Tip 18 Bangun Rumah/Desain Rumah: Contoh Dari Gambar Arsitektur ke Gambar Struktur

annahape.com Contoh gambar struktur saya sajikan di bawah. Katakanlah Anda sudah tahu kisaran harga jasa arsitek. Lalu Anda memutuskan menggunakan jasa arsitek. Dalam tip 16 saya menunjukkan jasa minimal yang diminta dari seorang arsitek, yaitu gambar denah, gambar tampak dan gambar potongan. Contoh-contohnya pun sudah saya sertakan di situ.

Nah, Anda ternyata ingin arsitek Anda tidak hanya bekerja minimal, tetapi berlanjut ke tahap berikutnya. Apa yang Anda minta. Dari gambar arsitektur, Anda dapat memintanya untuk membuat gambar struktur dan menyusun Rencana Anggaran Biaya. Apakah itu?

Gambar struktur itu adalah versi lanjutan gambar arsitektur. Yaitu rangkaian gambar yang memperlihatkan rangkaian struktur bangunan mulai dari fondasi sampai balok dan kolom yang membentuk rangka bangunan. Singkatnya begini: gambar konstruksi bangunan rumah tinggal dapat dikelompokkan menjadi 2 (dua) yaitu gambar arsitektur dan gambar struktur.

Selain gambar arsitektur pokok, Anda sekarang dapat meminta Arsitek untuk membuat gambar detail arsitektur yang terdiri dari:
a. Gambar denah fondasi
b. Gambar denah sanitasi (air bersih, air kotor)
c. Gambar denah titik lampu
d. Gambar denah rangka atap

Nah gambar struktur itu terdiri dari apa saja? Gambar struktur terdiri dari
a. Gambar struktur penulangan kolom
b. Gambar struktur penulangan balok sloof dan ring
c. Gambar struktur penulangan pelat (Lantai 2 ke atas)
d. Gambar struktur penulangan balok induk dan anak
e. Gambar struktur penulangan fondasi

Selain gambar detail arsitektur, Anda juga masih dapat meminta beberapa gambar detail tambahan untuk pintu, jendela dan boven (ventilasi). Tentu bila Anda menginginkan sentuhan yang lebih khusus pada bagian itu. Untuk rumah standard, gambar detail di ketiga bagian tersebut tidak sangat diperlukan.

Untuk kebutuhan pembangunan rumah standard, gambar-gambar tersebut sudah cukup sebagai dasar penyusunan RAB. Apalagi kalau arsitek Anda sudah berpengalaman. Bila tipe bangunannya lebih besar, lebih shopisticated. Masih diperlukan gambar kerja.

Misalnya Anda ingin kamar mandi Anda di desain special baik bentuknya, maupun komposisi bahannya. Mulai dari marmer, kombinasi batu alam, dan lainnya. Di bagian tersebut mungkin diperlukan gambar kerja, karena tukang belum pernah membuatnya. Gambar kerja itu sebenarnya bagian dari kontraktor untuk membuatnya. Sebagai owner, Anda tidak sangat memerlukan gambar kerja, kecuali Anda mau mengerjakan sendiri.

Berikut ini contoh-contoh gambar struktur. Kelanjutan dari gambar arsitektur di sebuah rumah tinggal yang pernah dikerjakan Annahape Studio.

Gambar Struktur Pondasi

Gambar Detail Arsitektur Kamar Mandi

Tentang komponen-komponen dalam Rencana Anggaran Biaya, saya menulis dalam tip 19 (klik di sini).

Salam

bannerblogger_61-11.jpg

Mendesain dengan hati
Untuk layanan profesional hubungi Annahape Studio (klik)

Artikel Terkait
1.
Harga Jasa Arsitek, klik di sini
2.
Apa itu gambar Arsitektur, klik di sini
3. Desain rumah di lahan tak beraturan, klik di sini
4. Desain rumah minimalis, klik di sini

85 Replies to “Tip 18 Bangun Rumah/Desain Rumah: Contoh Dari Gambar Arsitektur ke Gambar Struktur”

  1. siang mba saya fery, saya sedang mencari seseorang yang bisa mengajari saya dalam berarsitek dan design interior.. bisa kah anda mengajari saya, terima kasih

  2. salam kenal mba… saya punya tanah ukuran 18 x 25 m. tanah menghadap ke selatan (jalan raya ) tolong dibikinkan desainnya dengan konsep minimalis tapi sirtkulasi bagus n ada tamannya

  3. Salam kenal, mbak…Saya berencana membangun rumah dgn ukuran bangunan P 16 x L 10 m diatas lahan P 17x L 16,5m, dengan konsep minimalis dan rumah tumbuh, juga pengen sinar matahari dan sirkulasi udara banyak masuk. Saya dan suami pengen punya:
    1. kamar tidur utama uk.4×5 m dengan kamar mandi kecil di dalamnya;
    2. 3 kamar tidur lainnya uk.3×4 dan 1 kamar pembantu/gudang;
    3. ruang tamu;
    4. ruang keluarga;
    5. kamar mandi luar sebanyak 2;
    6. dan dapur;
    7. teras depan.
    apakah dengan luas bangunan tersebut dapat memenuhi konsep diatas? Kita tidak ingin menggunakan AC.Sisa lahan yang ada akan dibuat garasi, taman dan jemuran.
    Saya minta tolong dong mbak dibuatkan design/sketsanya. Makasi banyak ya mbak….

  4. Tar update kan yang terbaru ya…??,
    soal ak suka kreasi seni arsitektur,
    dan gmana cara gambar saya dimuat.

  5. mbak saya memiliki tanah ukuran 6.8 x 25 M wilyah sidoarjo … dana yang saya miliki sekitar Rp. 70 juta …. kira2 dari dana sekian saya bisa membangun rumah seprti apa (biaya termasuk ongkos tukang per hari rp. 200 rb)…

    Rumah yang saya ingin kan ada gang kecil sebagai jalan alternatif dan untuk pertukaran udara … mohon diberikan penjelasan dan sedikit gambaran, terima kasih.

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: