Tip 79 Inspirasi Desain Atap Rumah agar Fasad Tampil Beda

Rumah Horisontalannahape.com. Atap adalah mahkota rumah. Atap dapat membuat facade rumah menjadi berbeda. Mungkin atap rumah Anda sudah waktunya diganti. Masalah yang sering terjadi: kayu sudah keropos dan bocor disana-sini.

Sebagai ganti kayu, mungkin Anda ingin menggantinya dengan atap baja ringan. Beban atap akan semakin ringan kalau Anda juga memilih menggunakan genteng metal. Dalam tip 49 saya sudah menyampaikan 2 bentuk dasar atap yang umum dikenal. Yaitu atap pelana dan atap perisai.

Mumpung Anda akan merenovasi atap, atau malahan akan bangun rumah, tidak ada salahya mendesain atap yang sekaligus mempercantik rumah.

Banyak rumah  menggunakan bentuk atap pelana yang simpel. Selain biayanya lebih murah, mendesainnya juga lebih sederhana. Sederhana bukan berarti murahan. Pada tip kali ini akan saya berikan contoh bagaimana mengembangkan bentuk atap pelana. .

1. Bentuk Standard: Atap Pelana Simetris
Bentuk dasar dari atap pelana adalah simetris. Panjang sisi kiri dan sisi kanan sama. Sudut kemiringan keduanya juga sama. Yang paling aman sudut kemiringannya adalah 28-30 derajat. Di daerah beriklim tropis dengan curah hujan yang tinggi, makin miring atap akan makin baik. Lihat gambar berikut.


2. Pengembangan A: Atap Pelana a- Simetris
Bentuk atap pelana simetris mungkin saja membosankan. Kalau begitu, Anda dapat membuatnya menjadi tidak simetris. Yaitu panjang sisi kiri dan sisi kanan berbeda. Demikian juga halnya dengan sudutnya yang tidak sama.


3. Pengembangan B: Atap Pelana Bertingkat/Berirama
Pengembangan model atap ini cocok untuk bangunan yang melebar ke samping. Pada contoh di bawah ini bangunan rumah cukup ekstrim lebarnya dan terdiri dari garasi, ruang service, ruang makan, ruang tamu dan 2 kamar di sisi kanan. Bentuk atap pada rumah jenis ini memang sebaiknya bervariasi, agar tidak tampak membosankan. Bagian yang paling tinggi sebaiknya diletakkan pada ruang tamu/ruang keluarga. Tujuannya agar rumah terasa lapang.


4. Pengembangan C: Atap Pelana Terbelah
Pengembangan yang lebih rumit adalah dengan membelah atap dan memberi jarak diantara kedua bagian. Bagian tengah diberi dak/atap datar. Dengan cara ini rumah akan tampak lebih berkelas dan megah. Sudut kemiringan atap, akan menambah kemegahannya. Contoh di bawah adalah penerapan atap belah pada rumah tropis dua lantai. Jenis atap ini dapat juga dikembangkan menjadi atap belah simetris dan a-simetris.


Seluruh contoh desain di atas adalah sketsa awal belaka milik Annahape Studio, Masih diperlukan pengembangan dan penghitungan lebih lanjut sebelum sebuah sketsa dapat diterima. Namun semoga gambaran di atas memberi inspirasi.Tulisan ini dapat disebarluaskan dengan ijin. Dan bila copypaste di blog/web Anda harap mencantumkan sumbernya.

Salam

bannerblogger_61-11.jpg

Annahape, Mendesain dengan hati
Untuk layanan profesional gunakan form di Contact Us

About these ads
Comments
19 Responses to “Tip 79 Inspirasi Desain Atap Rumah agar Fasad Tampil Beda”
  1. pabrikkuekering mengatakan:

    inspiratif mba….

  2. Blibonbon mengatakan:

    Ok banget Mbak … terima kasih

  3. rahmat mengatakan:

    aku senang dengan gaya penuturan design mba. aku tertarik dengan model atap a-simetris. kebetulan aku pingin rumah yang aku bngun memiliki atas seprti itu. Hanya saja bentuk denah rumahku tidak simetris. berbentuk seperti letter W. yag bagus untuk denah seperti itu bagaimana ya mba? thanks sebelumnya mba ana.

  4. YB WAHYUDI, SH mengatakan:

    Syalom,….
    Ibu anna saya ingin tahu banyak tentang atap teras, apa yang bagus, Cor Deck atau pakai atap ya…? saya ingin kelihatan lebih bagus manis tampilannya, makasih ya mbak
    GBU
    YB Wahyudi

  5. Diba Syahroni mengatakan:

    Salam kenal Mbak Anna,
    Terima kasih banyak informasinya, sangat bermanfaat, kebetulan kami punya tanah 10 x 60 m2. Mungkin suatu waktu kami mau konsultasi dengan Mbak

    Salam

  6. alamsyah mengatakan:

    salam kenal mbak anna…tulisan dan design2 mbak bagus banget, menarik untuk dilihat..
    Saat ini saya sedang membangun rumah mbak, saya bingung dengan design dapurnya. Kebetulan dapurnya model paviliun, terhubung dengan ruang makan dengan pintu dapur yang menghadap ke halaman, ukuran 2,5 x 3 m. Nah saya bingung gimana rancangan dapur yang cocok&bagus, tentunya dengan budget yang tidak terlalu tinggi, he..he..
    Mungkin mbak berkenan memberikan masukan ke email saya. Terima kasih atas bantuannya, semoga Yang Maha Kuasa membalas kebaikan mbak.
    wassalam.

  7. probangun mengatakan:

    web nya bagus banget mba…isi nya berbobot..thank info nya mba..thank telah berbagi ilmunya

Trackbacks
Check out what others are saying...
  1. […] terkait: Desain Atap (Tip 49 Bentuk Dasar Atap dan  Tip 79 Pengembangan Bentuk Atap Rumah) Desain Tangga (Tip 77 Prinsip Dasar Desain […]

  2. […] Bentuk bangunan yang lebih kompleks membutuhkan desain atap yang kompleks juga dan sekaligus menciptakan keindahan bentuk rumah. Contoh aplikasi dan pengembangan atap pelana selanjunya dapat dilihat di Tip 79 (Klik) […]



Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

  • Desain Interior

    Aneka Produk Design/Desain Interior di Annahape Workshop & Studio: 3D interior, konsep interior, interior warna cat, Wallpaper, kolam ikan, kolam renang, seni interior, pintu, Plafon, Foyer, Kamar/Ruang Tamu, Kamar Anak, Kamar Bermain, Meja Kerja, Meja Makan, Kursi Makan, Ruang Makan, Ruang Tidur, Bedroom, Bath room, Tempat Tidur, Lemari, Almari, Backdrop, Backwall, Sofa, Daybed, Puff, Dapur/Kitchen Set, Pantry, Home Theater.
    Kantor: Ruang Rapat, Ruang Direktur, Ruang Staff, Ruang Reseptionis, Lobby, Ruang Kerja, ruang sekretaris, interior kantor

  • Real Estate Blogs Real Estate Blogs - Blog Rankings

  • Desain Rumah /Arsitektur

    Jasa Arsitektur: Gambar Desain Arsitektur 3D, Gambar Kerja Arsitektur, Struktur dan RAB (Rencana Anggaran Biaya), Renovasi Rumah Menyeluruh, Desain Toko, Desain Restaurant, Desain Kantor, Bangun Rumah Tinggal, Master Plan, Landscape, Site Plan. Rumah mungil, besar, modern, mewah.

    Konstruksi Pengerjaan bangunan, rumah, ruko, rukan, kolam renang, villa, restoran. Termasuk carport, pagar dan taman

    Langgam, style, gaya:
    Etnik, Minimalis, Retro, Modern, Klasik, Tradisional, Eklektik, Mediteranian, Art Decoratif

  • Konsultasi & Jasa Profesional

    Annahape STUDIO (Didirikan Thn 2000)

    Informasi desain, produk, jasa/konsultasi profesional, jam/hari kerja, jadwal libur dan pekerjaan yang tidak dapat kami layani silakan klik:

  • Contact Annahape

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 312 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: