Tip 27 Desain Rumah Minimalis: Lebih dari Sekedar Gaya, Itu Filosofi Hidup

rumahminimalis.jpg annahape.com. Artikel Pilihan. Apa yang menarik dari desain rumah minimalis? Simpel, Elegan. Dan: lain dari pada yang lain. Tentu saja lain daripada yang lain, kalau lingkungan sekitar Anda tidak ada rumah minimalis. Tetapi kalau seluruh lingkungan bergaya minimalis, tentu jadinya seragam lagi.

Lebih daripada sekedar gaya atau model rumah, minimalis semestinya mencerminkan filosofi hidup Anda dan keluarga. Kalau tidak, konsep minimalis bukanlah konsep yang tepat untuk rumah Anda. Pertanyaannya: filosofi hidup macam apa yang cocok dengan konsep minimalis?

1. Anda lebih mementingkan yang esensial, yang mendasar, daripada segala ornamen atau hiasan. Bahasa lainnya: ambil yang penting saja, fungsional. Kalau itu bukan hal penting, boleh dibuang atau disingkirkan. Penerapannya dalam desain minimalis, misalnya di ruang duduk: sofa, coffee table, credensa mungkin sudah cukup. Ornamen ukiran tidak esensial untuk seorang yang bergaya minimalis. Dekorasi rumah seperti lukisan, vas bunga, dipilih sesedikit mungkin. Dan diletakkan sebagai aksen agar rumah tidak membosankan. Tetapi juga tidak penuh dengan barang. Di atas meja mungkin sebuah vas bunga yang simple sudah cukup. Di dinding, satu dua lukisan dan foto barangkali sudah lebih dari cukup.

2. Anda lebih mementingkan kualitas dari pada kuantitas. Sedikit tapi bermutu. Diterapkan dalam desain berarti: daripada banyak barang, desain minimalis hanya mengambil yang sungguh berguna dan disuka. Ruang banyak dibiarkan lega sebagai bagian dari interior itu sendiri. List plafon tidak diperlukan. Apalagi yang berukir-ukir dihindari. Justru pertemuan antara plafon dan dinding yang dibuat sangat rapi lebih diutamakan.

3. Anda menyukai kebersihan. Anda tidak biasa melihat meja makan yang penuh dengan makanan dan piring sepanjang waktu. Anda tidak bisa membiarkan kitchen set Anda penuh dengan piring kotor. Anda tidak bisa membiarkan tempat tidur yang berantakan ketika tidak dipakai. Anda tidak nyaman berada pada kamar mandi yang basah sepanjang waktu. Diterapkan dalam desain: berarti Anda ingin membuat semua sudut di ruangan/ atau dirumah mudah dibersihkan. Tidak ada permukaan yang sulit dijangkau untuk dibersihkan.

Foto berikut adalah contoh dari sebuah rumah dan dapur/ruang makan yang ditata dengan gaya minimalis. Foto di bawah ini bersumber dari sini.

dapurminimalis.jpgrumahminimalis.jpg

Apakah Anda seorang yang cocok punya rumah bergaya minimalis? Cobalah cek di kamar tidur atau di ruang tamu Anda. Berapa banyak barang yang tidak esensial di situ? Kalau ada banyak foto, ada banyak hiasan, ada banyak sovenir yang Anda pajang, mungkin Anda tidak cocok dengan gaya rumah minimalis.

Cek juga meja makan Anda: apakah Anda biasa membiarkan makanan dan jajanan ada di atas meja makan sepanjang waktu? Atau, Anda lebih suka meja makan yang kosong bersih tanpa taplak meja dan hanya tersedia makanan di saat makan. Selesai makan, semua dibersihkan. Hmm, mungkin Anda cocok punya rumah minimalis. Lihat foto di bawah, sebuah dapur/ruang makan di apartemen yang dibuat dengan gaya minimalis oleh studio kami

gading-mediterania-apartemen-ruang-makan.jpg

Tetapi, kalau Anda seorang kolektor barang Antik. Jangan paksakan membuat rumah minimalis.

Hot Post/Terbaru: Baca Kumpulan Denah Rumah Minimalis di Tip 67

Salam

bannerblogger_61-11.jpg

Mendesain dengan hati
Untuk layanan profesional hubungi Annahape Studio (klik)

Artikel terkait:
1. Furniture Minimalis, klik di sini
2. Desain kolam ikan di rumah klik di sini.
2. Desain kamar anak klik di sini
3. Tip mengecat rumah klik di sini, kombinasi warna cat pada dinding plafon lantai klik di sini
4. Langgam interior klasik atau modern klik di sini
5. Desain ruang kerja+perpustakaan di rumah, klik di sini
6. Desain pintu rumah, klik di sini
7. Tip biaya jasa desain arsitektur/interior. klik di sini, Rencana Anggaran Biaya, klik di sini
8. Contoh Gambar Arsitektur, klik di sini, Contoh gambar struktur, klik di sini
9. Komunikasi kami dengan Klien, klik di sini
10. Desain rumah di lahan tak beraturan, klik di sini
11. Desain rumah etnik dan asri, klik di sini

12 Pentingnya akurasi dalam desain minimalis (klik)

142 Replies to “Tip 27 Desain Rumah Minimalis: Lebih dari Sekedar Gaya, Itu Filosofi Hidup”

  1. Tulisan Mbak Ana jadi inspirasi dalam pengukuran kelayakan saya untuk melanjutkan konsep minimalis untuk rumah saya. Saya setuju bahwa konsep minimalis itu bukan sekedar trend, tapi memang menjadi cerminan karakter dan filosofi si pemiliknya. Thanks untuk tulisannya, boleh juga dong mbak contoh gambar-gambarnya juga untuk sofa2 yang manis ditempatkan di ruangan yang sempit:)

  2. Mbak Anna, saya pengen merubah kamar tidur anak. Luas 4,5mx8m. Saya ingin membuat kamar dg luas segitu bisa menjadi 3 kmr tdr anak, bisa gak ya. Dan sekalian furniture yg diperlukan bgmn bentuknya, Thanks berat.

  3. Mbak Anna yg semakin cantik dgn penampilannya, sayang gambar rumahnya tdk ditampilkan semua sehingga kita tdk bisa melihat betapa banyaknya pilihan model rumah minimalis yang kita inginkan

  4. Mba Anna Hape, salam kenal.
    Bisakah menolong saya untuk membuatkan denah rumah dengan ukuran luas bangunan 22m dan tanah 70m dimana rumah tersebut memiliki 1kamar tidur utama, 1kamar tidur tamu, 2 kamar tidur anak, ruang tamu, ruang keluarga, dapur dan ruang makan, ruang kerja jika memungkinkan, Kamar mandi + Cuci, serta masih memiliki space ruang untuk taman di belakang dan depan, dan estimasi biaya pembangunan, sebelumnya terimakasih banyak atas bantuannya.
    Semoga semakin sukses.

  5. bagaimana jika disediakan juga, contoh gambar + ukuran rmh minimalis, yang sudah jadi.., sehingga kami tinggal pilih saja yang kami inginkan, dan rangkum aja semua beserta total harganya apabila kami ingin bangun di daerah Banjarmasin, berapa totalnya ya Mba Anna..?
    very luck,,

  6. Dear Mbak Ana Hape.

    Wah ketepakan iki, saya mau bikin kantor minimalis, tapi lengkap ada meja kursi, tempat tidur, rak buku, dan tamu juga bisa enjoy, gimana ya mbak luas kamar aku 4.30 x 4 meter.

    Salam,
    Cak Arif

  7. Mba Anna Hape, salam kenal.
    Bisakah menolong saya untuk membuatkan denah rumah dengan ukuran tanah 12m x 15m dimana rumah tersebut memiliki 1kamar tidur utama, 1kamar tidur tamu, 2 kamar tidur anak, ruang tamu, ruang keluarga, dapur dan ruang makan yang mungkin bisa digabung, Kamar mandi + Cuci, serta masih memiliki space ruang untuk taman di belakang, TErimakasih banyak atas bantuannya.
    Semoga semakin sukses.

  8. saya setuju banget jika minimalis bukan sekedar gaya namun telah menyentuh dimensi filosofi hidup, terima kasih postingannya tak melulu teori teknis….saya sering lo mengunjungi blog ini.

    Terimakasih atas kunjungannya mbak, semoga tetap rajin berkunjung.

  9. Good Posting .. cool. Jarang ada yang saya baca tulisan tentang arsitektur yang menyangkut filosofi si pengguna bangunan. Yang ada adalah filosofi si perancang / arsitek-nya. Jadi sering ga matching antara yang menghuni dengan si perancang. Thanks mbak, atas postingannya.

    Mas Erander termasuk pengunjung setia, dan sejak awal mensupport blog ini. Terimakasih banyak, dari lubuk terdalam hati.

Tinggalkan Balasan ke danny Batalkan balasan

%d blogger menyukai ini: