Tip 30 Lebih Jauh tentang Foyer, Cermin Kehangatan Penghuni Rumah

lg_foyer.jpgannahape.com Foyer (dibaca: foi r, foi , fwä y ), arti harafiahnya adalah ruang transisi dari bagian luar gedung/rumah ke bagian dalam. Atau kalau di Apartemen foyer adalah transisi dari luar ke dalam ruang apartemen Anda. Pada hakekatnya lobby kantor, hotel, hall di bagian paling muka adalah Foyer.

Berbeda dengan teras, foyer ada di dalam gedung dan bagian dari interior. Kalau mau mencermati ada banyak ruang dalam rumah atau gedung merupakan ruang transisi. Foyer hanya salah satunya, Yang lain adalah tangga dan koridor. Apa fungsinya? Bagaimana menata dekorasi foyer?

Dalam rumah modern, fungsi ruang tamu sudah sering dihilangkan. Banyak tamu yang datang ke rumah sudah diperkirakan, teman dekat atau keluarga. Jarang sekali tamu tak di undang, atau tamu tiba-tiba. Maka tamu rumah selalu berarti orang dekat yang bisa langsung di terima di ruang duduk (living room). Obrolan serius soal bisnis bisa dilakukan di luar rumah.

website tracker

harborview12_foyer1.jpgcondo_-_foyer_parade.JPG

Nah foyer, berfungsi sebagai transisi, ruang selamat datang, dimana Anda membuka pintu, mengucapkan selamat datang, berbicara basa-basi, Lalu mempersilakan tamu masuk. Di foyer, tamu bisa meletakkan bawaan yang merepotkan: jas hujan, payung, kunci mobil atau tasnya. Atau mungkin sepatu yang basah/kotor.

Kadang orang mengkombinasikan fungsi foyer sebagai ruang untuk tamu yang datang cuma sebentar. Sales yang menawarkan barang, kurir yang mengambil titipan, atau pak RT yang mengumpulkan iuran warga. Maka di foyer bisa diletakkan dua kursi dan sebuah meja kecil. Kalau begitu Anda pun dapat memanfaatkan foyer tempat Anda membaca koran pagi.

Sebagai ruang transisi, foyer mungkin dapat kelihatan dari luar rumah, yaitu saat pintu dibuka lebar-lebar. Dan Anda tidak perlu kawatir orang melihat isi dalam rumah Anda dari luar. Udara dapat masuk, bagian interior rumah yang menawan sudah kelihatan, tetapi privacy Anda tetap terjaga.

kontras-yang-harmonis.jpglg_foyer.jpg

Pilihan warna cat yang hangat, penataan lampu yang tepat, sebuah lukisan, cermin atau meja kecil dan sebuah vas bunga, dapat memperkuat fungsi foyer. Foyer lalu menjadi semacam undangan, ungkapan selamat datang, dan janji suasana hangat yang akan diterima tamu di dalam rumah.

Salam

bannerblogger_61-11.jpg

Mendesain dengan hati
Untuk layanan profesional hubungi Annahape Studio (klik)

Sumber foto (1,2,3)

About these ads
Comments
4 Responses to “Tip 30 Lebih Jauh tentang Foyer, Cermin Kehangatan Penghuni Rumah”
  1. haries mengatakan:

    Saya mulai familiar dengan keberadaan foyer, dari tayangan televisi, salah satunya film Dora emon. Rumah Novita dkk ada foyer u/ melepas alas kaki dll :-D Juga bila berkunjung ke kenalan/relasi ‘orang keturunan’.

    Kebutuhan akan foyer, tergantung dari budaya, gaya hidup dan luas lahan u/ kebutuhan ruang tentunya.

    Salam,
    haries

  2. Arul mengatakan:

    waw Keren banget

    ini dia yang saya cari desain menawan nan indah

    saya juga sedang merancang rumah impian saya

    ini sangat membantu saya berimejinasi

  3. sili mengatakan:

    hallo anna.
    saya pribadi lbh suka memakai foyer sbg entrance ketimbang ruang tamu. krn foyer kesannya lebih menutupi privasi di dalam rumah, krn kalo tamu yg tak diundang datang, merasa sungkan mau masuk (hehe..). kecuali kalau teman dekat atau famili, biasanya mrk langsung ke ruang keluarga.
    rumah2 disini jg hampir rata2 menggunakan foyer sbg integrasi ke ruang keluarga/garasi atau sbg ruang hampa semata. krn budayanya yg jarang sekali mengundang tamu. salam hangat dari jauh.

    Betul mbak Sili, kesan saya memang banyak rumah juga di Jakarta, mulai menghapuskan ruangtamu dan mengubahnya menjadi foye. Salam dari tanah air.

Trackbacks
Check out what others are saying...
  1. [...] Gambar berikut ini adalah contoh denah rumah 1 lantai ukuran 9mx9m yang siap untuk direnovasi menjadi 2 lantai. Perhatikanlah bahwa ruang foyer dibuat agak tinggi; dan sudah sejak awal disiapkan untuk tangga ke lantai 2. Meskipun di awal, tanga tersebut belum ada. (Tentang foyer, baca tip 30) [...]



Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

  • Desain Interior

    Aneka Produk Design/Desain Interior di Annahape Workshop & Studio: 3D interior, konsep interior, interior warna cat, Wallpaper, kolam ikan, kolam renang, seni interior, pintu, Plafon, Foyer, Kamar/Ruang Tamu, Kamar Anak, Kamar Bermain, Meja Kerja, Meja Makan, Kursi Makan, Ruang Makan, Ruang Tidur, Bedroom, Bath room, Tempat Tidur, Lemari, Almari, Backdrop, Backwall, Sofa, Daybed, Puff, Dapur/Kitchen Set, Pantry, Home Theater.
    Kantor: Ruang Rapat, Ruang Direktur, Ruang Staff, Ruang Reseptionis, Lobby, Ruang Kerja, ruang sekretaris, interior kantor

  • Real Estate Blogs Real Estate Blogs - Blog Rankings

  • Desain Rumah /Arsitektur

    Jasa Arsitektur: Gambar Desain Arsitektur 3D, Gambar Kerja Arsitektur, Struktur dan RAB (Rencana Anggaran Biaya), Renovasi Rumah Menyeluruh, Desain Toko, Desain Restaurant, Desain Kantor, Bangun Rumah Tinggal, Master Plan, Landscape, Site Plan. Rumah mungil, besar, modern, mewah.

    Konstruksi Pengerjaan bangunan, rumah, ruko, rukan, kolam renang, villa, restoran. Termasuk carport, pagar dan taman

    Langgam, style, gaya:
    Etnik, Minimalis, Retro, Modern, Klasik, Tradisional, Eklektik, Mediteranian, Art Decoratif

  • Konsultasi & Jasa Profesional

    Annahape STUDIO (Didirikan Thn 2000)

    Informasi desain, produk, jasa/konsultasi profesional, jam/hari kerja, jadwal libur dan pekerjaan yang tidak dapat kami layani silakan klik:

  • Contact Annahape

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 313 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: