Tip 52 Small Home Office: Contoh Rumah Kontemporer, untuk Rumah Mungil plus Kantor Mungil

annahape.com Anda punya usaha di rumah? Beberapa klien Annahape Studio, adalah mereka yang memilih bekerja di atau dari rumah. Jenis desain bangunan rumah yang mereka butuhkan adalah home office, alias rumah kantor, kantor yang ada di rumah. Mungkin juga toko di rumah. Anda mungkin seorang konsultan, dokter, desainer, penjahit. Atau seorang dosen, sekali waktu menerima mahasiswa bimbingan di rumah.

Apa yang harus Anda perhatikan ketika Anda ingin memiliki home office?

Yang pasti, rumah Anda harus melayani 2 kepentingan yang berbeda yaitu: kepentingan kantor dan kepentingan rumah beserta seluruh anggotanya. Keduanya mempunyai kebutuhan emosional yang berbeda.

Rumah, ibarat sarang. Kehangatan, keakraban, sekaligus kebutuhan untuk bertumbuh bersama, bersantai dan istirahat adalah unsur yang harus disupport oleh fasilitas rumah. Sementara kantor, adalah pusat produktivitas, profesionalisme, serta suasana tenang untuk bekerja.

Desain home office yang buruk adalah apabila: a) fungsi rumah terlalu mendominasi, sehingga aktivitas/prduktivitas kerja tergannggu; b) fungsi kantor terlalu dominan, sehingga anggota rumah kehilangan privasi dan kesempatan untuk mengembangkan hubungan emosional; atau c) fungsi rumah dan kantor berbaur, tanpa demarkasi atau batasan yang jelas.

Dengan kata lain, desain home office semestinya, menyediakan batas yang jelas ruang untuk kantor dan ruang untuk rumah, Para tamu yang datang dengan tujuan berbeda, akan Anda terima di ruang yang berbeda. Selain itu, ruang transisi antara rumah dan kantor juga harus disediakan. Ruang transisi ini memungkinkan Anda, anggota keluarga, bahkan tamu, dengan peran yang berbeda tetap dapat bertemu. Tanpa ruang transisi ini, tidak ada home office. Mengapa? Istilah home office sudah menunjukkannya. Yaitu, ada keterpisahan antara home dan office, sekaligus ada kesatuan home dan office.

Contoh denah berikut adalah sebuah home office, dengan konsep semi basement. Dengan luas lahan terpakai, 8,5x12m, atau 102m2. Dengan luas bangunan sekitar 190m2.

Gambar Denah Lantai Utama (lantai 2 + split level)

Gambar Denah Lantai 1 (dapat juga semi basement)

Perhatikanlah dalam denah di atas ruang kantor terpisah namun sekaligus tetap terhubung dengan area-area keluarga. Ruang kantor diletakkan di split level. Dengan demikian dari kantor, orang dapat ke lantai utama atau lantai 1. Di lantai utama ini terdapat ruang makan, dapur bersih, ruang duduk, dan kamar tidur utama. Dalam hal ini ruang makan, dapur bersih dan ruang duduk menjadi ruang pertemuan baik fungsi rumah maupun fungsi kantor. Sementara foyer di depan kantor dapat berfungsi sebagai ruang transisi. Lantai utama dapat diakses langsung tanpa melewati kantor, melalui tangga di samping rumah. Sehingga tamu keluarga dapat langsung ke ruang keluarga plus ruang makan.

Lantai 1 adalah murni ruang keluarga, terdiri dari 2 kamar anak dan ruang duduk, untuk bersantai dan menonton tv. Tentu saja denah ini tetap dapat dimodifikasi dengan memindahkan fungsi lantai 1 ke lantai 2, dan sebaliknya. Posisi ruang kantor yang di bagian depan tetap dapat diperluas ke depan. Dan service area untuk kamar pembantu masih dapat ditambahkan di bagian belakang.

Berikut contoh gambar tampak rumahnya

Gambar depan adalah contoh fasad, tampak muka rumah yang didesain minimalis modern, atau kontemporer modern. Pilihan langgam kontemporer barangkali cocok untuk citra profesional Anda. Artinya, dengan desain kontemporer, Anda mau menunjukkan bahwa citra profesi Anda up to date. Kantor Anda menyediakan layanan yang selalu mengikuti perkembangan jaman. Anda seorang yang modern, praktis dan mementingkan aspek fungsional.

Salam

bannerblogger_61-11.jpg

Mendesain dengan hati
Untuk layanan profesional hubungi Annahape Studio (klik)

llustrasi gambar:familyhomeplan.com

About these ads
Comments
85 Responses to “Tip 52 Small Home Office: Contoh Rumah Kontemporer, untuk Rumah Mungil plus Kantor Mungil”
  1. bang timan mengatakan:

    Mbak ana aku ada rencana mbangun rumah,luas tanah 8X12
    Bangunan, minta tolong bangets dong mbak desingn yang baik and bentuk rmhnya, klo bisa biaya yg biasa – biasa sj.
    Sebelumnya Makasi buangeets ya… mbak atas sarannya…
    di tunggu buangetssss hehe….

  2. budhy willie mengatakan:

    hi mbak anna,
    kami mau bangun rumah toko minimalis 2,5 lt ukuran 12 x 24 dengan kondisi kiri kanan lokasi sudah ada bangunan rumah
    – lt bawah kosong untuk ruang toko +gudang dibelakang +taman kecil uk kurang lebih 2 x 5m
    – 1 kamar tidur utama + km/wc di lt 2
    – 2 kamar tidur di lt 2
    – dapur + ruang makan dibelakang lt 2
    -kamar mandi/wc di lt 2
    – lantai atas semacam balkon uk 5-7m x 12m dengan bukaan dibelakang untuk jemuran pakaian + 1 kamar pembantu + km/wc
    mohon di balas

  3. bambang sunarto mengatakan:

    salam kenal,
    mbak. anna yg baik sy mhn pertolongan infonya rncn mau nambah dapur size 3X8m & 6×4,5m > 2 lt + teras 3X4,5m mhn kiranya berapa total biaya bhn bgnan & upah brongan tukangnya, trims bnyk ats bantuannya smg mbak tambah jya

    balas B. Sun

  4. tika mengatakan:

    mbak anna, saya sangat tertarik dengan desain home officenya, saya seorang dokter dan ingin membuka praktek dirumah, saya mohon izin untuk mencopy-nya sebagai bahan pertimbangan saya. trims

Trackbacks
Check out what others are saying...
  1. [...] akses ke sisi rumah yang Anda siapkan untuk fungsi yang berbeda. Misalnya akses ke bagian home office (baca tip 52). Sehingga privasi Anda tidak [...]



Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

  • Desain Interior

    Aneka Produk Design/Desain Interior di Annahape Workshop & Studio: 3D interior, konsep interior, interior warna cat, Wallpaper, kolam ikan, kolam renang, seni interior, pintu, Plafon, Foyer, Kamar/Ruang Tamu, Kamar Anak, Kamar Bermain, Meja Kerja, Meja Makan, Kursi Makan, Ruang Makan, Ruang Tidur, Bedroom, Bath room, Tempat Tidur, Lemari, Almari, Backdrop, Backwall, Sofa, Daybed, Puff, Dapur/Kitchen Set, Pantry, Home Theater.
    Kantor: Ruang Rapat, Ruang Direktur, Ruang Staff, Ruang Reseptionis, Lobby, Ruang Kerja, ruang sekretaris, interior kantor

  • Real Estate Blogs Real Estate Blogs - Blog Rankings

  • Desain Rumah /Arsitektur

    Jasa Arsitektur: Gambar Desain Arsitektur 3D, Gambar Kerja Arsitektur, Struktur dan RAB (Rencana Anggaran Biaya), Renovasi Rumah Menyeluruh, Desain Toko, Desain Restaurant, Desain Kantor, Bangun Rumah Tinggal, Master Plan, Landscape, Site Plan. Rumah mungil, besar, modern, mewah.

    Konstruksi Pengerjaan bangunan, rumah, ruko, rukan, kolam renang, villa, restoran. Termasuk carport, pagar dan taman

    Langgam, style, gaya:
    Etnik, Minimalis, Retro, Modern, Klasik, Tradisional, Eklektik, Mediteranian, Art Decoratif

  • Konsultasi & Jasa Profesional

    Annahape STUDIO (Didirikan Thn 2000)

    Informasi desain, produk, jasa/konsultasi profesional, jam/hari kerja, jadwal libur dan pekerjaan yang tidak dapat kami layani silakan klik:

  • Contact Annahape

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 307 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: