Tip 47 Merencanakan Pembangunan Rumah Tumbuh / Secara Bertahap?

annahape.com Dalam tip 38, saya mengatakan bahwa renovasi rumah dapat lebih mahal dibanding membangun rumah baru. Memang lebih baik membangun rumah sekaligus langsung jadi. Tetapi, untuk Anda mungkin itu bukanlah pilihan tepat.

Alasannya bermacam-macam. Misalnya, dana yang belum mencukupi atau keluarga Anda masih keluarga baru/kecil yang belum membutuhkan lebih banyak ruangan. Tetapi dalam beberapa tahun mendatang, Anda merencanakan merenovasi rumah alias memperbesar rumah. Apa salahnya Anda merencanakan secara cermat sejak awal. Agar biayanya nanti cukup efisien. Apa saja yang harus Anda perhatikan? Saran dan contoh berikut ini semoga bermanfaat.

Pertama, desain rumah. Buatlah desain rumah yang compatible untuk pengembangan rumah menjadi 2 lantai. Artinya desain rumah 1 lantai yang Anda buat, siap untuk ditingkatkan menjadi 2 lantai, tanpa mengubah denah ataupun dinding rumah. Lebih baik lagi kalau Anda sudah mendesain sejak awal dan membuat 2 versi sekaligus. Yakni versi 1 lantai dan versi desain rumah 2 lantai.

Kedua, struktur fondasi. Buatlah struktur fondasi dan kolom bangunan yang siap untuk 2 lantai. Meskipun untuk sekarang, hanya akan dibuat 1 lantai.

Ketiga, usahakan agar bentuk atap bangunan tidak berubah, sehingga Anda dapat memanfaatkan rangka atap lama untuk bangunan baru.

Keempat, siapkan sejak awal ruang untuk tangga. Sehingga, ketika Anda siap untuk merenovasi Anda tidak perlu mengorbankan ruangan d lantai 1.

Gambar berikut ini adalah contoh denah rumah 1 lantai ukuran 9mx9m yang siap untuk direnovasi menjadi 2 lantai. Perhatikanlah bahwa ruang foyer dibuat agak tinggi; dan sudah sejak awal disiapkan untuk tangga ke lantai 2. Meskipun di awal, tanga tersebut belum ada. (Tentang foyer, baca tip 30)

Denah lantai 2, dapat langsung menerapkan atau sama dengan denah lantai 1. Tentu saja dengan pembagian/fungsi ruang yang berbeda. Misalnya di atas dapur, dapat dipakai sebagai ruang menonton TV, ruang belajar atau ruang kerja. Tetapi, Perubahan-perubahan fungsi ruang baik di lantai 1 maupun 2 dapat dilakukan tanpa banyak memakan biaya.

Salam

bannerblogger_61-11.jpg

Mendesain dengan hati
Untuk layanan profesional hubungi Annahape Studio (klik)

About these ads
Comments
42 Responses to “Tip 47 Merencanakan Pembangunan Rumah Tumbuh / Secara Bertahap?”
  1. Susmarita Nurri mengatakan:

    Salam kenal mba’ Anna…sekarang saya lagi rencana mbangun rumah tinggal, saya udah buat sketsa denah rumahnya, cuma saya bingung buat model fasad dan atapnya, saya suka rumah yang bergaya modern minimalis,bisa gk minta tolong mba’ Anna buat gambar rumahnya???gmn crnya??thanks…balas ya mba’…..

  2. josh mengatakan:

    salam kenal mba anna…
    saya sangat tertarik dengan ulasan anda tentang rumah baik eksterior dan interiornya . kebetulan sekali saya lagi membangun rumah sekarang dengan ukuran 15 x 21 m satu lantai nah …pertanyaan saya nah mumpung baru tahap pembangunan saya mau merencanakan agar rumah saya baik dari eksterior dan interior . saya bingung karena kebanyakan rumah yg saya lihat di tempat saya sangat membosankan baik eksterior dan interiornya mba .
    pertanyaan saya bisa saya dibantu untuk rancanagn untuk eksterior biar kelihatan modern dan interior dalamnya walaupun biasa tapi kelihatan agak berbeda dri biasa….terima kasih GBU(kaltim)

  3. Dwi Astuti mengatakan:

    mbak Anna, saya tertarik dengan tip nya. tapi gmn ya kalau dulu sy beli rumah kan sdh jadi (Perumnas tipe 36 luas tanah 8 x 15) kemudian saya ingin mengembangkan rumah menjadi 2 lantai karena anak2 sdh besar2. tolong donk dikasih tip bagaimana supaya biaya tidak besar. makasih ya mbak Anna.Tolong balas lewat email yaaaaa. salam dari Pontianak.

  4. martabak mengatakan:

    Mbak, makasih atas tips nya. Suka martabak nggak, biar saya buatkan, sebagai rasa terima kasih saya.

    Salam martabak,

  5. Fahmi Malano mengatakan:

    Ruamah saya type 21 dengan luas tanah 90 m/persegi, apakah perlu saya merobah pondasi rumah awal, sementara bagian pengembangan yang lain sudah menggunakan pondasi telapak ( Pondasi titik ) dari beton. sekian terima kasih dari saya Fahmi Malano, dan sebelumnya saya ucapkan terima kasih atas penjelasannya

  6. silvana mengatakan:

    Salam kenal mba,sy tertarik pd desain anda,sy ingin membangun ruko ditengah kota,luas tanah yg saya miliki adalah 6×21 sy menginginkan :lantai bawah full semua untuk toko dan gudang serta taman kecil dan lantai atas untuk rumah dengan1 km tidur utama dengan kamar mandi dalam,2 kmr tidur anak dan 1 kmr pembantu,2 kamar mandi,ruang keluarga,gudang,dapur,ruang cuci dan jemuran,sy menginginkan juga supaya sirkulasi udara yang baik.Sebelumnya terima kasih mba atas bantuannya.

  7. arif mengatakan:

    saya punya tanah ukuran 7×14 ( 118 m2 )…..rencana 2 lantai
    rincian :
    Lantai 1:R.tamu,garasi,2 kamar tidur,dapur,tempat nyuci
    lantai 2 : 1 kamar tidur,jemuran, r.keluarga (santai )
    minta tolongbdi buatkan sketsa

  8. yathi mengatakan:

    alow mba Anna,, salam kenal.
    sy punya btn 6×6 dgn luas tnh 13x13m. rncanax sy mau bangun rumah uk.10x12m. Klo bs sy mnt tlg sm mba Anna, buatkan denah rumah dgn RKeluargax yg agak besar. Terima kasih sebelumnya mba

  9. Inen Pitomo mengatakan:

    Bu, terimakasih atas sumbangan ide bagi kami.
    sebelumnya saya mohon maaf, bisakah ibu memberikan gambaran rumah layak huni. (kebetulan kami berkecimpung didunia pemberdayaan dan penanggulangan kemiskinan). mungkin juga akan kami sampaikan kepada rekan-rekan utk kegiatan rehab rumah akibat bencana Alam.
    Terimakasih ibu Anna.

Lacak Balik
Check out what others are saying...
  1. [...] Dari paparan tadi semakin jelas bahwa rumah tipe 90 memang sudah sangat memadai sebagai rumah ideal. Apalagi bila sejak awal disiapkan pula sebagai rumah tumbuh. Area gudang di sisi ruang tamu, adalah area yang disiapkan untuk tangga, kalau sang pemilik nantinya akan membuat rumahnya menjadi 2 lantai (lihat Tip 47 tentang rumah tumbuh) [...]

  2. [...] dengan membangun sendiri , ketika kita membeli rumah dihadapkan pada rumah yang sudah jadi. Rumah yang dibangun oleh [...]



Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

  • Desain Interior

    Aneka Produk Design/Desain Interior di Annahape Workshop & Studio: 3D interior, konsep interior, interior warna cat, Wallpaper, kolam ikan, kolam renang, seni interior, pintu, Plafon, Foyer, Kamar/Ruang Tamu, Kamar Anak, Kamar Bermain, Meja Kerja, Meja Makan, Kursi Makan, Ruang Makan, Ruang Tidur, Bedroom, Bath room, Tempat Tidur, Lemari, Almari, Backdrop, Backwall, Sofa, Daybed, Puff, Dapur/Kitchen Set, Pantry, Home Theater.
    Kantor: Ruang Rapat, Ruang Direktur, Ruang Staff, Ruang Reseptionis, Lobby, Ruang Kerja, ruang sekretaris, interior kantor

  • Real Estate Blogs Real Estate Blogs - Blog Rankings

  • Desain Rumah /Arsitektur

    Jasa Arsitektur: Gambar Desain Arsitektur 3D, Gambar Kerja Arsitektur, Struktur dan RAB (Rencana Anggaran Biaya), Renovasi Rumah Menyeluruh, Desain Toko, Desain Restaurant, Desain Kantor, Bangun Rumah Tinggal, Master Plan, Landscape, Site Plan. Rumah mungil, besar, modern, mewah.

    Konstruksi Pengerjaan bangunan, rumah, ruko, rukan, kolam renang, villa, restoran. Termasuk carport, pagar dan taman

    Langgam, style, gaya:
    Etnik, Minimalis, Retro, Modern, Klasik, Tradisional, Eklektik, Mediteranian, Art Decoratif

  • Konsultasi & Jasa Profesional

    Annahape STUDIO (Didirikan Thn 2000)

    Informasi desain, produk, jasa/konsultasi profesional, jam/hari kerja, jadwal libur dan pekerjaan yang tidak dapat kami layani silakan klik:

  • Contact Annahape

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 303 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: