Tip 67 Arsitek Rumah Minimalis, Kumpulan Denah Rumah dan Taman

teraswebannahape.com Foto gambar rumah minimalis, Casa Suntro, layak jadi sumber inspirasi. Warna cat rumah minimalis putih ini karya arsitek dunia Jorge Hermandez de la Garza. Karya seminal   yang terletak di di Morelos Mexico tepat untuk diangkat karena Mexico dan Indonesia sama-sama beriklim tropis. Lihat contoh berikut.

Rumah di daerah tropis membutuhkan desain yang pas agar nyaman untuk dihuni. Hal ini telah saya uraikan dalam tip 43 tentang rumah tropis. Mari kita lihat apa yang dibuat Hernandez.

casasuntroweb

Rumah minimalis ini tetap mendapat sentuhan modern. Pilihan warna putih untuk eksterior dan interior membuat rumah kelihatan lapang. Putih itu modern. Selain itu, pemandangan terbaik di luar rumah dapat dinikmati dari dalam rumah. Lihatlah betapa eksotiknya pemandangan dari ruang dalam.

Banyak orang yang memilih desain rumah idaman terpesona oleh bentuk luar bangunan. Seolah-olah ia hanya akan berhenti sebagai penikmat desain rumah. Dan bukan penghuni rumah. Penghuni rumah sejatinya, justru harus dapat menikmati segala sesuatu di halaman rumah dari dalam rumah.

Sebuah desain yang berhasil adalah desain yang dapat memaksimalkan seluruh lahan, entah sebagai bangunan entah sebagai halaman. Ruang halaman yang terbatas tetap dapat menjadi sebuah pemandangan yang menyejukkan kalau di tata dengan rapi.Rumah ini juga berhasil dalam memaksimalkan pemandangan indah di luar rumah.

Foto-foto berikut memperlihatkan pemandangan yang diperoleh dari dalam rumah minimalis

terasweb

Taman mungil minimalis, kolam minimalis yang ditata dengan indah akan menghasilkan sebuah pemandangan yang spektakuler. Entah sebagai taman di luar atau roof(ed) garden, yaitu taman  beratap, atau taman yang berfungsi sekaligus sebagai atap. Lihatlah contoh-contoh berikut.

taman mungilweb

Kesemuanya itu, hanya mungkin datang dari penataan ruang yang tepat, yang didesain sejak awal. Itulah sebabnya, sejak awal saya tidak percaya sebuah desain dapat dihasilkan tanpa survey. Tanpa bersentuhan langsung dengan ruang, dimana desain itu akan ditempatkan. (Baca pandangan saya tentang desain rumah online di Tip 60).

Persentuhan dengan ruang lahan, proses pengendapan, untuk menghayati kondisi sekeliling dan karakter penghuni, itulah yang saya maksud sebagai mendesain dengan hati.

Di bawah ini saya menyajikan 3 alternatif denah rumah minimalis di lahan sekitar 200 m2. Benang merah dari ke tiga denah itu adalah memaksimalkan lahan di belakang rumah untuk dinikmati dari sebanyak mungkin ruang. Serta, memaksimalkan aliran udara agar rumah tidak terasa panas di siang hari.

Alternatif 1

denah rumah minimalis1web
Keunggulan dari alternatif 1 ini adalah dibuatnya ruang tamu yang sungguh terpisah dari ruang lain. Sehingga, keberadaan tamu tidak mengganggu aktivitas keluarga. Namun tamu tetap disuguhi kehangatan keluarga lewat taman yang dapat dinikmatinya. Taman ini lah yang mengikat seluruh ruang: dapur, ruang makan, ruang keluarga dan ruang tamu.

Alternatif 2
denah rumah minimalis2web

Ruang tamu konvensional, diletakan di depan. Taman di belakang menjadi ruang privat untuk keluarga. Teras belakang dibuat lapang tempat keluarga dapat bercengkrama di pagi atau malam hari.

Alternatif 3

denah rumah minimalis3web

Ruang Tamu diletakkan di dalam. Kecil saja, dengan asumsi keluarga tidak banyak menerima tamu.

Denah-denah di atas dimaksudkan sebagai sumber inspirasi belaka. Tentu ketika Anda mau menerapkan perlu memperhatikan banyak hal. Arah mata angin, lingkungan sekeliling, dan luas lahan. Mintalah arsitek Anda membuat denah rumah yang eklusif untuk Anda.

Salam

bannerblogger_61-11.jpg

Annahape, Mendesain dengan hati

Hubungi Annahape Studio

PS: Blogger, pedagang desain dsb silakan ”ask first”, izin dulu, kalau mau mengcopy paste artikel ini.

About these ads
Comments
66 Responses to “Tip 67 Arsitek Rumah Minimalis, Kumpulan Denah Rumah dan Taman”
Lacak Balik
Check out what others are saying...


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

  • Desain Interior

    Aneka Produk Design/Desain Interior di Annahape Workshop & Studio: 3D interior, konsep interior, interior warna cat, Wallpaper, kolam ikan, kolam renang, seni interior, pintu, Plafon, Foyer, Kamar/Ruang Tamu, Kamar Anak, Kamar Bermain, Meja Kerja, Meja Makan, Kursi Makan, Ruang Makan, Ruang Tidur, Bedroom, Bath room, Tempat Tidur, Lemari, Almari, Backdrop, Backwall, Sofa, Daybed, Puff, Dapur/Kitchen Set, Pantry, Home Theater.
    Kantor: Ruang Rapat, Ruang Direktur, Ruang Staff, Ruang Reseptionis, Lobby, Ruang Kerja, ruang sekretaris, interior kantor

  • Real Estate Blogs Real Estate Blogs - Blog Rankings

  • Desain Rumah /Arsitektur

    Jasa Arsitektur: Gambar Desain Arsitektur 3D, Gambar Kerja Arsitektur, Struktur dan RAB (Rencana Anggaran Biaya), Renovasi Rumah Menyeluruh, Desain Toko, Desain Restaurant, Desain Kantor, Bangun Rumah Tinggal, Master Plan, Landscape, Site Plan. Rumah mungil, besar, modern, mewah.

    Konstruksi Pengerjaan bangunan, rumah, ruko, rukan, kolam renang, villa, restoran. Termasuk carport, pagar dan taman

    Langgam, style, gaya:
    Etnik, Minimalis, Retro, Modern, Klasik, Tradisional, Eklektik, Mediteranian, Art Decoratif

  • Konsultasi & Jasa Profesional

    Annahape STUDIO (Didirikan Thn 2000)

    Informasi desain, produk, jasa/konsultasi profesional, jam/hari kerja, jadwal libur dan pekerjaan yang tidak dapat kami layani silakan klik:

  • Contact Annahape

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 303 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: