Tip 17 Desain Interior Kantor: Desain Ruang Direktur dan Ruang Rapat (Lantai 2)

annahape.com Layout/denah interior kantor saya sajikan di bawah ini. Artikel ini melanjutkan tip 11 tentang desain interior ruang kantor. Sekali lagi, saya menggarisbawahi suatu desain interior kantor dapat menyediakan ruang untuk menunjukan portofolio perusahaan, bahkan portofolio Anda sebagai pengusaha atau manager profesional. Selain itu desain interior kantor dimaksudkan untuk membangun efek psikologis dari meeting scenario antara direktur dengan bawahan, dengan tamu atau dengan kolega.

Diandaikan bahwa ruang yang tersedia adalah ruang lantai dua ruko atau rukan. Dan Anda menginginkan ruang tersebut dapat dipakai untuk ruang direktur dan ruang rapat (meeting room). Baik ruang direktur maupun ruang rapat menyediakan ruang untuk bertemu, berbicara dan berkomunikasi. Selain, tentu saja, ruang untuk bekerja bagi direktur atau manager.

Pada layout yang saya sajikan tampak bahwa dengan dua ruang saja, tiga model atau jenis pertemuan dapat diskenariokan. (2) Dua model komunikasi di ruang direktur/manager, dan (1) satu model pertemuan di ruang rapat. Saya jelaskan satu demi satu.

Di ruang direktur orang dapat bertemu dalam dua cara. Pertama, dengan duduk berhadap-hadapan di batasi oleh meja kerja direktur. Kedua, dengan duduk di sofa di sudut ruang tidak berhadap-hadapan. Kedua model pertemuan ini akan memberi efek psikologis yang berbeda. Yang pertama, pertemuan dengan pembatas meja, akan memberikan efek kewibawaan atau otoritas yang lebih kuat dibanding duduk di sofa. Sebaliknya dengan mengajak tamu atau bawahan duduk menyamping di sofa, efek santai, friendly, cozy, suasana pembicaraan dari hati ke hati dapat dibangun. Nah, tergantung dari tujuan Anda mengundang seseorang, Anda dapat menentukan dimana tamu Anda dipersilakan duduk.

Sementara itu ruang rapat merupakan ruang pertemuan formal dimana peserta berada pada posisi duduk yang setara. Proses diskusi akan lebih demokratis, ide-ide kreatif akan muncul dalam posisi duduk yang setara. Bentuk meja yang cenderung melingkar, oval akan memperkuat kesan itu.

Perlengkapan-perlengkapan standard untuk ruang meeting sebaiknya terpenuhi. Misalnya white board. Over head projector yang dipasang dari meja atau langit-langit akan sangat membantu. Selain itu rak buku dapat difungsikan sebagai pepustakaan kecil.

Dua buah layout juga saya sajikan di bawah ini. Perbedaan antara ke dua layout itu kecil saja. Yaitu pada perbedaan besar ruang direktur. Selain ruang direktur dan ruang pertemuan, di dekat WC/Toilet di siapkan juga pantry dan ruang untuk office boy.

jak-aero-02a.jpg

Dalam tip sebelumnya saya menekankan fungsi tampilan portfolio perusahaan pada interior ruang. Dinding yang berhadapan dengan ruang rapat dapat dimanfaatkan secara maksimal untuk menunjukkan kualitas Anda maupun kinerja perusahaan. Poster besar, foto atau pun aneka penghargaan dapat dipamerkan di situ.

Oh ya, saya juga menaruh jendela kaca kecil di dinding antara ruang direktur dan ruang rapat. Kalau-kalau Anda sebagai direktur ingin mengecek apakah semua peserta rapat sudah hadir semua, sebelum Anda datang ke ruang rapat.

Salam

bannerblogger_61-11.jpg

Mendesain dengan hati
Untuk layanan profesional hubungi Annahape Studio (klik)

Artikel terkait
1. Desain kantor, ruang staf dan sekretaris lantai 1, klik di sini
2. Tip ruang kerja dan perpustakaan, klik di sini
3. Memanfatkan Partisy Gypsum sebagai bagian interior, klik di sini

About these ads
Comments
9 Responses to “Tip 17 Desain Interior Kantor: Desain Ruang Direktur dan Ruang Rapat (Lantai 2)”
  1. Ivano mengatakan:

    Mbak saya ivano.Saya ingin mendesain ruang kantor dengan ukuran 7×4 mtr.
    Diruangan tersebut 2.5mtr dibuat tuk dapur. tolong saya y mbak?

  2. Ivano mengatakan:

    Mbak saya ivano.Saya ingin mendesain ruang kantor dengan ukuran 7×4 mtr.
    Diruangan tersebut 2.5mtr dibuat tuk dapur.

  3. cicil mengatakan:

    salam kenal mbk anna, klo di ruang kerja ada perpusnya,enaknya gimana ya?
    Desain2 mbk anna mengagumkan..

  4. supernoze mengatakan:

    Wah artikelnya bermanfaat nih, mo nanya, kalo misalnya ruang kantor saya tak besar dan pengennya kelihatan semua en partisinya pake kaca bagus ga yah bu?

  5. rusydi mengatakan:

    mbak Ana yang baik
    Saya terarik nih dengan dunia pendidikan, yaitu praktisi dunia pendidikan. saya mendidikan sekolah tingkat SMP dengan sistem boarding scholl.. sekarang saya mau membuat ruang kelas yang diatasnya dapat digunakan sebagai kantor dan ruang lab komputer untuk siswa. Saya lagi perlu desain minimalis yang yang terbuat dari kayu dengan nuansa Kal-tim.
    Bisa ga mba memberikan beberapa sket untuk kami diskusikan di Balikpapan
    Trima kasih banyak mbak atas bantuannya

  6. flora mengatakan:

    hi mbak Ana Hape,
    setelah lihat2 desain mbak Ana aku pengen ikutan tanya nih,aku lagi bongkar2 ruang untuk kantor suamiku,dua ruang kecil aku gabung jadi satu aku agak bingung dengan penataan interiornya yang hemat biaya tapi bagus ,dan fungsional.ukurannya yang didepan 5x7m digabung dengan kamar belakangnya 4×4.5m kantor nya bergerak dibidang konsultansi,
    terima kasih.

  7. bintang perdana mengatakan:

    mohon diberikan denah ruang kantor yang bagus.
    data2 :
    ruko 3 lantai :
    lantai 1. ukuran 5 x 15 m
    lantai 2. ukuran 5 x 17 m
    lantai 3. ukuran 5 x 17 m

    peruntukan :
    lantai 1. warnet dan cofee
    lantai 2. kantor dengan jumlah person 7 orang termasuk direktur
    lantai 3. ruang studio musik

  8. neeNa ^.^ mengatakan:

    Mbak Anna,

    hallo mbak anna..salam kenal
    terima kasih untuk tips nya, mbak sangat membantu saya , untuk belajar banyak

    Sukses !

  9. setiyo pambudi mengatakan:

    salam kenal,

    salam kenal juga, Mas..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

  • Desain Interior

    Aneka Produk Design/Desain Interior di Annahape Workshop & Studio: 3D interior, konsep interior, interior warna cat, Wallpaper, kolam ikan, kolam renang, seni interior, pintu, Plafon, Foyer, Kamar/Ruang Tamu, Kamar Anak, Kamar Bermain, Meja Kerja, Meja Makan, Kursi Makan, Ruang Makan, Ruang Tidur, Bedroom, Bath room, Tempat Tidur, Lemari, Almari, Backdrop, Backwall, Sofa, Daybed, Puff, Dapur/Kitchen Set, Pantry, Home Theater.
    Kantor: Ruang Rapat, Ruang Direktur, Ruang Staff, Ruang Reseptionis, Lobby, Ruang Kerja, ruang sekretaris, interior kantor

  • Real Estate Blogs Real Estate Blogs - Blog Rankings

  • Desain Rumah /Arsitektur

    Jasa Arsitektur: Gambar Desain Arsitektur 3D, Gambar Kerja Arsitektur, Struktur dan RAB (Rencana Anggaran Biaya), Renovasi Rumah Menyeluruh, Desain Toko, Desain Restaurant, Desain Kantor, Bangun Rumah Tinggal, Master Plan, Landscape, Site Plan. Rumah mungil, besar, modern, mewah.

    Konstruksi Pengerjaan bangunan, rumah, ruko, rukan, kolam renang, villa, restoran. Termasuk carport, pagar dan taman

    Langgam, style, gaya:
    Etnik, Minimalis, Retro, Modern, Klasik, Tradisional, Eklektik, Mediteranian, Art Decoratif

  • Konsultasi & Jasa Profesional

    Annahape STUDIO (Didirikan Thn 2000)

    Informasi desain, produk, jasa/konsultasi profesional, jam/hari kerja, jadwal libur dan pekerjaan yang tidak dapat kami layani silakan klik:

  • Contact Annahape

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 303 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: