Tip 56 Rumah Tipe 80: Modifikasi Gambar Denah Rumah. Kalau Rumah dari Developer Tidak Sesuai Kebutuhan

foto 3d sannahape.com Membeli rumah jadi yang ditawarkan pengembang atau developer bukan pilihan ideal, bagi kebanyakan orang. Lebih puas rasanya, membangun rumah sendiri. Atau, meminta arsitek mendesain sesuai kebutuhan keluarga, dan gaya hidup adalah impian kebanyakan orang.

Namun sering terjadi Anda tidak punya pilihan lain. Anda “terpaksa” membeli dari pengembang karena dana terbatas dan Anda harus membayar rumah dengan kredit. Bagaimana Anda menyiasatinya, agar rumah yang Anda beli dari developer tetap sesuai dengan keinginan Anda? Berikut tip dari saya.

1. Pilihan yang dilakukan kebanyak orang adalah: “biar saja dulu seperti itu”. Nanti, kalau sudah ada uang lagi, Anda akan merenovasinya sedikit demi sedikit. Pilihan ini mungkin benar, tetapi bisa jadi biaya yang Anda bayar untuk merenovasi jauh lebih besar (Baca tip 38).

2. Cara yang lain telah dilakukan oleh salah seorang klien langganan studio kami. Sebelum Anda membeli, tanyakanlah kepada pengembang apakah mereka bersedia memodifikasi rumah sejak awal agar sesuai dengan kebutuhan Anda.

3. Kalau mereka mengatakan “tidak”, sebaiknya Anda mengurungkan niat Anda membeli dari developer tersebut bila alasannya tidak cukup meyakinkan.

4. Kalau pengembang menjawab “ya”, lanjutkan dengan pertanyaan apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan. Umumnya pengembang tidak megijinkan perubahan tampak rumah, karena terkait dengan perizinan yang sudah mereka miliki. Dalam hal ini umumnya pengembang tidak mau direpotkan dengan perubahan izin.

5. Jadi, biasanya pengembang hanya mengizinkan perombakan di bagian dalam. Lanjutan pertanyaan: “apakah developer menyediakan arsitek” untuk mewujudkan keingan Anda. Umumnya, pengembang tidak mempunyai armada arsitek yang dapat melayani kebutuhan klien satu per satu.

6. Nah, salah seorang pelanggan kami, setelah mendapatkan lampu hijau dari pengembang menghubungi kami untuk merombak gambar rumah dari pihak developer. Alasannya, desain asli tidak memenuhi kebutuhan keluarga. Dan, walaupun developer mengizinkan perubahan, mereka tidak mempunyai cukup arsitek untuk membantu.

7. Ingatlah, Anda hanya dapat melakukan hal ini sebelum proses pembangunan dilakukan developer.

Contoh: gambar awal dari developer, tipe rumah 82m2, luas tanah 120m2

Denah awal lantai 1

lantai 1 s

Denah awal lantai 2

lantai 2 atas s

Contoh berikut adalah gambar yang kami usulkan, mempertimbangkan kebutuhan klien.

Denah lantai 1 yang kami modifikasi

scan_denah_lt_1 web

Denah lantai 2 yang kami modifikasi

scan_denah_lt_2 web

Perbedaan antara denah rumah yang sudah kami modifikasi adalah pada: (a) jumlah ruang tidur dari 3 menjadi 4 kamar tidur, (b) penambahan mushola (c)pemindahan posisi tangga sehingga, (d)halaman belakang menjadi ruang terbuka yang dapat diakses baik dari ruang keluarga, ruang makan, dan mushola (e) penambahan kamar tidur pembantu+ kamar mandi di lantai 2.(f) last but not least, perubahan posisi pintu depan/pintu utama, serta ruang tamu dengan partisi yang dapat dibuka tutup untuk menyediakan ruang berkumpul keluarga besar

Nah selamat memodifikasi rumah idaman dari developer sedari awal. Selamat mencoba!

Salam

bannerblogger_61-11.jpg

Mendesain dengan hati
Untuk layanan profesional hubungi Annahape Studio (klik)

About these ads
Comments
6 Responses to “Tip 56 Rumah Tipe 80: Modifikasi Gambar Denah Rumah. Kalau Rumah dari Developer Tidak Sesuai Kebutuhan”
  1. dedi sudaraman mengatakan:

    halo..mba…sy mau minta denah dan gambar rumah sy punya tanah, lebar 15 meter dan panjang 23 meter, yang cocok seperti apa?makasih

  2. Ema mengatakan:

    Mbk.sy sdh prnh kirim email tp ga dibls.oh iyya aq suka artikel mbk soal tip prubhn rumah yg dibeli jadi..shubng itu,aq minta tolong dibuatkn denah rmh 1 lantai.luas tanah 7×15 m.bangunan tipe 54.gmbr asli cuma 2 kmr tdr,1 kmr mandi..kalo boleh digmbrkn dg 3 kmr tidur,2 kmr mandi,ruang keluarga,dapur,klo bisa ada pintu smping juga…tolong dibls.tengkyu

  3. Saprudin mengatakan:

    denahnya bagus nih, bs gak mbak gambarnya dikirim via email ? krn mgkn dlm wkt dekat saya akan membangun rumah, tp secara bertahap (tumbuh kembang), dan sptnya gambar ini cocok denga yg saya inginkan. sblmnya trm kasih mbak anna.

  4. Herie mengatakan:

    Wah info bagus ni, terima kasih mba’ anna. Artikel2nya slalu jadi referensi ni.
    Btw aku pasang link mb anna di kupubiru.wordpress.com ya mba’. Tanks.

  5. irma herawati mengatakan:

    Mbak, aku punya rumah ukuran 45/105, 2kt,1 km dan 1 r.tamu.aku pengen renovasi dengan penambahan dapur,R.makan, dan lt 2 1 KT serta tempat jemuran.
    Sisa tanah di belakang adalah 5x4m.
    tolong dong bantu aku kasih denah dan estimasi biayanya.
    oh ya aku pengen buat 1 KT diatas ukuran 5x4m dengan kamar mandi di dalamnya, bisa bantu desain interiornya?
    tks, aku tunggu balasannya yah.

    • wong mengatakan:

      wah bagus…bagus…..
      minta pendapat designnya buat rumah 6×15(lt). 6×10(lb)
      pinginnya 1 kamar karoke, 1 master room, 2 kamar tidur, ada tempat jemuran.
      di tunggu ya… tksssssssssss

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

  • Desain Interior

    Aneka Produk Design/Desain Interior di Annahape Workshop & Studio: 3D interior, konsep interior, interior warna cat, Wallpaper, kolam ikan, kolam renang, seni interior, pintu, Plafon, Foyer, Kamar/Ruang Tamu, Kamar Anak, Kamar Bermain, Meja Kerja, Meja Makan, Kursi Makan, Ruang Makan, Ruang Tidur, Bedroom, Bath room, Tempat Tidur, Lemari, Almari, Backdrop, Backwall, Sofa, Daybed, Puff, Dapur/Kitchen Set, Pantry, Home Theater.
    Kantor: Ruang Rapat, Ruang Direktur, Ruang Staff, Ruang Reseptionis, Lobby, Ruang Kerja, ruang sekretaris, interior kantor

  • Real Estate Blogs Real Estate Blogs - Blog Rankings

  • Desain Rumah /Arsitektur

    Jasa Arsitektur: Gambar Desain Arsitektur 3D, Gambar Kerja Arsitektur, Struktur dan RAB (Rencana Anggaran Biaya), Renovasi Rumah Menyeluruh, Desain Toko, Desain Restaurant, Desain Kantor, Bangun Rumah Tinggal, Master Plan, Landscape, Site Plan. Rumah mungil, besar, modern, mewah.

    Konstruksi Pengerjaan bangunan, rumah, ruko, rukan, kolam renang, villa, restoran. Termasuk carport, pagar dan taman

    Langgam, style, gaya:
    Etnik, Minimalis, Retro, Modern, Klasik, Tradisional, Eklektik, Mediteranian, Art Decoratif

  • Konsultasi & Jasa Profesional

    Annahape STUDIO (Didirikan Thn 2000)

    Informasi desain, produk, jasa/konsultasi profesional, jam/hari kerja, jadwal libur dan pekerjaan yang tidak dapat kami layani silakan klik:

  • Contact Annahape

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 312 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: