Tip 86 Kisah KPR: Perumahan Siap Huni atau Siap Bongkar? Kiat Membeli Rumah dari Developer

annahape.com.Sebuah surat elektronik masuk ke Inbox saya belum lama ini. Pengirimnya Pak Ghais. Saya tertegun dan prihatin membacanya. Saya pikir isinya cukup penting untuk saya share. Agar Anda segera tahu pokok surat itu, saya kutipkan sebagian di sini:

Dear Mba Anna,hanya mau konsultasi,. Saya ada membeli KPR di Depok type 36 dengan ukuran 6 x 12 Meter. Namun begitu serah terima kunci dari developer bukan rumah yg siap ditempati namun lebih terkesan rumah siap bongkar. Karena semua emang harus di bongkar.

Sehingga sekarang malah harus mengeluarkan pengeluaran extra untuk pembangunan rumah yg antara lain memperdalam septic tank,pindah toilet,buat dapur,pengecatan ulang,bongkar plafon yg bocor,perbaiki dinding yg retak,dll. Sangat menyedihkan dengan kualitas dari KPR seperti ini,sangat menyedihkan bagi kami rakyat yg berpenghasilan menengah ke bawah.

Adapun yg saya bingungkan tentang design interior dan pemilihan warna dinding dan keramik agar rumah walaupun ukuran kecil namun tetap bisa terkesan lapang.Juga misalkan kalau mau membuat lantai dua, bagaimana mendapatkan design yg terbaik agar bisa terkesan tetap nyaman di lahan yg terbatas dan rumah yg terjepit di tengah.

Saya bisa membayangkan kekecewaan yang dirasakan penulis surat ini. Betapa tidak. Setiap orang yang membeli rumah baru, entah kecil atau besar, murah atau mahal pasti mengharapkan hunian itu tanpa masalah. Sama seperti ketika kita mengendarai motor atau mobil baru. Segalanya berjalan lancar. Atau seperti kita menikmati hidangan fresh from the oven. Hangat lagi nikmat.

Perumahan Sederhana

Tapi itu hanya perumpaan. Menempati rumah baru lebih daripada itu . Banyak aspek menggairahkan ketika kita mulai menghuninya. Bangunan kokoh. Atap kuat. Lantai halus. Interior sempurna. Kamar mandi dan toilet bersih. Saluran pembuangan terjamin kualitasnya. Instalasi air, listrik juga telepon bekerja baik. Dari segi tampilan  kinclong luar dalam. Dan tak ada istilah rusak atau bocor, sekecil apa pun itu. Itulah sebenarnya arti kalimat SIAP HUNI.

Sedangkan yang dialami saudara kita ini ibarat ungkapan jauh panggang dari api. Kenyataan tak seperti yang dibayangkan. Harapan tak berujung pada pengalaman menyenangkan. Berharap siap huni yang tejadi malah-seperti yang diungkapkan dalam surat itu-SIAP BONGKAR.

Ujungnya bukan hanya pengeluaran ekstra yang tak sedikit tentunya. Tapi juga waktu yang terbuang dan kenyamanan yang terganggu.

Idealnya, sebuah rumah idaman, adalah rumah yang sedari awal didesain untuk memenuhi kebutuhan keluarga Anda, mencerminkan karakter Anda dan keluarga. Dan itu hanya mungkin kalau Anda secara khusus meminta jasa arsitek untuk mendesainkan (baca Tip 76 Rumah yang “Gue banget”). Namun pilihan ini bukan pilihan rasional untuk kebanyakan orang. Masalah utamanya adalah cash budget. Alhasil banyak dari kita beralih ke KPR dan perumahan massal. Bila Anda termasuk di dalamnya, cermat-cermatlah dalam memilih rumah.

Perumahan Rumah KPR Tipe Kecil

Saya pun mencoba mencari referensi pandangan yang sekiranya bisa meringankan beban persoalan yang sedang dihadapi Pak Ghais ini. Hasilnya, saya memperoleh masukan yang cukup berharga. Isinya tentang 10 Kiat Membeli Rumah di Komplek Perumahan. (sumber)

Berikut ini beberapa poin dari kiat itu yang  relevan untuk dipertimbangkan:

a. Untuk rumah yang siap huni, biasanya memerlukan waktu 1-2 bulan dari akad kredit, sampai rumah bisa kita tempati (serah terima rumah). Biasanya proses 1-2 bulan itu digunakan untuk: melakukan pembersihan dan pengecatan ulang rumah, pendaftaran PLN, PDAM, Line Telpon, dsb.

b. Kita mendapatkan waktu garansi kerusakan rumah atau kadang disebut “masa pemeliharaan”, dengan durasi 3-6 bulan dari proses serah terima rumah. Waktu garansi (masa pemeliharaan) itu bisa gunakan untuk komplen dan meminta perbaikan gratis apabila rumah kita bocor, dinding retak atau kerusakan lain.

c. Sebaiknya dalam masa pemeliharaan, jangan dulu melakukan renovasi rumah secara signifikan, karena itu akan menghilangkan 3-6 bulan garansi kerusakan. Masalah ini biasanya tertulis jelas di Perjanjian Pengikatan Jual Beli Tanah dan Bangunan (PPJBTB).

Potongan Iklan KPR

Sedangkan bagi Anda yang kini tengah membidik rumah dengan fasilitas KPR, poin-poin lain dalam kiat tersebut penting pula disimak:

a. Lakukan survey secara mendetail tentang perumahan yang akan kita beli. Survey bisa dilakukan baik melalui Internet atau survey lapangan. Buat komparasi, scoring, dan analisa berdasarkan parameter dan spesifikasi rumah yang kita inginkan.

b. Datangi pemasaran (marketing) perumahan dan minta informasinya rumah dari yang kita beli dengan lebih detail. Minta pihak pemasaran perumahan untuk mengantar kita langsung ke lokasi atau cluster yang kita pilih. Interview tetangga sekitar atau satpam apabila masih ada informasi yang kita butuhkan.

c. Status rumah ada dua: siap huni dan indent. Untuk rumah yang statusnya “siap huni”, biasanya kita bisa langsung melihat rumah yang ingin kita beli. Sebagian besar perumahan menggunakan model “indent”, jadi kita hanya bisa memilih lokasi dari gambar site map, dan kita harus menunggu 8-24 bulan dari akad kredit untuk proses pembangunan rumah.

Soal lain. Tentang cara memilih warna dinding dan keramik agar rumah berukuran kecil bisa tetap tampak lapang, lihat Tip saya nomor 6 tentang mengecat rumah, 15 tentang kombinasi warna dan 21 tenang harmonisasi warna. Intinya, jangan menggunakan kombinasi warna lebih dari 2. Warna putih atau yang mendekati putih, akan memberi kesan ruang yang lebih luas. Sedangkan warna tua, seperti biru, akan membuat ruangan menjadi gelap dan sempit.

Anda punya pengalaman lain? Yuk sharingkan di sini!

Salam

bannerblogger_61-11.jpg

Annahape, Mendesain dengan hati
Untuk layanan profesional gunakan form di Kontak Kami

About these ads
Comments
5 Responses to “Tip 86 Kisah KPR: Perumahan Siap Huni atau Siap Bongkar? Kiat Membeli Rumah dari Developer”
  1. Arief mengatakan:

    Dear mbak Anna,

    Mohon dibantu, kasus saya mungkin sama dengan Pak Ghais di atas. Saya membeli rumah sangat sederhana di kompleks perumahan, ukurannya hanya 5x6m dengan luas tanah 9x11m. Bedanya dengan Pak Ghais, rumah tersebut adalah satu dari beberapa unit yang belum terjual sejak 15 tahun yang lalu. Jadi, kondisinya memang tidak bisa dikatakan layak huni, sesuai pula dengan harganya yang miring.
    Untuk ditinggali, sementara saya membangun bangunan tambahan ke belakang sampai habis batas dengan tetangga, jadinya rumah tersebut berukuran 9x6m. Bangunan induknya punya 1 kamar tamu, 1 kamar tidur dan 1 toilet. Bangunan tambahannya untuk ruang keluarga dan dapur. Jadinya masih ada sisa tanah 3x9m di samping, tanah pekarangan di depan sisa 2 meter.
    Sekarang saya berencana merenovasi rumah tersebut.
    Rencana saya, mengganti tampilan depan rumah dengan model yang lebih modern dan menghabiskan sisa tanah di samping (mungkin mengambil sedikit pekarangan depan kalau diperlukan). Selain itu saya ingin rumah tersebut memiliki 1 ruang tamu, 2 kamar tidur, 1 ruang keluarga, toilet, dapur dan garasi kecil.
    Mohon di bantu juga bagaimana caranya mendapatkan pencahayaan yang bagus karena apabila menghabiskan tanah di samping tentunya akan membuat rumah menjadi berhimitan (dempet). Selain itu, tentu saja menyatukan atap dan membuat rumah jadi tampak lebih luas.
    Mohon dibuatkan denah dan contoh sketsanya beserta rincian biaya.
    Terimakasih atas bantuan mbak Anna.

    Hormat Saya,

    Arief

  2. Makanan Organik mengatakan:

    memang dibutuhkan informasi yang matang apabila menentukan sesuatu yang penting dalam hidup ini,misalanya rumah.pasalnya rumah merupakan hal yang pokok dalam kebutuhan manusia ,kenyamanan dan ketenangan harus dirakan oleh penghuninya

  3. Tio mengatakan:

    Dear Mba Anna saya numpang iklan ya…

    Sebelumnya saya ucapkan selamat yah.. di BLOGRANKINGS.COM urutan PERTAMA.

    Perumahan Greenery Jamaica, Perumahan mewah harga murah dengan kualitas bangunan real estate. Lokasi di Cibinong Bogor, kurang lebih 2KM dari Grand Depok City ke arah Cibinong. Hunian asri berkonsep cluster memiliki akses yang mudah ke Terminal, pintu tol maupun stasiun Kereta Api.

    Legalitas Tanah & Bangunan telah di pecah ke masing-masing unit, dengan status kepemilikian tanah adalah SERTIFIKAT HAK MILIK atas nama pembeli.

    Pembelian dapat dengan cara KPR ataupun CASH. Kami bantu dalam pemprosesan KPR nya. Untuk pembelian CASH dapat dinegosiasikan.

    Harga sangat ekonomis dapat terjangkau oleh siapa pun.
    Dengan pekerjaan bangunan yang baik dan Kualitas bangunan Real Estate. Greenery Jamaica menawarkan Harga sudah tidak ada biaya tambahan lagi, mulai dari transaksi hingga serah terima rumah layak huni.

    Segera Hubungi Kami Untuk Mendapatkan Penawaran dan Pelayanan Terbaik, a.l :

    * Diskon Harga.
    * Pembayaran Uang Muka yang ringan dan fleksibel.
    * Kemudahan proses KPR.
    * Jaminan UANG MUKA Kembali tanpa potongan sepersen pun Jika KPR Tidak disetujui.
    * Jaminan Kualitas pekerjaan dan hasil bangunan yang maksimal.

    Karna Greenery Jamaica memperhatikan kualitas mulai dari matrial, pekerjaan dan hasil bangunan maka pengerjaan selalu diperhatikan agar menghasilkan bangunan yang memiliki kualitas baik dan hasil yang memuaskan dan dapat memberikan kenyamanan penghuninya oleh karna itu pembangunan unit-unit rumah Greenery Jamaica dibangun oleh kami sebagai Pengembang bukan oleh Sub-kontraktor pihak luar.

    Pengerjaan pembangunan rumah akan dilaksanakan 1 (satu) – 7 (tujuh) hari setelah Akad Kredit, perubahan-perubahan denah rumah dapat disesuaikan dengan keminatan pembeli. Waktu penyelesaian untuk pengerjaan pembangunan maksimal selama 3 bulan dengan kondisi cuaca baik dan mendukung.

    SEGERA MILIKI RUMAH IDAMAN DI GREENERY JAMAICA SEBELUM HARGA NAIK.
    INVESTASI ANDA DI GREENERY JAMAICA AKAN MENGUNTUNGKAN

    Unit Siap Huni :
    - Blok B No. 18 Type 42/104
    - Blok C No. 10 Type 42/134

    dan Unit inden
    ( Type 36/91, 36/119, 42/104, 42/112, 42/127 )

    6 Langkah mudah membeli rumah di Greenery Jamaica :

    1. Berkunjung ke lokasi Greenery Jamaica. Melihat kondisi, hasil pekerjaan pembangunan dan situasi perumahan lalu konsultasikan dengan pihak Marketing Greenery Jamaica.
    2. Jika berminat, silahkan dilanjutkan memilih rumah yang diminati dan memberikan Uang Tanda Minat sebagai pengikat keminatan.
    3. Menyerahkan berkas pengajuan KPR untuk proses, kami akan membantu dalam proses pengumpulan berkas KPRnya.
    4. Pemprosesan berkas KPR di Bank pemberi KPR, Jika disetujui KPR nya, dilanjutkan dengan pembayaran sisa Booking Fee (Booking Fee – Tanda Minat) dan penjadwalan pembayaran cicilan Uang Muka.
    5. Kemudian Melakukan Akad Kredit KPR dengan Bank Pemberi KPR dan Notaris PPAT.
    6. Selamat… Anda dan Keluarga telah memiliki rumah idaman di Greenery Jamaica.

    (Jika pengajuan KPR ditolak maka UANG TANDA MINAT akan kami kembalikan)

    Segera hubungi, untuk mendapatkan HARGA TERBAIK.

    T I O
    0856 1 44 22 39
    0813 98 7474 24
    087 87 0607 910
    email : tiozgzmale@gmail.com

  4. prayit s mengatakan:

    prihatin juga membaca kisah pak Ghais,sepengetahuan saya memang ada masa garansi 3-6 bln,dan pada masa garansi memang tdk dibenarkan pemilik/konsumen melakukan renovasi sendiri (krn hal itu akan menghilangkan/menghanguskan masa garansi tsb),dan selama saya berkecimpung di Pengembang (Developer) belum pernah melakukan serah terima rumah siap bongkar. Dan unt pembelian dg sistem indent biasanya konsumen berhak unt melakukan pengawasan secara berkala.

  5. fajar mengatakan:

    trim’s infonya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

  • Desain Interior

    Aneka Produk Design/Desain Interior di Annahape Workshop & Studio: 3D interior, konsep interior, interior warna cat, Wallpaper, kolam ikan, kolam renang, seni interior, pintu, Plafon, Foyer, Kamar/Ruang Tamu, Kamar Anak, Kamar Bermain, Meja Kerja, Meja Makan, Kursi Makan, Ruang Makan, Ruang Tidur, Bedroom, Bath room, Tempat Tidur, Lemari, Almari, Backdrop, Backwall, Sofa, Daybed, Puff, Dapur/Kitchen Set, Pantry, Home Theater.
    Kantor: Ruang Rapat, Ruang Direktur, Ruang Staff, Ruang Reseptionis, Lobby, Ruang Kerja, ruang sekretaris, interior kantor

  • Real Estate Blogs Real Estate Blogs - Blog Rankings

  • Desain Rumah /Arsitektur

    Jasa Arsitektur: Gambar Desain Arsitektur 3D, Gambar Kerja Arsitektur, Struktur dan RAB (Rencana Anggaran Biaya), Renovasi Rumah Menyeluruh, Desain Toko, Desain Restaurant, Desain Kantor, Bangun Rumah Tinggal, Master Plan, Landscape, Site Plan. Rumah mungil, besar, modern, mewah.

    Konstruksi Pengerjaan bangunan, rumah, ruko, rukan, kolam renang, villa, restoran. Termasuk carport, pagar dan taman

    Langgam, style, gaya:
    Etnik, Minimalis, Retro, Modern, Klasik, Tradisional, Eklektik, Mediteranian, Art Decoratif

  • Konsultasi & Jasa Profesional

    Annahape STUDIO (Didirikan Thn 2000)

    Informasi desain, produk, jasa/konsultasi profesional, jam/hari kerja, jadwal libur dan pekerjaan yang tidak dapat kami layani silakan klik:

  • Contact Annahape

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 306 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: