Tip 5: Budget untuk Interior Design

annahape.com Kebanyakan orang, lebih suka menyembunyikan budget mereka karena beberapa alasan. Ada logika permainan poker yang dipakai ketika mereka berpikir, “Kalau EO menyusun biaya lebih kecil dari budget saya, (maka) saya bisa mendapat harga yang lebih murah” atau “Kalau EO tahu budget saya, ia mungkin akan menghabiskan setiap sen dari budget saya,”.

Untuk Anda yang sudah menikah, Anda barangkali punya pengalaman bagaimana menyelenggarakan pesta nikah. Menggunakan jasa wedding event organizer (EO), atau jasa catering profesional biasanya menjadi pilihan di jaman ini.

Ada beberapa hal yang biasanya ingin diketahui oleh EO, dimana akan diselenggarakan, apakah gaya pesta yang diinginkan dan berapa budget yang Anda miliki.

Hal yang sama terjadi dalam hal menggunakan jasa designer rumah atau apartemen. Dengan menggunakan jasa profesional banyak keuntungan yang Anda dapat. Seorang desainer profesional menyumbangkan keahliannya mendesain, kemampuan menemukan supplier furniture, pabrik dan assesoris yang bermutu dengan harga bersaing. Mengorganisir berbagai pekerjaan tukang yang berbeda. Ingatlah bahwa tukang umumnya hanya mempunyai satu keahlian spesifik. Mengorganisir tukang cat, pemasang lantai, tukang kayu, furniture sering merupakan pekerjaan yang rumit. Mendapatkan tukang yang dapat diandalkan adalah perkara tersendiri. Seorang mandor yang mengorganisir tukang pun, biasanya tidak mempunyai kemampuan mendesain. Yang terjadi umumnya hanya mengulang atau meniru.

Bedakanlah budget dengan tabungan. Budget adalah jumlah uang yang ingin Anda keluarkan untuk mendapatkan hasil yang Anda impikan. Mengalokasikan budget adalah tanggungjawab Anda sebagai klient sebelum Anda menghubungi desainer. Bahkan untuk orang yang sangat longgar dalam dana pun mempunyai budget.

Dengan budget yang sudah Anda tentukan untuk meningkatkan kualitas rumah tinggal, Anda dapat mengecek feasibility dari budget itu dalam beberapa kelompok pengeluaran. Misalnya, untuk menata interior living room Anda harus mengalokasikan budget untuk 7 hal yaitu: lantai (karpet, parquet, marmer), dinding (cat, wall paper), curtains/korden, furniture, lampu atau pencahayaan, assesoris (lukisan, barang seni) dan design fee.

Untuk saya, proses desain akan jauh lebih mudah bila klien dapat memberitahukan budget range dalam proses desain. Dalam hal ini, integritas profesional dan kepercayaan klien menjadi taruhannya. Informasi ini akan menghemat waktu ke dua belah pihak, dan menentukan spesifikasi yang sesuai dengan budget.

Tetapi kalau Anda suka dengan permainan poker, Anda dapat menyisihkan sejumlah uang untuk jaga-jaga atur reserve di luar budget Anda tanpa seorang pun harus mengetahuinya. Terus terang, ini adalah ide yang sangat baik. Bila budget yang Anda sediakan ternyata tidak cukup karena situasi tak terduga di lapangan, misalnya masalah struktur bangunan. Anda dapat menggunakan dana cadangan itu. Hal ini sering terjadi.

Tetapi bila ternyata project berjalan mulus tanpa mengeluarkan dana cadangan, tidak ada salahnya di akhir project Anda mengajak desainer Anda merayakannya, pesta kecil di kebun belakang atau di restoran.

Salam

bannerblogger_61-11.jpg

Mendesain dengan hati
Untuk layanan profesional hubungi Annahape Studio (klik)

Artikel terkait:
1.Harga/biaya Jasa Desain Arsitektur atau Interior klik di sini

About these ads
Comments
11 Responses to “Tip 5: Budget untuk Interior Design”
  1. Dewi Yudianto mengatakan:

    Ibu Anna, dgn rumah yang kecil LT/LB 72/51, saya perlu dengan jasa interior design.
    Mohon info perkiraan budget dengan konsep design minimalis.

    Terima kasih.
    Dewi

  2. Pery mengatakan:

    Sangat briliant dan inspiratif, terutama bagian penutup itu.
    Terima kasih dan salam

  3. Yuli mengatakan:

    Mbak Anna yang baik,
    Saya memiliki lahan di daerah cukup elit (+/- Rp. 5,000,000/m2), dg jalan lebar 20-25m (2 jalur). Namun lahan yg saya miliki tidak terlalu besar yaitu 6.5m x 26m. Tanah tersebut berasal dari 1 kapling ukuran 12.5 x 26m yang dibagi 2 sertifikatnya dengan saudara. Kami berdua ingin membangun dg desain yg “kembar”. Kebutuhannya hampir serupa dengan saya yaitu keluarga dg 2 orang anak.

    Saya ingin membuat rumah 2 lantai tanpa genteng. Penutup atas lantai 2 berupa dek yang dapat dimanfaatkan untuk jemuran ataupun disiapkan utk pembangunan lantai 3. Rumah yang saya inginkan adalah :

    1. Lantai 2 untuk tempat tinggal (1 kamar utama, 2 kamar anak, r. keluarga). Dapur bisa pula diletakkan di lt 2. Jadi lantai 2 ini mirip semacam apartemen.

    2. Lantai 1, difungsikan untuk kerja (home industry – snack), 1 kamar tidur jika ada orang tua menginap di rumah kami, ruang tamu. Bila ada acara pertemuan2 keluarga diharapkan juga dapat di lantai 1 ini.

    3. Ada void di tengah2 ruangan, yang berfungsi pula sebagai bukaan utk pencahayaan dan ventilasi hingga ke dek (lt 3). Mngkin ukuran sekitar 3×3 hingga 4×4.

    4. Bisa menampung mobil 2 unit.

    5. Gudang, kamar pembantu, kamar mandi pembantu. (boleh di lt 1 atau 2)

    6. Untuk akses ke dek (jemur), mengingat rumahnya cukup kecil, tidak harus ada tangga khusus untk pembantu naik ke atas. Tdk masalah jika menggunakan tangga dlm rumah.

    7. Diinginkan ventilasi dan pencahayaan cukup dari depan , tengah (void) dan belakang. Krn itu ingin ada taman di belakang (sekitar 3-4 meter dari belakang).

    8. Luasan bangunan yang diharapkan berkisar 150m2 dengan maksimal 200m2.

    9. Budget saya sekitar Rp. 450jt an (Rp. 400jt utk bangunan, Rp 25jt-Rp. 50jt utk interior (furniture).

    10. Kami ingin menempati rumah tersebut paling lambat akhir tahun 2009 mengingat kami harus pindah dari rumah yang sekarang kami tempati. Apakah cukup waktu utk pembangunan rumah tsb (7 bln) terhitung mulai akhir Mei 09?

    Apakah dg kriteria di atas saya bisa membangun rumah idaman tsb dengan kelas cukup lux, mengingat rata2 bangunan di kompleks tsb cukup mewah dg ukuran yg rata2 cukup besar (luas rata2 250m2-500m2 bahkan hingga 1000m2 ). Jadi paling tidak walaupun ukuran kecil, saya bisa membangun rumah tersebut dengan kelas yg cukup setara dg rumah2 tetangga di samping saya.
    Maaf jika saya menyampaikannya cukup banyak detil dan permintaan, karena saya hanya menginginkan bahwa kebutuhan saya bisa terkomunikasikan dengan lebih jelas.

    Demikian kami mohon saran dan desain rumah dari Mbak Anna untuk rumah yang saya idamkan tersebut. Terima kasih sebelumnya.

    Rgds,
    Yuli
    (yuliasmani@yahoo.com)

  4. nova mengatakan:

    Aloow…rumah saya LT/LB 224/126…saya ingin mengisinya dengan jasa desain interior , jadi tidak berantakan..kira2 berapa biaya yg diperlukan?konsep rumah saya minimalis
    trima kasih

  5. Rusli mengatakan:

    Dear Jeng Anna,

    Saya memiliki sebuah rumah type 45 dengan luas tanah 120 m2 ( 8 X 15 M ), sampai saat ini masih belum ditempati dan masih berbentuk banguna asli dari developer, saya berniat merenovasi rumah tersebut menjadi rumah 2 lantai yang asri dengan biaya yang sesuai dengan dana yang saya miliki, pembangunannya bisa bertahap dimulai dari lantai 1 dengan melakukan perluasan kamar utama dan memindahkan dapur ke belakang, saya sangat membutuhkan jasa Jeng Anna untuk memberikan masukan dan design yang sesuai dengan bentuk fasad rumah yang ada sekarang. Saya sangat menunggu balasan dari Jeng anna.

    Thanks for your attention

    Regards
    Rusli

  6. rya mengatakan:

    Dear Anna, rumah saya 65/90. Sdh banyak barang, sehingga sy cukup bingung mengaturnya. Bisakah sy meminta bantuan desainer interior utk mengatur tata letak furniture yg sdh ada, atau yg perlu dibuang/diganti. Kalau utk jasa spt itu, brp perhitungan fee nya ?
    Trims atas bantuannya

  7. dwi ari mengatakan:

    Saya mau bangun rumah, pas saya nemukan web ini, tapi sayang kok ukuran rumahnya besar semua krn ukuran rumah saya 6 x 14, terima kasih

  8. efrand mengatakan:

    slm kenal,,,,
    saya Efrand, profesi saya designer interior, saya mau berdiskusi mengenai masalah design fee. Kadang kala saya terjebak dimana klien menginginkan saya untuk membuat suatu design, sekaligus dibuat juga. Contohnya desain untuk mengisi rumah tinggal. Setelah desain selesai, dan penawaran harga saya ajukan,
    klien tidak jadi untuk membuat item2 pengisi rumah tinggal tsb dengan saya.
    Bagaimana dengan disain yg sdh saya buat ( biasanya saya langsung memberi image 3D )? Setidaknya sdh ada waktu yg terbuang selama proses desain/penggambaran tsb.Apakah ada design fee? Bagaimana memberitahukannya? Karena klien menganggap dia tidak jd memakai jasa kita sehingga dia tidak perlu membayar apa2..Bagaimana prosedur yg paling baik sebenarnya dalam proses interaksi kita dengan klien?
    Terima kasih banyak atas perhatiannya.

    Efrand

Trackbacks
Check out what others are saying...
  1. [...] matang. Dalam konteks renovasi atau pembangunan rumah, itu mulai dari strategi penyiapan budget (Tip 5), pembuatan Gambar Arsitektur (Tip 16) dan Gambar Struktur (Tip 18) serta Rencana Anggara Biaya [...]

  2. [...] budget yang siap, gambar arsitektur detail, gambar struktur dan perhitungan RAB. Anda siap membangun [...]

  3. [...] Dengan budget yang siap, gambar arsitektur detail, gambar struktur dan perhitungan RAB. Anda siap membangun rumah. Dari titik ini, Anda dapat memilih berbagai cara untuk mewujudkan rumah idaman. Umumnya ada dua yaitu dengan tukang borongan atau jasa kontraktor. [...]



Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

  • Desain Interior

    Aneka Produk Design/Desain Interior di Annahape Workshop & Studio: 3D interior, konsep interior, interior warna cat, Wallpaper, kolam ikan, kolam renang, seni interior, pintu, Plafon, Foyer, Kamar/Ruang Tamu, Kamar Anak, Kamar Bermain, Meja Kerja, Meja Makan, Kursi Makan, Ruang Makan, Ruang Tidur, Bedroom, Bath room, Tempat Tidur, Lemari, Almari, Backdrop, Backwall, Sofa, Daybed, Puff, Dapur/Kitchen Set, Pantry, Home Theater.
    Kantor: Ruang Rapat, Ruang Direktur, Ruang Staff, Ruang Reseptionis, Lobby, Ruang Kerja, ruang sekretaris, interior kantor

  • Real Estate Blogs Real Estate Blogs - Blog Rankings

  • Desain Rumah /Arsitektur

    Jasa Arsitektur: Gambar Desain Arsitektur 3D, Gambar Kerja Arsitektur, Struktur dan RAB (Rencana Anggaran Biaya), Renovasi Rumah Menyeluruh, Desain Toko, Desain Restaurant, Desain Kantor, Bangun Rumah Tinggal, Master Plan, Landscape, Site Plan. Rumah mungil, besar, modern, mewah.

    Konstruksi Pengerjaan bangunan, rumah, ruko, rukan, kolam renang, villa, restoran. Termasuk carport, pagar dan taman

    Langgam, style, gaya:
    Etnik, Minimalis, Retro, Modern, Klasik, Tradisional, Eklektik, Mediteranian, Art Decoratif

  • Konsultasi & Jasa Profesional

    Annahape STUDIO (Didirikan Thn 2000)

    Informasi desain, produk, jasa/konsultasi profesional, jam/hari kerja, jadwal libur dan pekerjaan yang tidak dapat kami layani silakan klik:

  • Contact Annahape

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 306 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: