Tip 12 Desain Ruang Kerja + Perpustakaan di Rumah

annhape.com Di bawah ini ada contoh layout ruang kerja.

Jaman sekarang tidak sedikit orang yang memilih bekerja di rumah. Alasannya macam-macam. Jenis pekerjaannya memang memungkinkan seseorang bekerja di rumah. Seorang konsultan, dokter, penulis atau mungkin arsitek adalah beberapa contoh di antaranya.
Tetapi pilihan bekerja di rumah dapat sangat demanding, terutama fasilitas yang diperlukan bisa tidak sedikit, tetapi ruang yang tersedia sangat terbatas. Anda mungkin membutuhkan ruang baca, ruang konsultasi di samping ruang kerja Anda sendiri. Sementara itu Anda harus berbagi dengan kebutuhan rumah lainnya.

Belum lagi, Anda yang bekerja di rumah mungkin punya segudang buku hasil koleksi Anda bertahun-tahun. Mengapa buku-buku Anda tidak menjadi bagian dari interior “kantor” atau ruang kerja Anda di rumah? Buku-buku yang ditata sebagai bagian interior, sekaligus perpustakaan pribadi, mungkin saja akan meningkatkan gairah kerja Anda, sekaligus memudahkan Anda untuk mencari referensi.

Di ruang kerja sekaligus perpustakaan dan ruang baca itu, Anda juga dapat menerima tamu atau kolega. Anda untuk urusan yang lumayan serius. Diskusi di ruang kerja dapat menjadi alternatif dari pada di ruang tamu.

Maka fungsi ruang kerja di rumah benar-benar harus multi-fungsi, Bayangkan saja ruang itu berfungsi sebagai: perpustakaan, ruang kerja, ruang meeting/diskusi/konsultasi dan ruang baca. Secara keseluruhan, desain ruang itu beserta koleksi buku Anda pun menjadi portofolio dari wawasan yang Anda miliki.

Contoh layout ruang kerja serbaguna itu saya tampilkan di bawah ini.

ruangkerja.jpg

Pada denah di atas kelihatan berbagai fungsi ditata dengan harmonis. di sudut kiri bawah ada sofa untuk membaca buku plus lampu baca. Di bagian tengah, ada meja kecil untuk diskusi atau konsultasi. Sebagian dinding dipakai untuk rak buku (sisi atas dan kanan). Dan sebuah meja kerja di sisi kiri. Lingkaran merah di tengah menunjukkan corak motif karpet yang dapat dijadikan pilihan

Sementara itu rak buku pun dapat ditata sebagai interior yang unik. Lihat contoh di bawah.

perpustakaan.jpg

Contoh rak buku di atas, memperlihatkan beberapa fungsi sekaligus, sisi paling kiri dipakai untuk display buku-buku unggulan Anda, atau yang sedang Anda baca. Bagian itu dapat juga dimodifikasi untuk display sovenir kesayangan, foto atau portfolio Anda. Di bagian kiri bawahnya ada laci untuk menyimpan kertas atau alat kerja. Sedang sisi sebelah kanan untuk koleksi CD atau VCD kesayangan Anda.

Kalau ruangan Anda sempit perhatikanlah komposisi warna dari furniture Anda. Warna yang sangat berbeda-beda antara meja, kursi atau rak, dapat menimbulkan kesan berantakan. Apalagi kalau corak atau langgamnya berbeda-beda. Membuat seluruh furniture sekaligus adalah jalan keluar yang terbaik, agar tukang finishing dapat membuat kombinasi warna yang tepat.

Gambar dan contoh yang lebih detail dapat juga di lihat di Tip 74 Ruang Baca-Persputakaan Pribadi Multi Fungsi, Modern, Ceria (klik!) Selamat membaca!

Salam

bannerblogger_61-11.jpg

Annahape, Mendesain dengan hati

Hubungi Annahape Studio untuk layanan profesional

About these ads
Comments
7 Responses to “Tip 12 Desain Ruang Kerja + Perpustakaan di Rumah”
  1. ENI NURAINI mengatakan:

    Gimana menurut mbak penataan ruang untuk konsultasi gizi dengan ukuran 3 X 6 meter persegi dilengkapi fasilitas lengkap seperti sofa, telepon, komputer dll. Terimakasih atas sarannya

  2. ARIS mengatakan:

    Mbak Bahas dong tentang rumah Kayu secara lebih detail, terutama tentang rumah panggung. Cos ada Tugas nih, dan referensi buku tentang rumah kayu sedikit sekali. Arsitektur Unibraw.

  3. hamid mengatakan:

    mungkin kalu aku punya buku banyak bisa minta bantuan mba Anna kali? untuk menata ruang agar lebih ideal.

  4. deng mengatakan:

    idea yang sangat bagusss!!! congrate!!!!

  5. tavi mengatakan:

    aku pengen tentang desain rak2 yang bagus, chic n trendi. untuk membuat butik kecil2 an.

  6. Dian Irmala mengatakan:

    jadi pingin juga bikin ruang kerja di rumah, tapi ruang yang bisa dipakai, ukurannya 2,5 x 3 m
    Kira kira bisa gak ya?

  7. ivanpw mengatakan:

    Sangat memberi pencerahan… soalnya saya memang hobinya berkantor di rumah. home sweet home… :D. Thx yah!

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

  • Desain Interior

    Aneka Produk Design/Desain Interior di Annahape Workshop & Studio: 3D interior, konsep interior, interior warna cat, Wallpaper, kolam ikan, kolam renang, seni interior, pintu, Plafon, Foyer, Kamar/Ruang Tamu, Kamar Anak, Kamar Bermain, Meja Kerja, Meja Makan, Kursi Makan, Ruang Makan, Ruang Tidur, Bedroom, Bath room, Tempat Tidur, Lemari, Almari, Backdrop, Backwall, Sofa, Daybed, Puff, Dapur/Kitchen Set, Pantry, Home Theater.
    Kantor: Ruang Rapat, Ruang Direktur, Ruang Staff, Ruang Reseptionis, Lobby, Ruang Kerja, ruang sekretaris, interior kantor

  • Real Estate Blogs Real Estate Blogs - Blog Rankings

  • Desain Rumah /Arsitektur

    Jasa Arsitektur: Gambar Desain Arsitektur 3D, Gambar Kerja Arsitektur, Struktur dan RAB (Rencana Anggaran Biaya), Renovasi Rumah Menyeluruh, Desain Toko, Desain Restaurant, Desain Kantor, Bangun Rumah Tinggal, Master Plan, Landscape, Site Plan. Rumah mungil, besar, modern, mewah.

    Konstruksi Pengerjaan bangunan, rumah, ruko, rukan, kolam renang, villa, restoran. Termasuk carport, pagar dan taman

    Langgam, style, gaya:
    Etnik, Minimalis, Retro, Modern, Klasik, Tradisional, Eklektik, Mediteranian, Art Decoratif

  • Konsultasi & Jasa Profesional

    Annahape STUDIO (Didirikan Thn 2000)

    Informasi desain, produk, jasa/konsultasi profesional, jam/hari kerja, jadwal libur dan pekerjaan yang tidak dapat kami layani silakan klik:

  • Contact Annahape

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 313 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: