Tip 7 Proses Merancang Rumah Etnik dan Asri Milik Pak Risono

annahape.com Beberapa minggu lalu saya menerima email dari Pak Risono yang meminta bantuan saya untuk mendesain Lay-out rumahnya. Atas seijin beliau saya menulis postingan ini sebagai proses pembelajaran. Yaitu, bagaimanakah tahapan yang tepat dalam membangun rumah idaman.

Rumah yang dimiliki Pak Risono sekarang adalah rumah asli bangunan developer ukuran 45 m2 di atas tanah seluas 141 m2 (ukuran 11x13m). Tampak foto kondisi rumah sekarang yang berlokasi di daerah Cimanggu, Bogor sebagai berikut:

rmh-pak-risono2.jpg

Sedangkan denah dari rumah tersebut adalah:

Selanjutnya, melalui lebih dari 15 email saya mengajukan banyak pertanyaan dan Pak Risono menceritakan keinginannya bahkan contoh-contoh gambar yang ringkasnya sebagai berikut:

  1. Bangunan rumah terdiri dari 2 lantai.
  2. Tema rumah itu adalah asri dan etnik, artinya harus tersedia ruang-ruang hijau yang dapat diakses dari ruang makan, ruang tamu dan mushola. Maklumlah, nyonya rumah senang memelihara tanaman. Sekarang beliau mempunyai 39 koleksi tanaman Anggrek, serta tanaman hias lain seperti adenium dan eporbia.Juga diharapkan ada kolam ikan walau cuma kecil.
  3. Mushola dan kamar pembantu diharapkan tidak menganggu privacy.
  4. Dibutuhkan empat kamar yaitu kamar utama dengan bathtub, 2 kamar anak dan 1 kamar tamu.
  5. Kamar tamu berada di lantai bawah, agar bila ada tamu orangtua yang kesulitan naik tangga tidak perlu ke lantai 2.
  6. Kamar makan dan dapur menggunakan konsep open-court maksudnya terbuka dengan akses ke ruang hijau/taman.
  7. Bagian-bagian dinding rumah nantinya dapat juga dipakai untuk mengekspose langgam etnik. Misalnya gentong yang ditaruh di bagian muka rumah, di dinding lantai dua.

Hasil dari proses percakapan kami itu saya tuangkan dalam lay-out rumah sebagai berikut:

layout_r.jpg

Dalam lay-out itu kelihat bagaimana saya “memanjakan” penghuni rumah dengan banyaknya ruang hijau walaupun lahannya cukup terbatas yaitu (1) halaman di bagian depan yang dapat diakses dari ruang tidur tamu dan ruang tamu, (2) halaman di samping rumah sejajar dengan carport yang dapat diakses dari ruang makan dan (3) halaman dan kolam kecil di belakang rumah yang dapat diakses oleh ruang keluarga dan mushola.

Perhatikan juga bahwa mushola cukup mendapat tempat sentral di rumah tersebut. Penghuni dapat mengakses langsung lewat tangga dari lantai 2 dan dari ruang keluarga. Mushola dibuat naik 30 cm dan sebagian dikelilingi oleh kolam ikan dan taman untuk membangun kesan sakral dan asri.

Lantai 2 sungguh menjadi ruang yang sangat privat untuk keluarga karena hanya untuk ruang tidur. Dengan konsep itu penghuni akan selalu memanfaatkan ruang keluarga untuk bertemu. Ruang tidur utama selain mempunya kamar mandi di dalam juga mempunya teras yang masih dapat dimanfaatkan untuk menaruh pot kesukaan ibu. Perhatikan juga bahwa semua ruang tidur baik di atas maupun dibawah mempunyai akses jendela yang mengakomodasi kebutuhan sirkulasi udara.

Kamar pembantu dan service area diletakan di sudut sejajar dengan carport untuk menjaga privacy baik pembantu rumah maupun tuan rumah.

Bila lay-out ini sudah disepakati, pemilik rumah dan arsitek dapat melangkah ke tahap berikutnya yaitu membuat gambar arsitektur berupa gambar tampak dan potongan. Dengan lay-out saja belum sungguh tampak model rumah idaman. Lay-out hanyalah menyajikan kebutuhan dan komposisi pembagian ruang yang dibutuhkan. Sedangkan gambar arsitektur nantinya akan mencoba mengakomodasi denah sekaligus langgam etnik yang diinginka

Nah untuk melihat bagaimana gambar tampak dari rumah idaman itu (setelah layout diperbaiki) silakan lihat gambar berikut:


Bila desain arsitektur telah disepakati, arsitek bersama pemilik rumah dapat maju ke langkah berikutnya yaitu membuat gambar kerja. Gambar kerja adalah rangkaian gambar detail dari rumah idaman yang dapat dipakai oleh pelaksana untuk melakukan pembangunan fisik. Dalam gambar kerja akan ditampilkan berbagai hal yang sangat spesifik: dari struktur sampai misalnya instalasi air, listrik bahkan pola pemasangan ubin. Berdasarkan gambar kerja dan spesifikasi bahan barulah suatu Rencana Anggaran Biaya (RAB) dapat diturunkan. Diskusi antara arsitekdengan pemilik yang terbuka dan mendalam, disertai kemampuan mendapatkan sumber bahan bangunan yang tepat akan menghasilkan RAB yang reasonable.

Begitulah tahapan-tahapan yang masih harus dilakukan oleh Pak Risono, dan semoga tidak lama lagi kita dapat melihat hasil akhir dari proses pembangunan rumah yang sudah dimulai dengan benar dan cukup hati-hati.

Salam

bannerblogger_61-11.jpg

Mendesain dengan hati
Untuk layanan profesional hubungi Annahape Studio (klik)

Artikel terkait:
1. Desain kolam ikan di rumah klik di sini.
2. Desain kamar anak klik di sini
3. Tip mengecat rumah klik di sini, kombinasi warna cat pada dinding plafon lantai klik di sini
4. Langgam interior klasik atau modern klik di sini
5. Desain ruang kerja+perpustakaan di rumah, klik di sini
6. Desain pintu rumah, klik di sini
7. Tip biaya jasa desain arsitektur/interior. klik di sini, Rencana Anggaran Biaya, klik di sini
8. Contoh Gambar Arsitektur, klik di sini, Contoh gambar struktur, klik di sini
9. Komunikasi kami dengan Klien, klik di sini
10. Desain rumah di lahan tak beraturan, klik di sini
11. Desain rumah minimalis, klik di sini

Jadilah Pembaca Tetap Kami, daftar klik di sini (Gratis kok)

Iklan
Comments
39 Responses to “Tip 7 Proses Merancang Rumah Etnik dan Asri Milik Pak Risono”
  1. Danang berkata:

    Salam Kenal yaa Mbak saya mau konsul tasi saya barusan beli lahan dengan ukuran 13 M X 130 M disitu saya ingin membangun sebuah rumah yang dengan model garasi ada di bagian belakang rumah, tema rumah yang saya inginkan adalah Modern Etnik Kolonial.
    Adapun kebutuhan ruangan yang ruang antara lain : 3 kamar tidur anak, 1 Kamar tamu, 1 Kamar utama, Ruang kerja, Mushola, Ruang makan yang tidak terganggu dengan lalu lalang, Dapur terbagi menjadi dua, Dapur bersih dan dapur kotor, Kamar pembantu, Ruang keluarga yang luas.
    kamar utama dan kamar tamu menggunakan bathtub.
    Pada bagian belakang lahan disisakan untuk memelihara tanaman
    oiyaaa lahan yang saya miliki menghadap kebarat.
    Makasih, saya tunggu balasannya

  2. Kerry Griffin berkata:

    hi
    a1e0bv07xtgms33h
    good luck

  3. Ririn berkata:

    Salam Kenal….
    Mba..aq mo konsultasi ni..
    Aq punya tanah seluas 200mtr, kepingin bangun rumah LB 70-80mtr aja, tapi designnya minimalis dan unik plus fungsional untuk acara2 kel besar..tapi masalahnya aq cuma pny bayangan budget minim bgt..kira2 60-100jt, 100jt jg da berez ma halaman untuk taman bermain dan santai2 kumpul kel..
    Dengan rincian sbb :
    1. Tema rumah itu adalah asri dan minimalis, diharapkan ada kolam ikan walau cuma kecil.
    2.Mushola dan kamar pembantu diharapkan tidak menganggu privacy.
    3. Dibutuhkan 3 kamar yaitu kamar utama ukuran 4×4 karena tempat tdr dll ukuran besar dengan bathtub, 1 kamar anak dan 1 kamar pembantu
    4. dan dapur menggunakan konsep open-court maksudnya terbuka dengan akses ke ruang hijau/taman.
    5. Ruang tamu, ruang keluarga, ruang makan dapat dijadikan ruang fungsional untuk acara2 besar, ruang kel jg dapat terbuka dengan taman

    Mohon sarannya ya mba..beserta contoh sketsanya..Thx

  4. ayu berkata:

    mba ana saya mohon bantuannya untuk renovasi rumah orang tua saya …….
    Rumah saya hanya bertipe 21 dan sudah 2 lantai dan rencananya kami akan melakukan renovasi untuk pengembangan rumah kami…

    Tetapi ruangan yang ada harus bisa memenuhi kebutuhan sebagai berikut mba…kebetulan ibu saya juga memiliki usaha catering dan ayah saya menyukai dunia tanam-menanam, selama ini bunga2 yang ayah saya tanam hanya di letakkan di dalam pot dan di letakkan di atap bersamaan dengan ltempat kami menjemur pakaian….sekarang ketika kami ingin melakukan renovasi jadi untuk mempung semua ruangan yg diinginkan jadi pusing sekali…….
    rencananya kamar tidur sebanyak 3 rgn diletakkan di lt 2 dan rgn mencuci dan menjemur juga di lt 2 ….. dan d lantai bawah digunkan untuk usaha catering dan penyimpanan kendaraan bermotor……

    saya memohon bantuan mba ana bagaimana cara mengatur agar posisi ruangan itu menjadi ideal dan juga masih bisa digunakan untuk melakukan usaha…..saya mohon bantuanyya y mba…tq

  5. BAST berkata:

    ikut gabung donk

  6. fikry berkata:

    mbak tlng bgt ne saya perlu dng design ny……

  7. andi berkata:

    mBak ta tggu designY Yo.. Thx.

  8. andi berkata:

    aku orang awam mengenai arsitektur rumah, saya baru punya sedikit tabungan jadi pengen nyicil buat rumah. design mbak cukup membantu dan memberikan inspirasi (modern minimalis), untuk itu lewat comment ini saya mohon bantuan mBak Anna untuk mendesain rumah saya, insyaAllah tahun depan saya akan membangunnya menjadi 2 lt secara bertahap yaitu dikerjakan lt 1 terlebih dahulu. Adapun ukuran tanah 12.5 m x 27 m saya berkeinginan lt 1 : ada taman kecil di depan, car port, 2 kamar tidur, ruang tamu, ruang keluarga yg luas, ruang makan+dapur, 2 kamar mandi, dan taman kecil di belakang+air mancur(lurus ruang klrga). untuk lt 2 : 2 kamar tidur, 1 kamar mandi, musholla, tempat cuci, penjemuran dan seterika. mohon dalm bulan ini mBak anna dpt membantu saya. Demikian disampaikan atas bantuannya diucapkan terima kasih.

  9. abel berkata:

    design terlalu egois kombinasi ruang kurang tepat dalam layouting ldesain ini lebih memenangkan gaya interior eknik tatapi tidak memberikan suasana arsitek yang unik1
    makasi

  10. sutiarto berkata:

    Dear mBak Anna,

    Untuk orang awam mengenai arsitektur seperti saya ini, design mbak cukup membantu dan memberikan inspirasi, untuk itu lewat comment ini saya mohon bantuan mBak Anna untuk mendesain rumah saya, insyaAllah tahun depan saya akan merenovasinya menjadi 2 lt secara bertahap yaitu dikerjakan lt 1 terlebih dahulu. Adapun ukuran tanah 7 m x 15 m saya berkeinginan lt 1 : ada taman kecil di depan, car port, 2 kamar tidur, ruang tamu, ruang makan, dapur, kamar mandi, dan taman kecil di belakang. untuk lt 2 : 2 kamar tidur, 1 kamar mandi, musholla, tempat cuci, penjemuran dan seterika. Demikian disampaikan atas bantuannya diucapkan terima kasih.

    Best Regards,

    Sutiarto.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

  • Desain Interior

    Aneka Produk Design/Desain Interior di Annahape Workshop & Studio: 3D interior, konsep interior, interior warna cat, Wallpaper, kolam ikan, kolam renang, seni interior, pintu, Plafon, Foyer, Kamar/Ruang Tamu, Kamar Anak, Kamar Bermain, Meja Kerja, Meja Makan, Kursi Makan, Ruang Makan, Ruang Tidur, Bedroom, Bath room, Tempat Tidur, Lemari, Almari, Backdrop, Backwall, Sofa, Daybed, Puff, Dapur/Kitchen Set, Pantry, Home Theater.
    Kantor: Ruang Rapat, Ruang Direktur, Ruang Staff, Ruang Reseptionis, Lobby, Ruang Kerja, ruang sekretaris, interior kantor

  • Real Estate Blogs Real Estate Blogs - Blog Rankings

  • Desain Rumah /Arsitektur

    Jasa Arsitektur: Gambar Desain Arsitektur 3D, Gambar Kerja Arsitektur, Struktur dan RAB (Rencana Anggaran Biaya), Renovasi Rumah Menyeluruh, Desain Toko, Desain Restaurant, Desain Kantor, Bangun Rumah Tinggal, Master Plan, Landscape, Site Plan. Rumah mungil, besar, modern, mewah.

    Konstruksi Pengerjaan bangunan, rumah, ruko, rukan, kolam renang, villa, restoran. Termasuk carport, pagar dan taman

    Langgam, style, gaya:
    Etnik, Minimalis, Retro, Modern, Klasik, Tradisional, Eklektik, Mediteranian, Art Decoratif

  • Konsultasi & Jasa Profesional

    Annahape STUDIO (Didirikan Thn 2000)

    Informasi desain, produk, jasa/konsultasi profesional, jam/hari kerja, jadwal libur dan pekerjaan yang tidak dapat kami layani silakan klik:

  • Contact Annahape

%d blogger menyukai ini: