Tip 10 Desain Kolam Ikan di Lahan Sempit dalam Rumah

annahape.com Salah seorang klien kami ingin mempunyai kolam ikan, dengan air yang gemericik mengalir. Memandangi ikan di kolam punya sensasi berbeda pari pada dari aquarium. Tetapi bagaimana mensiasatinya kalau lahannya sempit? Apalagi bila berharap ada floating candle, untuk memberi kesan romantik di saat tertentu. Saat menjamu makan tamu, atau sekedar menjamu anggota keluarga di malam hari.

cengkirkg-denah-kolam.jpg

Mendapat “PR” mendesain kolam ikan dalam rumah tentu mengasyikkan. Apalagi ketika hasilnya benar-benar nyata. Tidak hanya desainnya tetapi juga sungguh dapat dinikmati.

Dua buah gambar saya sajikan , gambar denah dan gambar perspektif kolam ikan mungil. Yang pertama gambar denah dari kolam ikan tersebutl (lihat di atas) .


Lahan yang tersedia di bagi menjadi dua bagian tidak sama besar. Bagian yang lebih kecil dipakai untuk menaruh papan kayu untuk mengakses kolam dari satu sisi samping.

Gambar kedua adalah gambar perspektinya.

cengkirkg-pers-kolam.jpg

Pada gambar perspektif kelihatan di sisi kiri adalah floating candle, alias lilin yang dapat diletakkan di gelas kaca. Dinding di sisi belakang kolam dan samping kanan mengunakan batu alam, dan di bagian depannya menggunakan batu koral. Di bagian tengah belakang dibuat semacam tugu kecil juga dari batu alam hitam. Air yang bergemericik mengalir batu alam itu. Di bagian depannya di taruh tanaman hias atau bunga untuk memberi kesan asri atau alami. Komposisi warna asesoris di sekitar kolam menambah keunikan kolam ikan itu.

Kolam ikan mungil ini dapat juga diterapkan untuk kantor atau restoran dengan lahan terbatas.

Hmm, menarik bukan? Tentu saja ke dua gambar di atas perlu dilengkapi dengan gambar kerja agar pelaksana dapat mengerjakan. Gambar kerja menyajikan ukuran dimensi dari masing-masing bagian agar kolam ikan nantinya sungguh tampil dengan komposisi yang seimbang. Perlu juga diperhatikanbeberapa teknik spesifik agar air dalam kolam itu tidak sampai bocor atau merembes ke bagian lain dari rumah. Tetapi tukang yang berpengalaman biasanya sudah tahu kok cara membuatnya. Dalam kasus di atas baik desain maupun pelaksanaannnya dikreasi oleh studio kami.

Contoh  laindesain kolam ikan dapat dilihat juga klik di sini dan di sini

Salam

bannerblogger_61-11.jpg

Mendesain dengan hati
Untuk layanan profesional hubungi Annahape Studio (klik)


Artikel terkait Desair rumah etnik.
Artikel lain: Desain interior kantor

About these ads
Comments
30 Responses to “Tip 10 Desain Kolam Ikan di Lahan Sempit dalam Rumah”
  1. Bulan Senada mengatakan:

    Salam kenal mbak Anna….,
    Trims banget atas tulisan-2 mbak Anna. Sangat bermanfaat buat kami sekeluarga.
    Mbak….
    Aku mau buat kolan ikan di lantai 3 rumahku sekaligus kantor (lantai atap. ada pagar tembok keliling 1 meter). Luas 160 meter. Tolong mbak Anna kasih saran ke saya dong….
    Thx.

  2. tiara mengatakan:

    dear mba ana ..
    saya ingin punya kolam ikan posisinya di teras depan rumah berbatasan dengan tembok pagar . luas areanya kurang lebih 3,2 m x 0,5 m dilengkapi dengan air mancur mini . kira-kira , bagaimana ya desain yang cocok ? tolong di desainkan ya .. thanks ..

  3. Opan mengatakan:

    Dear Mbak Anna, Sy punya keinginan bikin kolan ikan koi yang ada di dalam rumah, ukuran ruang yang yang ada 5×2,5… kira2 desain mnimalisnya gmna n material berapa banyak y, sekalian minta tolong desain air mancur nya y mbak.. Thanx

  4. Muhammad mengatakan:

    Mba Anna Thanks banget yah atas infonya, semoga penyajian infonya bisa lebih banyak lagi, minta ijin copy yah

  5. frans mengatakan:

    dear mbak Anna,
    mau minta saran, saya ingin buat kolam ikan minimalis+tanaman disekitarnya (pakai gemericik air) di blkg rumah dgn uk 2x2m. Minta saran + gambar.
    Terima kasih

  6. Juwono mengatakan:

    Mohon saran, saya mempunyai sebidang tanah 2,5 x 3 dan akan saya buat kolam ikan didalam rumah, apakah ibu dapat membantu?

  7. Rizal mengatakan:

    Yth Mbak Anna, Sy punya keinginan bikin kolan ikan hias di depan rumah, spacenya cuma tinggal 4×2,5… please gimana bagusnya deh tolong gambarin ya dan bahan2 aa saja yang mesti saya siapkan.. Thank you

  8. erlangga bule pragolo mengatakan:

    gue suka banget yg mana desainer rumah ,,gambar rumah,,disini,,keren abis fotonya,, pingin belajar lebih dalem,,sukses selalu

  9. restu mengatakan:

    mohon infonya, untuk kolam kecil di dalam rumah, apakah tidak membuat udara dalam ruangan lembab? ato effek samping nya … thx

  10. danto mengatakan:

    mbak saya punya kolam ikan koi,lumayan luas.namun sekarang ini agak kerepotan ngurusnya karena filter ndak jalan,diatas kolam langsung berhadapan dgn matahari jadi berlumut dan kotor.saya bisa minta desain filter buat kolam yang bagus dan mudah pembersihannya,trims

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

  • Desain Interior

    Aneka Produk Design/Desain Interior di Annahape Workshop & Studio: 3D interior, konsep interior, interior warna cat, Wallpaper, kolam ikan, kolam renang, seni interior, pintu, Plafon, Foyer, Kamar/Ruang Tamu, Kamar Anak, Kamar Bermain, Meja Kerja, Meja Makan, Kursi Makan, Ruang Makan, Ruang Tidur, Bedroom, Bath room, Tempat Tidur, Lemari, Almari, Backdrop, Backwall, Sofa, Daybed, Puff, Dapur/Kitchen Set, Pantry, Home Theater.
    Kantor: Ruang Rapat, Ruang Direktur, Ruang Staff, Ruang Reseptionis, Lobby, Ruang Kerja, ruang sekretaris, interior kantor

  • Real Estate Blogs Real Estate Blogs - Blog Rankings

  • Desain Rumah /Arsitektur

    Jasa Arsitektur: Gambar Desain Arsitektur 3D, Gambar Kerja Arsitektur, Struktur dan RAB (Rencana Anggaran Biaya), Renovasi Rumah Menyeluruh, Desain Toko, Desain Restaurant, Desain Kantor, Bangun Rumah Tinggal, Master Plan, Landscape, Site Plan. Rumah mungil, besar, modern, mewah.

    Konstruksi Pengerjaan bangunan, rumah, ruko, rukan, kolam renang, villa, restoran. Termasuk carport, pagar dan taman

    Langgam, style, gaya:
    Etnik, Minimalis, Retro, Modern, Klasik, Tradisional, Eklektik, Mediteranian, Art Decoratif

  • Konsultasi & Jasa Profesional

    Annahape STUDIO (Didirikan Thn 2000)

    Informasi desain, produk, jasa/konsultasi profesional, jam/hari kerja, jadwal libur dan pekerjaan yang tidak dapat kami layani silakan klik:

  • Contact Annahape

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 304 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: