Tip 26 Renovasi Rumah: Merancang Rumah Tinggal di Lahan Segi 9 Alias Lahan Tak Beraturan

denahvd01a1.jpgannhape.com Tanah Anda bentuknya tidak karuan? Orang biasanya menyebutnya sebagai lahan tidak beraturan. Artinya, bukan empat persegi panjang atau pun bujur sangkar. Masih lumayan kalau lahannya punya empat sudut. Bagaimana kalau segi 5 atau 6? Inilah yang dialami kedua rekan kita. Tanahnya segi 9!

Awalnya, Dimas dan Venny mempunyai rumah di atas lahan 82 m2 (6×13,67m) dengan bangunan standard 36m2 (6×6). Kemudian karena ada peluang, mereka membeli tanah di belakang rumah yang bentuknya lumayan tidak beraturan luasnya 80m2. Seberapa tidak beraturannya? Lihat denah berikut.

denahasli1.jpg
Jadi total tanahnya 162m2. Tanahnya segi 9! Rumah itu diniatkan akan direnovasi untuk memenuhi kebutuhan berikut: 1 kamar tidur utama, 2 kamar anak, dapur, ruang makan, ruang keluarga. Kalau bisa ada 1 kolam renang kecil. Bangunan satu lantai supaya budgetnya minimal.

Kesulitan terbesarnya adalah bagaimana memanfaatkan secara optimal lahan yang tidak beraturan itu. Dalam gambar berikut saya tunjukkan saran layout yang saya buat.

denahvd01a1.jpg
Gambar lebih jelas dapat di lihat gallery saya (klik di sini) Konsep dasar yang saya tawarkan adalah rumah dengan ruang terbuka. Dengan konsep ini dapat diupayakan agar semua kamar/ruang mendapat sirkulasi udara yang sehat.

Lahan depan (rumah asli) sebagian besar dimanfaatkan untuk public area dan bagian dalam (lahan yang tidak beraturan) untuk private area.

Di bagian muka di buat ruang tamu, dapur, kamar pembantu, area servis dan ruang hijau. Ruang hijau dapat diakses baik dari kamar tamu, kmr tidur anak 2 maupun ruang makan. Transisi dari bagian muka ke bagian dalam dibuat dengan lantai kayu. Maksudnya untuk menghindari kebosanan dan menimbulkan kesan artistik.

Tata letak bagian dalam mengikuti bentuk lahan yang tidak beraturan. Tentu saja tanpa sedikitpun mengurangi fungsi yang diinginkan. Baik bentuk maupun luasannya. Di bagian dalam itu terdapat ruang tidur utama, ruang tidur anak 1, 2 kmr mandi, ruang keluarga. Bahkan taman dan kolam renang kecil!

Perhatikanlah bahwa semua ruang di rumah itu mendapatkan sirkulasi udara yang baik lho. Saya memang belum tahu tahu persis, kolam renang seperti apa yang diinginkan Dimas dan Venny. Apakah hanya untuk orang tertentu (mis. Keluarga inti), kolam untuk berendam saja semacam jacuzzi? Sementara ini kesan yang muncul, posisi kolam mungkin agak dipaksakan. Tentu saja desain ini perlu dilihat ulang apakah sudah memenuhi kebutuhan.

Perhatikan juga bahwa ruang tidur utama cukup luas, sehingga selain tempat tidur penghuni masih bisa meletakkan sofa kecil. Yang bisa juga diubah fungsinya sebagai kamar kerja. Ruang untuk berdandan/lemari pakaian yang luas. Serta kamar mandi shower.

Saya ingin memberi masukan baik dari aspek arsitektur maupun struktur, bila layout itu akan dipakai. Rumah itu akan tampil artistik dan anggun bila, atap bagian belakang lebih tinggi daripada bagian depan. Selain menampilkan kesan artistik, perbedaan ketinggian atap depan dan belakang, akan dapat dimanfaatkan sebagai ventilasi udara dan sinar matahari, sehingga ruang keluarga tidak menjadi gelap (lihat tip 28 tentang lighting). Konsekuensinya dinding rumah di bagian dalam tentu lebih tinggi. Dinding yang tinggi ini akan menciptakan efek ruang terasa lebih luas.

Yang harus sungguh diperhatikan adalah desain struktur atap nantinya. Perhitungan harus dibuat cermat, jangan sampai ada kebocoran akibat kesalahan menghitung struktur. Sambungan antara atap muka dan belakang juga harus diperhatikan untuk menghindari tampias.

Kelemahan dari layout di atas adalah soal keamanan carport. Jarak antara carport dan ruang dalam lumayan jauh, sekitar 12m. Sebenarnya kalau lingkungan tempat tinggal cukup aman bukan masalah. Tetapi kalau di daerah itu cukup rawan, posisi carport mungkin menghawatirkan.

Solusinya adalah membuat bagian muka menjadi 2 lantai. Servis area dan kamar pembantu di lantai 2. Dan garasi mobil di tarik lebih ke dalam. Semoga keinginan keluarga Venny segera dapat terwujud, dan kita semua dapat melihat hasilnya.

Salam

bannerblogger_61-11.jpg

Mendesain dengan hati
Untuk layanan profesional hubungi Annahape Studio (klik)

Artikel terkait:

  • Merancang rumah etnik dan asri, klik di sini,
  • Desain Rumah Minimalis, klik di sini
  • Tip biaya jasa desain arsitektur/interior. klik di sini,
  • Rencana Anggaran Biaya, klik di sini
  • Contoh Gambar Arsitektur, klik di sini,
  • Contoh gambar struktur, klik di sini
  • Desain kolam ikan di rumah klik di sini.
  • Desain kamar anak klik di sini
  • Tip mengecat rumah klik di sini,
  • Kombinasi warna cat pada dinding plafon lantai klik di sini
  • Langgam interior klasik atau modern klik di sini
  • Desain ruang kerja+perpustakaan di rumah, klik di sini
  • Desain pintu rumah, klik di sini
  • Komunikasi kami dengan Klien, klik di sini

About these ads
Comments
8 Responses to “Tip 26 Renovasi Rumah: Merancang Rumah Tinggal di Lahan Segi 9 Alias Lahan Tak Beraturan”
  1. Aji Suprayogi mengatakan:

    Dear AnnaHapE,

    Saya punya sebidang tanah luas +/- 2 are ukuran 17.5m x 11.5m. Saya ingin membangun tempat Kos, tapi karena lahan yg terbatas jadi saya ingin kos yang bertingkat dengan dana murah tentunya. Kira2 gimana layout/ denah dan tampaknya yang se-efisien mungkin? Ohya di kiri kanan tanah saya kosong, di belakang rencana musolla. Dan Tanah saya menghadap ke timur (jalan).
    Mohon untuk dicarikan solusinya. thanks a lot.

    Aji – Kota Bima, NTB

  2. annie mengatakan:

    mbak,bskah kasi tau gambar rumah yg terbuat dr kayu.gaya kuno tp moderen.trima kasih sebelumnya.

  3. aline yunata mengatakan:

    salam kenal mba,

    aku sangat senang liat desain2 mba,oke banget!!
    bole dunk aku dibuatin desain buat lahan 213m2 bentuk bangunan jajaran genjang,
    bingung deh mo dibangun model apa.
    tolong ya mba…

    salam,
    aline

  4. taufan rahadian mengatakan:

    halo mbak…wah njenengan to?! saya angkatan 91, mbak! wah salut deh atas blognya…apik mbak, sangat membatu sekali. ngene yo cocok…berbagi ilmu. salam.

  5. Anieq mengatakan:

    Salam!
    wah senang sekali bisa tahu tips2 renov rumah, kami sedang indent rumah (dalam proses bangun) bentuk lahan trapesium hook (tipe 36)
    karena itu kami lagi butuh masukan untuk pengembangan (rumah tumbuhnya ) LT/LB 166/36
    trims ya Mbak?

  6. allan mengatakan:

    salam kenal mbak pertama nih berkunjung soalnya lagi cari inspirasi buat pengembangan rumah tipe 22

  7. Made Suyasa mengatakan:

    artikelnya bagus-bagus. Artikel mbak sering saya publikasikan di BisnisBali. No. HP saya: 081337032121. Makasih.

    Terimaksih banyak. Pertanyaan saya apakah dalam re-publikasi itu dicantumkan credit dan trackback ke annahape.com, sebagai bagian dari “kode etik” blogsphere?

  8. erika mengatakan:

    wah lulus SMA jadi tambah pengen bgt ngambil arsitektur. tapi aku orangnya gak pinter gambar rapi dan gak teliti ngitung. gimana yah mbak…

    semoga karena cita-citanya jadi lebih rajin belajar gamar dan ngitung ya,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

  • Desain Interior

    Aneka Produk Design/Desain Interior di Annahape Workshop & Studio: 3D interior, konsep interior, interior warna cat, Wallpaper, kolam ikan, kolam renang, seni interior, pintu, Plafon, Foyer, Kamar/Ruang Tamu, Kamar Anak, Kamar Bermain, Meja Kerja, Meja Makan, Kursi Makan, Ruang Makan, Ruang Tidur, Bedroom, Bath room, Tempat Tidur, Lemari, Almari, Backdrop, Backwall, Sofa, Daybed, Puff, Dapur/Kitchen Set, Pantry, Home Theater.
    Kantor: Ruang Rapat, Ruang Direktur, Ruang Staff, Ruang Reseptionis, Lobby, Ruang Kerja, ruang sekretaris, interior kantor

  • Real Estate Blogs Real Estate Blogs - Blog Rankings

  • Desain Rumah /Arsitektur

    Jasa Arsitektur: Gambar Desain Arsitektur 3D, Gambar Kerja Arsitektur, Struktur dan RAB (Rencana Anggaran Biaya), Renovasi Rumah Menyeluruh, Desain Toko, Desain Restaurant, Desain Kantor, Bangun Rumah Tinggal, Master Plan, Landscape, Site Plan. Rumah mungil, besar, modern, mewah.

    Konstruksi Pengerjaan bangunan, rumah, ruko, rukan, kolam renang, villa, restoran. Termasuk carport, pagar dan taman

    Langgam, style, gaya:
    Etnik, Minimalis, Retro, Modern, Klasik, Tradisional, Eklektik, Mediteranian, Art Decoratif

  • Konsultasi & Jasa Profesional

    Annahape STUDIO (Didirikan Thn 2000)

    Informasi desain, produk, jasa/konsultasi profesional, jam/hari kerja, jadwal libur dan pekerjaan yang tidak dapat kami layani silakan klik:

  • Contact Annahape

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 304 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: