Tip 22 Interior Apartemen: Budgetnya Bagaimana Mbak?

annhape.com Beberapa hari ini saya menerima email yang bernada sama. Salah satunya dari JS di Jakarta. Isinya mewakili beberapa email yang lain. Karena itu emailnya saya tampilkan dan saya jawab sekaligus untuk beberapa email yang lain.

Mbak Anna,

Kami baru membeli apartemen kecil. Untuk
mengetahui budget harga apabila menggunakan jasa Annahape Studio
(desain+furniture), apa saja informasi yang harus disampaikan?
Thanks

Jawaban saya:

Silakan Anda mengirim layout Apartemen Anda. Kalau tidak punya denahnya, bisa membuat sketsa saja, discan lalu filenya diemail ke saya. Anda juga bisa melihat denah yang pernah saya buat. Lihat di halaman Apartemen (klik di sini).

Dari layout itu Anda melihat ada beberapa ruang yaitu Ruang Tidur, Kamar Mandi, Dapur dan Ruang Duduk. Dari tiap ruang itu buatlah daftar furniture yang Anda butuhkan. Misalnya di Ruang Tidur: tempat tidur, nakas lemari, cermin dan sebagainya.

Perhatikan juga bahwa ada dua jenis furniture yaitu fixed furniture dan loose furniture. Yang dimaksud dengan fixed furniture adalah lantai, dinding dan plafon. Pada bagian ini apakah perlu diubah. Misalnya lantai akan diganti parket. Dinding perlu dicat ulang. Plafon akan diubah.Sedangkan yang dimaksud dengan loose furniture adalah furniture lepas seperti credensa, foyer, meja, kitchen set dan sebagainya.

Khusus kitchen set biasanya di apartemen sudah ada kitchen set beton. Apakah akan dipertahankan atau dibongkar. Kalau mau dibongkar bagaimana permukaannya nanti: akan diganti takon, granit atau marmer?

Perhatikan juga instalasi listrik dan telpon. Apakah ada yang perlu ditambah atau diubah. Juga di jendela, apakah akan dibuatkan gordyn atau vertical/horizontal blind. Selain itu baik juga menginformasikan barang-barang yang sudah Anda miliki yang akan dibawa. Misalnya TV, Kulkas dan sebagainya.

Kalau Anda belum membeli barang elektronik itu, saya sarankan Anda jangan membeli dulu. Karena akan jauh lebih baik membuat desain credensa/backdrop yang compact dengan ukuran TV atau Kitchen set dengan ukuran Kulkas. Karena kunci dari interior apartemen haruslah compact mengingat ruang yang tersedia tidak banyak. (Lihat tip 9 tentang interior apartemen)

Data-data itu dikirimkan kepada saya. Plus ceritakan juga tentang keinginan-kenginan Anda. Gaya interiornya: minimalis, retro, etnik dan sebagainya. Selain itu kebutuhan-kebutuhan khas yang Anda perlukan misalnya meja untuk computer atau rak buku.

Apakah dengan data kebutuhan itu, saya dapat menyusun budget interior? Belum. Karena harga furniture akan sangat ditentukan oleh spesifikasi bahan dan kerumitan desain. Paling-paling saya dapat memberikan perkiraan harga. Desain interior itu tidak dicharge kalau seluruh furniture nantinya akan dipercayakan di studio saya.

Sebenarnya anggaran untuk interior bisa tidak terbatas. Karena itu sebaiknya Anda membuat skala prioritas. Saya sendiri biasa menyarankan seluruh desain dibuat dulu. Lalu furniturenya dibuat secara bertahap sesuai dengan kemampuan.

Nah mengenai proses desain sendiri, saya sudah menulis di My Studio (Klik di sini). Proses desain itu nantinya akan merupakan proses diskusi yang intensif. Karena motto saya adalah membuat setiap desain unik, maka proses kreatif ini akan menjadi proses yang mengasyikkan baik untuk Anda maupun saya. Desainer sejatinya sebetulnya tetap Anda sendiri, saya membantu menuangkan personalitas Anda dalam desain. Semoga jawaban saya membantu.

Salam

bannerblogger_61-11.jpg

Mendesain dengan hati
Untuk layanan profesional hubungi Annahape Studio (klik)

Comments
2 Responses to “Tip 22 Interior Apartemen: Budgetnya Bagaimana Mbak?”
  1. erni mengatakan:

    Ibu Anna saya ingin mendesign kitchen set , rumah saya tipe minimalis ukuran 5×15. Saya ingin mengetahui berapa budgetnya.tq

  2. secret admire mengatakan:

    Mbak Anna, apakah Mbak memiliki platform minimal (budget minimal) dalam menangani interior untuk apartemen? Terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

  • Desain Interior

    Aneka Produk Design/Desain Interior di Annahape Workshop & Studio: 3D interior, konsep interior, interior warna cat, Wallpaper, kolam ikan, kolam renang, seni interior, pintu, Plafon, Foyer, Kamar/Ruang Tamu, Kamar Anak, Kamar Bermain, Meja Kerja, Meja Makan, Kursi Makan, Ruang Makan, Ruang Tidur, Bedroom, Bath room, Tempat Tidur, Lemari, Almari, Backdrop, Backwall, Sofa, Daybed, Puff, Dapur/Kitchen Set, Pantry, Home Theater.
    Kantor: Ruang Rapat, Ruang Direktur, Ruang Staff, Ruang Reseptionis, Lobby, Ruang Kerja, ruang sekretaris, interior kantor

  • Real Estate Blogs Real Estate Blogs - Blog Rankings

  • Desain Rumah /Arsitektur

    Jasa Arsitektur: Gambar Desain Arsitektur 3D, Gambar Kerja Arsitektur, Struktur dan RAB (Rencana Anggaran Biaya), Renovasi Rumah Menyeluruh, Desain Toko, Desain Restaurant, Desain Kantor, Bangun Rumah Tinggal, Master Plan, Landscape, Site Plan. Rumah mungil, besar, modern, mewah.

    Konstruksi Pengerjaan bangunan, rumah, ruko, rukan, kolam renang, villa, restoran. Termasuk carport, pagar dan taman

    Langgam, style, gaya:
    Etnik, Minimalis, Retro, Modern, Klasik, Tradisional, Eklektik, Mediteranian, Art Decoratif

  • Konsultasi & Jasa Profesional

    Annahape STUDIO (Didirikan Thn 2000)

    Informasi desain, produk, jasa/konsultasi profesional, jam/hari kerja, jadwal libur dan pekerjaan yang tidak dapat kami layani silakan klik:

  • Contact Annahape

%d blogger menyukai ini: