Tip 5: Budget untuk Interior Design

annahape.com Kebanyakan orang, lebih suka menyembunyikan budget mereka karena beberapa alasan. Ada logika permainan poker yang dipakai ketika mereka berpikir, “Kalau EO menyusun biaya lebih kecil dari budget saya, (maka) saya bisa mendapat harga yang lebih murah” atau “Kalau EO tahu budget saya, ia mungkin akan menghabiskan setiap sen dari budget saya,”.

Untuk Anda yang sudah menikah, Anda barangkali punya pengalaman bagaimana menyelenggarakan pesta nikah. Menggunakan jasa wedding event organizer (EO), atau jasa catering profesional biasanya menjadi pilihan di jaman ini.

Ada beberapa hal yang biasanya ingin diketahui oleh EO, dimana akan diselenggarakan, apakah gaya pesta yang diinginkan dan berapa budget yang Anda miliki.

Hal yang sama terjadi dalam hal menggunakan jasa designer rumah atau apartemen. Dengan menggunakan jasa profesional banyak keuntungan yang Anda dapat. Seorang desainer profesional menyumbangkan keahliannya mendesain, kemampuan menemukan supplier furniture, pabrik dan assesoris yang bermutu dengan harga bersaing. Mengorganisir berbagai pekerjaan tukang yang berbeda. Ingatlah bahwa tukang umumnya hanya mempunyai satu keahlian spesifik. Mengorganisir tukang cat, pemasang lantai, tukang kayu, furniture sering merupakan pekerjaan yang rumit. Mendapatkan tukang yang dapat diandalkan adalah perkara tersendiri. Seorang mandor yang mengorganisir tukang pun, biasanya tidak mempunyai kemampuan mendesain. Yang terjadi umumnya hanya mengulang atau meniru.

Bedakanlah budget dengan tabungan. Budget adalah jumlah uang yang ingin Anda keluarkan untuk mendapatkan hasil yang Anda impikan. Mengalokasikan budget adalah tanggungjawab Anda sebagai klient sebelum Anda menghubungi desainer. Bahkan untuk orang yang sangat longgar dalam dana pun mempunyai budget.

Dengan budget yang sudah Anda tentukan untuk meningkatkan kualitas rumah tinggal, Anda dapat mengecek feasibility dari budget itu dalam beberapa kelompok pengeluaran. Misalnya, untuk menata interior living room Anda harus mengalokasikan budget untuk 7 hal yaitu: lantai (karpet, parquet, marmer), dinding (cat, wall paper), curtains/korden, furniture, lampu atau pencahayaan, assesoris (lukisan, barang seni) dan design fee.

Untuk saya, proses desain akan jauh lebih mudah bila klien dapat memberitahukan budget range dalam proses desain. Dalam hal ini, integritas profesional dan kepercayaan klien menjadi taruhannya. Informasi ini akan menghemat waktu ke dua belah pihak, dan menentukan spesifikasi yang sesuai dengan budget.

Tetapi kalau Anda suka dengan permainan poker, Anda dapat menyisihkan sejumlah uang untuk jaga-jaga atur reserve di luar budget Anda tanpa seorang pun harus mengetahuinya. Terus terang, ini adalah ide yang sangat baik. Bila budget yang Anda sediakan ternyata tidak cukup karena situasi tak terduga di lapangan, misalnya masalah struktur bangunan. Anda dapat menggunakan dana cadangan itu. Hal ini sering terjadi.

Tetapi bila ternyata project berjalan mulus tanpa mengeluarkan dana cadangan, tidak ada salahnya di akhir project Anda mengajak desainer Anda merayakannya, pesta kecil di kebun belakang atau di restoran.

Salam

bannerblogger_61-11.jpg

Mendesain dengan hati
Untuk layanan profesional hubungi Annahape Studio (klik)

Artikel terkait:
1.Harga/biaya Jasa Desain Arsitektur atau Interior klik di sini

Comments
11 Responses to “Tip 5: Budget untuk Interior Design”
Trackbacks
Check out what others are saying...
  1. […] matang. Dalam konteks renovasi atau pembangunan rumah, itu mulai dari strategi penyiapan budget (Tip 5), pembuatan Gambar Arsitektur (Tip 16) dan Gambar Struktur (Tip 18) serta Rencana Anggara Biaya […]



Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

  • Desain Interior

    Aneka Produk Design/Desain Interior di Annahape Workshop & Studio: 3D interior, konsep interior, interior warna cat, Wallpaper, kolam ikan, kolam renang, seni interior, pintu, Plafon, Foyer, Kamar/Ruang Tamu, Kamar Anak, Kamar Bermain, Meja Kerja, Meja Makan, Kursi Makan, Ruang Makan, Ruang Tidur, Bedroom, Bath room, Tempat Tidur, Lemari, Almari, Backdrop, Backwall, Sofa, Daybed, Puff, Dapur/Kitchen Set, Pantry, Home Theater.
    Kantor: Ruang Rapat, Ruang Direktur, Ruang Staff, Ruang Reseptionis, Lobby, Ruang Kerja, ruang sekretaris, interior kantor

  • Real Estate Blogs Real Estate Blogs - Blog Rankings

  • Desain Rumah /Arsitektur

    Jasa Arsitektur: Gambar Desain Arsitektur 3D, Gambar Kerja Arsitektur, Struktur dan RAB (Rencana Anggaran Biaya), Renovasi Rumah Menyeluruh, Desain Toko, Desain Restaurant, Desain Kantor, Bangun Rumah Tinggal, Master Plan, Landscape, Site Plan. Rumah mungil, besar, modern, mewah.

    Konstruksi Pengerjaan bangunan, rumah, ruko, rukan, kolam renang, villa, restoran. Termasuk carport, pagar dan taman

    Langgam, style, gaya:
    Etnik, Minimalis, Retro, Modern, Klasik, Tradisional, Eklektik, Mediteranian, Art Decoratif

  • Konsultasi & Jasa Profesional

    Annahape STUDIO (Didirikan Thn 2000)

    Informasi desain, produk, jasa/konsultasi profesional, jam/hari kerja, jadwal libur dan pekerjaan yang tidak dapat kami layani silakan klik:

  • Contact Annahape

Ikuti

Kirimkan setiap pos baru ke Kotak Masuk Anda.

Bergabunglah dengan 344 pengikut lainnya

%d blogger menyukai ini: