TIP 19 Bangun/Desain Rumah: dari Gambar Struktur ke Rencana Anggaran Biaya (RAB) dan Kontraktor

annahape.com Catatan Penting: Anda akan lebih nyaman membaca tip ini setelah membaca tip 7 (proses desain rumah), tip 14 (harga jasa arsitek), tip 16 (tentang gambar arsitektur), dan tip 18 (tentang gambar struktur). Mengapa? Karena RAB adalah rangkaian terakhir dari kerja arsitektur dari tahap-tahap dalam tip-tip di atas.

Dalam tip sebelumnya, tentang gambar struktur, saya berjanji untuk menjelaskan langkah selanjutnya (yang dikerjakan arsitek Anda) yaitu menyusun RAB. Apa saja komponen minimal yang seharusnya ada dalam RAB bangun rumah?

Standardnya, RAB itu terdiri dari 4 kelompok yaitu Persiapan, Pekerjaan Struktur, Pekerjaan Arsitektur dan Pekerjaan ME (Mechanical Electrical). Masing-masing kelompok pekerjaan itu saya jelaskan satu per satu.

Pekerjaan persiapan: meliputi komponen biaya pembersihan lokasi, pengukuran dan pembuatan bouwplank, penyediaan air dan penyediaan listrik. Pekerjaan persiapan bisa cukup mahal kalau yang dilakukan adalah renovasi. Karena biaya pembersihan dapat berarti pembongkaran dan pembuangan puing.

Kelompok biaya selanjutnya adalah biaya pekerjaan struktur. Komponen biaya pekerjaan struktur adalah: pekerjaan pondasi, pekerjaan struktur lantai 1, dan pekerjaan atap. Tentu saja komponen strukturnya akan bertambah kalau rumah terdiri dari dua atau tiga lantai.

Elemen dari pekerjaan pondasi termasuk di dalamnya penggalian, pengurukan. Tergantung besar dan banyaknya pondasi, jumlah pasir, batu dan semen dapat diketahui.

Pekerjaan struktur lantai meliputi biaya balok, kolom dan plat. Yang dimaksud dengan balok adalah struktur melintang (horisontal) dan kolom adalah struktur vertikal. Unsur utama dari pekerjaan struktur lantai adalah beton dan besi. Dengan gambar struktur yang detail, jumlah beton dan besi yang harus dibeli atau disediakan dapat diketahui secara persis.

Pekerjaan struktur atap berbeda satu dari yang lain, tergantung apakah rangka atapnya menggunakan balok kayu atau rangka atab baja ringan.

Selanjutnya, adalah komponen biaya pekerjaan arsitektur. Komponen biaya arsitektur adalah Pekerjaan pemasangan batu-bata, pemasangan kusen pintu dan jendela, pekerjaan dinding, lantai dan keramik, pekerjaan sanitair, dan pekerjaan lain lain (seperti pemasangan grendel pintu, tangki air, dan sejenisnya). Termasuk dalam pekerjaan aristektur adalah pekerjaan atap seperti pemasangan atap dan pengecatannya.

Sedangkan komponen biaya ME, meliputi instalasi listrik, telpon dan asesoris lainnya, seperti saklar.

Dengan ke empat kelompok biaya itulah sebuah RAB dibuat. Tentu saja RAB tidak selalu tepat 100 persen, tetapi RAB yang baik adalah RAB yang tingkat kepastiannya optimal. Karena itu pengalaman dan informasi harga merupakan syarat untuk membuat RAB. Selain itu umur RAB juga tidak panjang. Bila harga-harga bahan bangunan berubah, tentu RAB akan berubah.

RAB haruslah di susun secara rinci, pada masing-masing item. Misalnya ketika membuat pondasi, di dalam RAB haruslah tercantum jumlah m3 dan satuan harganya.

Sesudah Anda mempunyai gambar arsitektur, gambar struktur dan RAB, sekarang Anda siab berhubungan dengan kontraktor. Bila kontraktor adalah pihak yang berbeda dengan arsitek, saya menyarankan kontraktor membuat RAB sendiri. Jadi, yang diserahkan kepada kontraktor hanya gambar arsitektur dan gambar struktur. Dengan RAB dari arsitek Anda dapat menilai apakah harga yang diajukan oleh kontraktor terlalu mahal atau terlalu murah.

Tidak selalu, lebih murah adalah lebih baik, Periksalah komponen yang disajikan dalam RAB satu demi satu. Baik harga maupun jumlahnya.

Bagaimana Anda harus membayar kontraktor? Berapa Jasa kontraktor? Saya akan menulis pada tip berikutnya.

Salam

bannerblogger_61-11.jpg

Mendesain dengan hati
Untuk layanan profesional hubungi Annahape Studio (klik)

About these ads
Comments
25 Responses to “TIP 19 Bangun/Desain Rumah: dari Gambar Struktur ke Rencana Anggaran Biaya (RAB) dan Kontraktor”
  1. I Kadek Suartama mengatakan:

    mbak minta tolong buatkan desain bangunan rumah 6 x 9 m, style bali

  2. dadang heru dini mengatakan:

    mbak tolong buatkan denah ukuran tanah 600m^2 berada diantara 2 tikungan mendaki

  3. yanne mengatakan:

    Penjelasannya ok banget. Mbak tolong dong, klo biaya rumah dengan konstruksi baja berapa per-meternya? trims banya-banya ya

  4. angela mengatakan:

    Dear Mbak Anna,

    Mohon bantuan ibu untuk menggambarkan sketsa untuk pembangunan ruko 3 tingkat dengan ukuran :
    Lt. 1 : 4 x 16 (rencana untuk usaha)
    Lt.2 : 4 x 18 (rencana utk ruang tamu, ruang makan dan dapur serta kamar mandi)
    Lt.3 : 4 x 18 (rencana 1 kamar mandi dgn bathtub, 3 kamar tidur, tp kalo bisa di design agar pintu kamar tidak menghadap tangga).
    Terima kasih atas perhatian dan bantuannya.

    Rgds,
    Angela

  5. Matilda mengatakan:

    Tq mbak…, nih website sangat informatif….

  6. syafri Ans mengatakan:

    maksh

    • lia mengatakan:

      dear mba anna , berapabiaya tuk bangun rumah per meter 2 kelas menengah keatas luas tanah 245 bangunan 360 m2 bisa referensi kontraktor yang bagus

  7. julian mengatakan:

    mbak tolongin design denah rumah yang minimalis. karena lahan saya hanya panjang 13 m x 6 m.
    tolong ya mbak. makasih sebelumnya

Trackbacks
Check out what others are saying...
  1. [...] 5), pembuatan Gambar Arsitektur (Tip 16) dan Gambar Struktur (Tip 18) serta Rencana Anggara Biaya (Tip 19). Dan bila Anda berhubungan dengan kontraktor dalam pelaksanaannya, Anda semestinya menerima pula [...]

  2. [...] Kalau saya bersharing di tengah proses desain, tujuan saya sederhana. Bercerita, bagaimana kami mendesain dengan hati, dengan cinta. Dan mudah-mudahan Anda jadi tahu proses desain membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Karena setelah tampak disepakati, kami masih harus mengerjakan detail arsitektur (baca tip 16), detail struktur (tip 18) dan tentu saja RAB atau rencana anggaran biaya (tip 19). [...]

  3. [...] Apakah Anda membutuhkan gambar yang lebih detail? Yaitu detail-detail arsitektur, detail struktur sampai dengan RAB (Rencana Anggaran Biaya). [...]

  4. [...] budget yang siap, gambar arsitektur detail, gambar struktur dan perhitungan RAB. Anda siap membangun rumah. Dari titik ini, Anda dapat memilih berbagai cara untuk mewujudkan rumah [...]

  5. [...] siap, gambar arsitektur detail, gambar struktur dan perhitungan RAB. Anda siap membangun rumah. Dari titik ini, Anda dapat memilih berbagai cara untuk mewujudkan rumah [...]



Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

  • Desain Interior

    Aneka Produk Design/Desain Interior di Annahape Workshop & Studio: 3D interior, konsep interior, interior warna cat, Wallpaper, kolam ikan, kolam renang, seni interior, pintu, Plafon, Foyer, Kamar/Ruang Tamu, Kamar Anak, Kamar Bermain, Meja Kerja, Meja Makan, Kursi Makan, Ruang Makan, Ruang Tidur, Bedroom, Bath room, Tempat Tidur, Lemari, Almari, Backdrop, Backwall, Sofa, Daybed, Puff, Dapur/Kitchen Set, Pantry, Home Theater.
    Kantor: Ruang Rapat, Ruang Direktur, Ruang Staff, Ruang Reseptionis, Lobby, Ruang Kerja, ruang sekretaris, interior kantor

  • Real Estate Blogs Real Estate Blogs - Blog Rankings

  • Desain Rumah /Arsitektur

    Jasa Arsitektur: Gambar Desain Arsitektur 3D, Gambar Kerja Arsitektur, Struktur dan RAB (Rencana Anggaran Biaya), Renovasi Rumah Menyeluruh, Desain Toko, Desain Restaurant, Desain Kantor, Bangun Rumah Tinggal, Master Plan, Landscape, Site Plan. Rumah mungil, besar, modern, mewah.

    Konstruksi Pengerjaan bangunan, rumah, ruko, rukan, kolam renang, villa, restoran. Termasuk carport, pagar dan taman

    Langgam, style, gaya:
    Etnik, Minimalis, Retro, Modern, Klasik, Tradisional, Eklektik, Mediteranian, Art Decoratif

  • Konsultasi & Jasa Profesional

    Annahape STUDIO (Didirikan Thn 2000)

    Informasi desain, produk, jasa/konsultasi profesional, jam/hari kerja, jadwal libur dan pekerjaan yang tidak dapat kami layani silakan klik:

  • Contact Annahape

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 313 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: