Tip 62 Agar Rumah Tak Terasa Panas: Secondary Skin dan Third Skin

scondaryskin annahape.com Desain Rumah Tropis ternyata tidak selalu ideal. Apa lagi kalau rumah hadap ke arah Barat. Sinar matahari sore yang moncor ke rumah dapat membuat rumah terasa panas. Sinar matahari menyengat langsung masuk ke dalam rumah.

Karena tidak punya pilihan, banyak orang membuat solusi simple.Memasang AC atau menambah tirai: entah bambu atau bahkan tirai kain tebal di jendela. Padahal itu bukan satu-satunya solusi. Solusi lain yang ditawarkan seni arsitektur adalah: secondary skin.


Memasang tirai bambu/krei, memang menyelesaikan satu hal yaitu sinar matahari dapat diredam. Tetapi, aliran udara dikorbankan, sehingga udara panas terperangkap dalam ruang. Akibatnya, hawa panas tetap terasa. Belum lagi fasad atau tampak rumah, mungkin ikut dikorbankan. Sementara itu, pemasangan AC jelas merupakan solusi jangka pendek yang menyumbang peningkatan panas bumi dan tidak ramah lingkungan.

Scondary skin, atau kulit ke dua, adalah dinding rumah lapis ke dua. Fungsi secondary skin adalah agar sinar matahari tidak dihambat sama sekali, tetapi hanya tertahan masuk rumah secara langsung. Sementara aliran udara yang keluar masuk rumah tetap dapat terjaga.

Gambar berikut dari Annahape Studio memperlihatkan fungsi dasar dari scondary skin tersebut. Udara tetap dapat masuk rumah dengan leluasa (gbr1) tetapi sinar matahari tidak langsung masuk rumah (gbr2)

annahapescondary skin 0web

Fungsi utama lainnya adalah, secondary skin harus menjadi bagian dari desain fasad, atau tampak rumah. Artinya, secondary skin dibuat justru untuk memperindah rumah seperti terlihat dalam dua gambar berikut dari Annahape Studio.

annahapescondary skin 1web

annahapescondary skin2web

Keindahan scondary skin, kombinasi antara batu alam dan kayu (yang dapat dibuka tutup) terlihat dalam foto berikut.

annahapescondary skin 4web

Persoalannya, kadang rumah sudah terlanjut jadi. Dan mengubah fasad tampak rumah mungkin membuat Anda merogoh kocek lebih dalam. Salah satu cara yang lain adalah memodifikasi pagar rumah dengan bambu, dan menambah tanaman. Foto di bawah ini. Fungsinya sama seperti secondary skin, tetapi karena letaknya dipagar, bolehlah disebut sebagai third skin, atau kulit ke-tiga.

annahapescondary skin 3web

Konstruksi pagar itu dapat dilihat dalam foto berikut. Bambu-bambu itu tidak ditanam dengan semen, tetapi diikat dengan baut pada besi siku yang dipasang di tembok pagar untuk menghindari rayap.

annahapescondary skin 5web

Berbagai variasi tentu dapat dibuat, agar rumah terlihat nyeni. Misalnya bambu dapat diganti dengan kayu dolken. Anda tentu dapat berkreasi sendiri.

Salam

bannerblogger_61-11.jpg

Mendesain dengan hati

Hubungi Annahape Studio

About these ads
Comments
9 Responses to “Tip 62 Agar Rumah Tak Terasa Panas: Secondary Skin dan Third Skin”
  1. Hutajulu. M mengatakan:

    Bp / Ibu sekarang ini saya sedang tahap membangun rumah di daerah Depok
    luas tanah 135 / Lb 189 ,hadap timur.2 lt ingin bantuan konsultasi dengan Ananahape atgar interior bisa layaknya sprt apartement.dengan cost yang murah. Perum Aruba.

  2. Emilia mengatakan:

    saran yang bagus dan ramah lingkungan…..terima kasih buat idenya ya…ditunggu kreasi selanjutnya

  3. jevo pelu mengatakan:

    slamat malam mba, mba kalo saya mau bangun rumah 2 lantai dngan ukuran tana 113 M, gimana caranya bisa berhubungan sama mba utk menggambarkan tipe rumah minimalis dngan ukuran tanah seperti di atas, mohon petunjuk selanjutnya, tks

  4. aan mengatakan:

    terimakasih mba atas ilmunya… dapat menambah wawasan sy tentang desain rumah tropis.. sukses mba.

  5. Indra mengatakan:

    Tapi sepertinya second-skin ini hanya cocok untuk lantai atas, ya? GIMana dengan solusi untuk lantai bawah? Rasanya jadi agak aneh kalo jendela ato pintu tertutup oleh second-skin.

  6. Zulmi Irvansyah mengatakan:

    Mba. yang terpenting harus tidak harus searah sinar matahari g?
    cz angin yang masuk searah sinar matahari, kata orang tua kurang sehat. Kecuali rumahnya daerah dingin, baru gpp.
    Saran klo daerah rumah untuk Jakrta dong?

Trackbacks
Check out what others are saying...
  1. [...] Anda mungkin mulai mengamati secondary skin atau third skin (lihat Tip 62), carport, pagar, dinding, sisa batang tumbuhan yang masih tegak, tangga, tiang lampu taman, atau [...]

  2. [...] ini saya menunjukkan tekstur visual yang diperoleh dari scondary skin yang terbuat dari almunium (Lihat Tip 62 tentang secondary skin). Tekstur fisik almunium yang halus menimbulkan tekstur visual yang berbeda karena desain komposisi. [...]

  3. [...] terpisahkan dari seluruh bangunan, Gambar detail pada balkon lantai dua, dengan roof garden, serta secondary skin (klik di sini, untuk penjelasan lebih jauh) yang mensiasati sinar matahari agar tidak langsung masuk ke dalam rumah. Tetapi tetap ada aliran [...]



Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

  • Desain Interior

    Aneka Produk Design/Desain Interior di Annahape Workshop & Studio: 3D interior, konsep interior, interior warna cat, Wallpaper, kolam ikan, kolam renang, seni interior, pintu, Plafon, Foyer, Kamar/Ruang Tamu, Kamar Anak, Kamar Bermain, Meja Kerja, Meja Makan, Kursi Makan, Ruang Makan, Ruang Tidur, Bedroom, Bath room, Tempat Tidur, Lemari, Almari, Backdrop, Backwall, Sofa, Daybed, Puff, Dapur/Kitchen Set, Pantry, Home Theater.
    Kantor: Ruang Rapat, Ruang Direktur, Ruang Staff, Ruang Reseptionis, Lobby, Ruang Kerja, ruang sekretaris, interior kantor

  • Real Estate Blogs Real Estate Blogs - Blog Rankings

  • Desain Rumah /Arsitektur

    Jasa Arsitektur: Gambar Desain Arsitektur 3D, Gambar Kerja Arsitektur, Struktur dan RAB (Rencana Anggaran Biaya), Renovasi Rumah Menyeluruh, Desain Toko, Desain Restaurant, Desain Kantor, Bangun Rumah Tinggal, Master Plan, Landscape, Site Plan. Rumah mungil, besar, modern, mewah.

    Konstruksi Pengerjaan bangunan, rumah, ruko, rukan, kolam renang, villa, restoran. Termasuk carport, pagar dan taman

    Langgam, style, gaya:
    Etnik, Minimalis, Retro, Modern, Klasik, Tradisional, Eklektik, Mediteranian, Art Decoratif

  • Konsultasi & Jasa Profesional

    Annahape STUDIO (Didirikan Thn 2000)

    Informasi desain, produk, jasa/konsultasi profesional, jam/hari kerja, jadwal libur dan pekerjaan yang tidak dapat kami layani silakan klik:

  • Contact Annahape

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 312 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: