kamar anak dari rumah tetangga atau saudaranya.

Terhadap klien seperti itu saya mencoba meyakinkan bahwa interior kamar anak idealnya adalah hasil keinginan sang anak. Jangan mengira anak tidak punya gagasan apa-apa tentang interior kamarnya.

Umumnya mereka setuju. Tetapi ada juga yang memberi titipan pesan: tapi jangan yang begini dan begitu ya mbak. “Kami tidak suka dengan selera anak kami itu”.

Ada juga klien yang tidak mengerti maksud saya. Alasannya: “Lha anak saya baru usia 2 atau 3 tahun. Dia belum ngerti apa-apa”.

Menurut saya anggapan itu kurang tepat. Saya biasanya minta ijin untuk dapat mengenal anak itu. Saya melihat kesehariannya, kesukaannya atau warna-warna favoritnya. Masuk dalam dunia mereka dan ngobrol dengan bahasa mereka.

Dari pengamatan itu saya dapat menggali lebih banyak tentang minatnya, benda-benda kesukaannya, bentuk-bentuk favoritnya. Dengan sejumlah data itu, saya mencoba membayangkan komposisi yang unik dan menarik. Sebuah pra desain interior sudah saya dapat.

Persoalan berikutnya adalah bagaimana membuat interior yang relatif berusia panjang. Tidak hanya setahun dua tahun harus ganti lagi. Apa lagi anak-anak bertumbuh dengan cepat dan tidak jarang berganti minat.

Kiatnya adalah: untuk barang-barang kebutuhan standard kamar seperti tempat tidur dan lemari saya menghindari bentuk yang terlalu spesifik. Misalnya tempat tidur berbentuk mobil-mobilan atau kereta api. Bentuk kesukaan semacam itu saya taruh sebagai dekorasi di lemari atau dinding. Jadi sewaktu-waktu bisa diubah. Contohnya, klik di sini.

Konsep interior kamar anak yang baik menurut saya adalah yang mungkin untuk dikembangkan di kemudian hari. Sejalan dengan perkembangan anak. Siapkan space/ ruang untuk meja belajar. Walaupun, sekarang mungkin belum dibutuhkan.

Beberapa hal lain yang harus dihindari dalam mendesain kamar anak. Hindari penggunaan barang yang menggunakan bahan berbahaya. Khususnya cat. Jangan ada bidang atau sudut yang tajam. Dan jangan menaruh barang dekoratif yang membahayakan di kamar anak.

Perhatikan sirkulasi udara ke kamar tersebut. Untuk anak-anak di bawah lima tahun, akses dari dan ke kamar ortu harus menjadi pertimbangan.

Salam

bannerblogger_61-11.jpg

Mendesain dengan hati
Untuk layanan profesional hubungi Annahape Studio (klik)

Contoh foto furniture anak dapat di lihat di sini
Artikel terkait: Tip 23 desain lemari mainan, klik di sini

 

About these ads
Comments
22 Responses to “TIP 3 Mendesain Interior Kamar Anak”
  1. widya desiyanthi mengatakan:

    dear mba anna, kami coba renovasi rumah bln april 2009 lalu.tapi karena keterbatasan dana, proses renovasi kami stop september 2009 dengan kondisi 25%. dan sampai kini belum diteruskan. luas bangunan kurang lebih 200m2.rencananya kira2 september 2010 ini kami akan meneruskan proses renovasi.dan terus terang, dengan keterbatasan dana yang ada, kami juga ingin menggunakan jasa interior disain agar rumah kami nantinya lebih nyaman untuk ditempati.setelah saya coba browsing, lumayan mahal juga ya jasa disain interior?kalau untuk endisain sendiri,meski banyak buku2 dan majalah disain, kayaknya kok susah.kira2,ada tidak ya jasa disain interior yang tidak terlalu mahal? budget kami untuk jasa disain tiap ruang maks. rp 200rb. terima kasih bila mba anna berkenan memberi masukan

  2. dinda mengatakan:

    sayak ingin menjadi seperti mbak anna,kreatif n profesional.salut!

  3. Lita mengatakan:

    Halo mbak Anna,
    Saya baru mau membeli dan akan menempati rumah baru (bulan Oktober 2010) lb36m2 lt 72m2. Saya ingin sekali minta advice atau semacam informasi yang lengkap bagaimana mendesign beberapa ruang yang ada didalam rumah tersebut agar terlihat simple tapi modern, tapi saya sangat membutuhkan sirkulasi udara yang baik, supaya kesanya tidak panas atau pengap. Bagaimana pemilihan furniture didalam ruang tamu, ruang tidur suami-istri, ruang tidur anak (usia 3,5 tahun), dan juga ruang dapur??. Tapi kalau anak kami belum bisa tidur terpisah atau jauh dari kami bagaimana mbak? oya mbak ruang dapur saya itu letaknya ada dibelakang dan sebagian belum tertutup seluruhnya. Saya berencana warna-warna yang saya gunakan di dalam ruangan baik warna dinding (brroken white) juga furniturenya coklat atau putih, bagaimana menurut mbak?? wah banyak banget ya pertanyaan dari saya yah, tapi sebelumnya saya berterimakasih sekali ya mbak untuk informasinya. I’m looking forward for your comments. Thanks a lot. God bless.

  4. Apriyani Mastahati mengatakan:

    Salam Kenal Mbak,
    Saya apri, minta tolong desain interior untuk rumah tipe 48M2 yang untuk kami ekonomi menengah kebawah, terimakasaih mba…

  5. Apriyani Mastahati mengatakan:

    Rumah kami diatas tanah 72M2 dan sudah habis dibangun, kami beranggotakan 3 orang, saya,istri dan 1 orang anak usia 17 bulan, ruang yang kami miliki 1 Kamar tidur utama, 1 kamar tidur kosong, dapur, 1 KM, Ruang Tamu, Ruang keluarga, agar tidak terlihat sumpek tolong berikan desain interior yang pas buat kami yang ekonomi menengah ke bawah

  6. winarko mengatakan:

    desain interior yang elegan menambah kenyamanan bagi penghuninya

  7. elly mengatakan:

    Salam kenal mb anna
    mb…saya lg mau renov rmh,saya blh g tlng di design rmh model minimalis modern dan sy ingin bnyk sirkulasi udara msk sehingga tidak bnyk menggunakanlampu klu siang hari…thank’s a lot ya mb…ditunggu jawabannya

  8. dessy mengatakan:

    mbak anna…
    aku dessy, mau tanya ada ga buku tentang standarisasi mendesain kamar utk anak?
    misalkan volume yang ideal utk sebuah kamar. atau bahan2 apa yg boleh atau tidak boleh digunakan pada kamar anak.
    aku sekarang lagi bikin skripsi mendesain interior panti asuhan anak2…
    mohon bantuannya mbak… hehehe…

    dessy

  9. nai mengatakan:

    mbk sy bgg ne gmn crx ngobrak abrik kmr q.q bosen klu gt2 aj
    pgn gnt.q px byk brg n koleksi bukun boneka2.please tk tgu.

Trackbacks
Check out what others are saying...
  1. [...] boleh jadi Anda perlu menata ulang dekorasi ruangan. Agar semakin nyaman dan sesuai untuk bermain. (Lihat juga tip nomor 3 – Mendesain Interior Kamar Anak) Kegiatan menggambar bersama bisa dilakukan di lantai atau meja [...]

  2. [...] Juga Tips saya  tentang Kamar Anak: Tip 23 Interior Kamar Anak: Desain Lemari Mainan TIP 3 Mendesain Interior Kamar Anak Tip 51 Desain Interior Rumah, Kantor, Apartemen: Bagaimana Prosesnya? [...]

  3. [...] Juga Tips saya  tentang Kamar Anak: Tip 23 Interior Kamar Anak: Desain Lemari Mainan TIP 3 Mendesain Interior Kamar Anak Tip 51 Desain Interior Rumah, Kantor, Apartemen: Bagaimana Prosesnya? [...]



Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

  • Desain Interior

    Aneka Produk Design/Desain Interior di Annahape Workshop & Studio: 3D interior, konsep interior, interior warna cat, Wallpaper, kolam ikan, kolam renang, seni interior, pintu, Plafon, Foyer, Kamar/Ruang Tamu, Kamar Anak, Kamar Bermain, Meja Kerja, Meja Makan, Kursi Makan, Ruang Makan, Ruang Tidur, Bedroom, Bath room, Tempat Tidur, Lemari, Almari, Backdrop, Backwall, Sofa, Daybed, Puff, Dapur/Kitchen Set, Pantry, Home Theater.
    Kantor: Ruang Rapat, Ruang Direktur, Ruang Staff, Ruang Reseptionis, Lobby, Ruang Kerja, ruang sekretaris, interior kantor

  • Real Estate Blogs Real Estate Blogs - Blog Rankings

  • Desain Rumah /Arsitektur

    Jasa Arsitektur: Gambar Desain Arsitektur 3D, Gambar Kerja Arsitektur, Struktur dan RAB (Rencana Anggaran Biaya), Renovasi Rumah Menyeluruh, Desain Toko, Desain Restaurant, Desain Kantor, Bangun Rumah Tinggal, Master Plan, Landscape, Site Plan. Rumah mungil, besar, modern, mewah.

    Konstruksi Pengerjaan bangunan, rumah, ruko, rukan, kolam renang, villa, restoran. Termasuk carport, pagar dan taman

    Langgam, style, gaya:
    Etnik, Minimalis, Retro, Modern, Klasik, Tradisional, Eklektik, Mediteranian, Art Decoratif

  • Konsultasi & Jasa Profesional

    Annahape STUDIO (Didirikan Thn 2000)

    Informasi desain, produk, jasa/konsultasi profesional, jam/hari kerja, jadwal libur dan pekerjaan yang tidak dapat kami layani silakan klik:

  • Contact Annahape

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 313 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: