Tip 71 Taman Mungil di Halaman Samping atau Belakang Rumah: Ciptakan Focal Point

annahape.com Taman kecil mungil di samping atau belakang rumah adalah tantangan menarik untuk didesain. Malah mungkin lebih sulit dibanding desain taman ukuran besar. Kuncinya adalah memanfaatkan setiap inchi tanah baik secara vertikal maupun horisontal.

Meski luas tanah tersedia lebih kecil dari jalan setapak atau teras, Anda tetap dapat membuat desain taman yang menarik dan menyejukkan.

Saran saya pertama, jangan membatasi kecilnya lahan dengan kecilnya tanaman atau pot yang Anda letakkan. Dengan kata lain, Ciptakan focal point untuk taman Anda. Focal poin adalah sesuatu yang menjadi pusat dari desain taman Anda.

Atau focal poin dapat juga berarti ujung dari jalan masuk ke taman kecil Anda. Sebuah pohon besar, pot besar, sepasang kursi dan meja kecil dapat menjadi focal poin.

Kolam ikan, dengan air mancur di dinding dapat juga membuat mata Anda atau tamu terarah padanya. Sebuah patung, atau karya seni lainnya pun bisa dijadikan focal poin.

Dua contoh berikut ini adalah bagaimana menciptakan focal point di ujung dan tengah halaman. Masing-masing dengan cara yang berbeda.

Contoh 1 Focal Point di Sudut Taman Kecil (Sebelum dan Sesudah)

Sebelum Sesudah

Contoh 2 Focal Point di Tengah Halaman (Sebelum dan Sesudah)

Kalau di taman Anda terdapat pagar atau dinding, pilihlah warna netral yang ringan/light untuk memberi ilusi ruang yang lebih besar. Semakin gelap warna yang Anda pilih, semakin terasa kecil halaman rumah Anda.

Kalau Anda tidak punya minat atau keahlian dengan tanam-tanaman, buatlah cat mural,letakkan keramik hias atau tembaga untuk mendekorasi dinding di sekitar taman. Batu hias warna putih dapat disebarkan untuk menambah kesan luas.

Pemanfaatan bahan yang tidak biasa seperti kaca atau baja di taman, akan memberi kesan minimalis yang kuat.

Contoh Desain Taman menggunakan bahan Kaca dan Baja dari Philip Nash

Sebaliknya kalau Anda suka tanaman. Anda dapat memanfaatkan pagar dan dinding sebagai tempat untuk menaruh pot. Letakkan pot bunga di dinding dengan tinggi yang bervariasi.

Bila halaman masih cukup tersedia, satu tanaman buah seperti mangga atau jambu akan memberi nilai tambah bagi taman mungil Anda.

Salam

bannerblogger_61-11.jpg

Annahape, Mendesain dengan hati

Hubungi Annahape Studio

About these ads
Comments
13 Responses to “Tip 71 Taman Mungil di Halaman Samping atau Belakang Rumah: Ciptakan Focal Point”
  1. mursidik mengatakan:

    amazing mba ana, bikin hidup lebih hidup…oh ya mba, aku spesialis parket, tapi solid. jika saya bisa berpartisipasi dalam suporting project2 mba, bisa hubungi saya.
    tks..

  2. Cholil mengatakan:

    Go od…. Good lah. Inspirasi baru.
    Focal poin & warna light untuk tembok. Thanks

Trackbacks
Check out what others are saying...


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

  • Desain Interior

    Aneka Produk Design/Desain Interior di Annahape Workshop & Studio: 3D interior, konsep interior, interior warna cat, Wallpaper, kolam ikan, kolam renang, seni interior, pintu, Plafon, Foyer, Kamar/Ruang Tamu, Kamar Anak, Kamar Bermain, Meja Kerja, Meja Makan, Kursi Makan, Ruang Makan, Ruang Tidur, Bedroom, Bath room, Tempat Tidur, Lemari, Almari, Backdrop, Backwall, Sofa, Daybed, Puff, Dapur/Kitchen Set, Pantry, Home Theater.
    Kantor: Ruang Rapat, Ruang Direktur, Ruang Staff, Ruang Reseptionis, Lobby, Ruang Kerja, ruang sekretaris, interior kantor

  • Real Estate Blogs Real Estate Blogs - Blog Rankings

  • Desain Rumah /Arsitektur

    Jasa Arsitektur: Gambar Desain Arsitektur 3D, Gambar Kerja Arsitektur, Struktur dan RAB (Rencana Anggaran Biaya), Renovasi Rumah Menyeluruh, Desain Toko, Desain Restaurant, Desain Kantor, Bangun Rumah Tinggal, Master Plan, Landscape, Site Plan. Rumah mungil, besar, modern, mewah.

    Konstruksi Pengerjaan bangunan, rumah, ruko, rukan, kolam renang, villa, restoran. Termasuk carport, pagar dan taman

    Langgam, style, gaya:
    Etnik, Minimalis, Retro, Modern, Klasik, Tradisional, Eklektik, Mediteranian, Art Decoratif

  • Konsultasi & Jasa Profesional

    Annahape STUDIO (Didirikan Thn 2000)

    Informasi desain, produk, jasa/konsultasi profesional, jam/hari kerja, jadwal libur dan pekerjaan yang tidak dapat kami layani silakan klik:

  • Contact Annahape

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 306 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: