Tip 20 Membangun Rumah: Jasa Kontraktor atau Borongan (Mandor/Tukang)?

annahape.com Dengan budget yang siap, gambar arsitektur detail, gambar struktur dan perhitungan RAB. Anda siap membangun rumah. Dari titik ini, Anda dapat memilih berbagai cara untuk mewujudkan rumah idaman. Umumnya ada dua yaitu dengan tukang borongan atau jasa kontraktor.

span style=”font-size: 11pt; font-family: ‘Arial Narrow';”>Kalau Anda memilih tukang borongan, artinya anda mencari seorang mandor yang sanggup mengerjakan seluruh pekerjaan mulai dari persiapan, struktur, arsitektur dan ME. Biasanya dalam hal ini, mandor hanya akan menghitung harga tenaganya. Sedangkan bahan bangunan Anda sendiri yang menyediakan.

Cara yang paling aman untuk mendapatkan mandor dan tukang-tukang yang baik adalah melalui referensi. Jangan hanya percaya pada cerita atau bukti foto yang disodorkannya. Anda harus menyediakan waktu untuk mengunjungi lokasi yang pernah di bangunnya. Cara pembayarannya ada dua macam, harian atau borongan.

Sebaiknya Anda tidak membuat seluruh “kontrak” sekaligus. Tetapi bertahap. Hal ini perlu dilakukan untuk menghindari kesulitan di kemudian hari, karena pekerjaan yang tidak memuaskan. Banyak problem di lapangan dimana Anda harus terlibat sendiri. Pengawasan kualitas kerja, pengawasan pembelian dan penggunaan bahan bangunan. Dan problem komunikasi antar tukang. Yang terakhir ini bisa sangat melelahkan dan menjengkelkan. Apalagi kalau terjadi pertengkaran antar mereka. Hal ini cukup sering terjadi.

Kasus yang sering terjadi adalah pembayaran yang tidak lancar dari mandor ke tukang. Anda harus siap-siap bila suatu ketika tukang datang ke Anda minta bayaran, sementara mandor menghilang entah kemana.

Resiko itu dapat diminimalkan kalau Anda menggunakan jasa kontraktor yang berpengalaman dan mempunyai reputasi yang baik. Tentu Anda harus membayar lebih banyak untuk resiko, kesulitan di lapangan, pengalaman dan informasi sumber daya yang dimiliki kontraktor.

Ada dua cara untuk membayar kontraktor. Pertama berdasarkan prosentase RAB. Umumnya 10%. Perhatikanlah bahwa biasanya RAB yang disepakati pun sudah di-mark up dari harga supplier bangunan dan tenaga.

Cara pembayaran lain adalah berdasarkan cost and fee. Artinya, anda membayar bahan bangunan, tukang dan ongkos angkut sesuai dengan harga supplier (tanpa mark up), sedangkan kontraktor mendapatkan fee dari cost yang Anda keluarkan.

Salam

bannerblogger_61-11.jpg

Mendesain dengan hati
Untuk layanan profesional hubungi Annahape Studio (klik)

About these ads
Comments
17 Responses to “Tip 20 Membangun Rumah: Jasa Kontraktor atau Borongan (Mandor/Tukang)?”
  1. frederik mengatakan:

    sangat menarik, kami CV Mitra S bergerak di building design n contractor, wilayah kerja Medan – Sumatera Utara, jika ada klien ibu mau buat bangunan rumah, kantor, dll. kami dengan senang hati membantu pelaksanaannya.

  2. angga mengatakan:

    ba anna bagi2 rejeki kesaya dong… kalo beleh saya ikut ba ana…! setiap ada pekerjaan membangun rumah tingga, boleh kasih kesaya atap baja ringannya…! harga bersaing deh ba anna…! saya masih pelajar neh ba coba2 bisnis keci2an. nyari tambahan tuk menuntut ilmu….! siapa tau ba anna bisa bantu saya… kalo mau bantu saya sms saya ya ba anna di no tlp : ( 021 9176 4545 ) thx :)

  3. benny mengatakan:

    saya adalah distributor hollow galvanis-galvalum-meni dgn ketebalan 0.4 ,yg berorientasi di surabaya jika anda membutuhkan hollow bsa kontak saya di no 081.837.9889
    trimakasih
    -benny-trio metalindo-

  4. anom mengatakan:

    Ibu anna,

    Saya rencana mengembangkan bangunan di lantai atas.
    saat ini luas lantai atas yang belum diisi bangunan sekitar 56 M2
    luas lantai atas yang sudah berisi bangunan kira2 24 M2

    rencana bangunan itu saya buat los (tanpa ruang)

    gimana cara menghitung cost untuk membangun bangunan itu? agar saya bisa menentukan/mempersiapkan budgetnya.

    terima kasih sebelumnya

Trackbacks
Check out what others are saying...
  1. [...] Segalanya berawal dari perencanaan yang matang. Dalam konteks renovasi atau pembangunan rumah, itu mulai dari strategi penyiapan budget (Tip 5), pembuatan Gambar Arsitektur (Tip 16) dan Gambar Struktur (Tip 18) serta Rencana Anggara Biaya (Tip 19). Dan bila Anda berhubungan dengan kontraktor dalam pelaksanaannya, Anda semestinya menerima pula Jadwal Kerja/ schedule kerja. (Tentang pertimbangan menggunakan jasa kontraktor atau tidak, lihat Tip 20) [...]

  2. [...] :  http://annahape.com/2007/09/24/tip20-kontraktor/ Possibly related posts: (automatically generated)Pengaruh Bangunan Terhadap KesehatanMembangun [...]

  3. [...] rumah, Desain Rumah Tinggal, Jasa Arsitek, kontraktor rumah, RAB, rancang rumah, Rumah | Dalam Tip 20 saya menguraikan beberapa skema pembiayaan pembangunan rumah idaman Anda, terkait dengan tukang dan [...]



Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

  • Desain Interior

    Aneka Produk Design/Desain Interior di Annahape Workshop & Studio: 3D interior, konsep interior, interior warna cat, Wallpaper, kolam ikan, kolam renang, seni interior, pintu, Plafon, Foyer, Kamar/Ruang Tamu, Kamar Anak, Kamar Bermain, Meja Kerja, Meja Makan, Kursi Makan, Ruang Makan, Ruang Tidur, Bedroom, Bath room, Tempat Tidur, Lemari, Almari, Backdrop, Backwall, Sofa, Daybed, Puff, Dapur/Kitchen Set, Pantry, Home Theater.
    Kantor: Ruang Rapat, Ruang Direktur, Ruang Staff, Ruang Reseptionis, Lobby, Ruang Kerja, ruang sekretaris, interior kantor

  • Real Estate Blogs Real Estate Blogs - Blog Rankings

  • Desain Rumah /Arsitektur

    Jasa Arsitektur: Gambar Desain Arsitektur 3D, Gambar Kerja Arsitektur, Struktur dan RAB (Rencana Anggaran Biaya), Renovasi Rumah Menyeluruh, Desain Toko, Desain Restaurant, Desain Kantor, Bangun Rumah Tinggal, Master Plan, Landscape, Site Plan. Rumah mungil, besar, modern, mewah.

    Konstruksi Pengerjaan bangunan, rumah, ruko, rukan, kolam renang, villa, restoran. Termasuk carport, pagar dan taman

    Langgam, style, gaya:
    Etnik, Minimalis, Retro, Modern, Klasik, Tradisional, Eklektik, Mediteranian, Art Decoratif

  • Konsultasi & Jasa Profesional

    Annahape STUDIO (Didirikan Thn 2000)

    Informasi desain, produk, jasa/konsultasi profesional, jam/hari kerja, jadwal libur dan pekerjaan yang tidak dapat kami layani silakan klik:

  • Contact Annahape

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 312 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: