Tip 27 Desain Rumah Minimalis: Lebih dari Sekedar Gaya, Itu Filosofi Hidup

rumahminimalis.jpg annahape.com. Artikel Pilihan. Apa yang menarik dari desain rumah minimalis? Simpel, Elegan. Dan: lain dari pada yang lain. Tentu saja lain daripada yang lain, kalau lingkungan sekitar Anda tidak ada rumah minimalis. Tetapi kalau seluruh lingkungan bergaya minimalis, tentu jadinya seragam lagi.

Lebih daripada sekedar gaya atau model rumah, minimalis semestinya mencerminkan filosofi hidup Anda dan keluarga. Kalau tidak, konsep minimalis bukanlah konsep yang tepat untuk rumah Anda. Pertanyaannya: filosofi hidup macam apa yang cocok dengan konsep minimalis?

1. Anda lebih mementingkan yang esensial, yang mendasar, daripada segala ornamen atau hiasan. Bahasa lainnya: ambil yang penting saja, fungsional. Kalau itu bukan hal penting, boleh dibuang atau disingkirkan. Penerapannya dalam desain minimalis, misalnya di ruang duduk: sofa, coffee table, credensa mungkin sudah cukup. Ornamen ukiran tidak esensial untuk seorang yang bergaya minimalis. Dekorasi rumah seperti lukisan, vas bunga, dipilih sesedikit mungkin. Dan diletakkan sebagai aksen agar rumah tidak membosankan. Tetapi juga tidak penuh dengan barang. Di atas meja mungkin sebuah vas bunga yang simple sudah cukup. Di dinding, satu dua lukisan dan foto barangkali sudah lebih dari cukup.

2. Anda lebih mementingkan kualitas dari pada kuantitas. Sedikit tapi bermutu. Diterapkan dalam desain berarti: daripada banyak barang, desain minimalis hanya mengambil yang sungguh berguna dan disuka. Ruang banyak dibiarkan lega sebagai bagian dari interior itu sendiri. List plafon tidak diperlukan. Apalagi yang berukir-ukir dihindari. Justru pertemuan antara plafon dan dinding yang dibuat sangat rapi lebih diutamakan.

3. Anda menyukai kebersihan. Anda tidak biasa melihat meja makan yang penuh dengan makanan dan piring sepanjang waktu. Anda tidak bisa membiarkan kitchen set Anda penuh dengan piring kotor. Anda tidak bisa membiarkan tempat tidur yang berantakan ketika tidak dipakai. Anda tidak nyaman berada pada kamar mandi yang basah sepanjang waktu. Diterapkan dalam desain: berarti Anda ingin membuat semua sudut di ruangan/ atau dirumah mudah dibersihkan. Tidak ada permukaan yang sulit dijangkau untuk dibersihkan.

Foto berikut adalah contoh dari sebuah rumah dan dapur/ruang makan yang ditata dengan gaya minimalis. Foto di bawah ini bersumber dari sini.

dapurminimalis.jpgrumahminimalis.jpg

Apakah Anda seorang yang cocok punya rumah bergaya minimalis? Cobalah cek di kamar tidur atau di ruang tamu Anda. Berapa banyak barang yang tidak esensial di situ? Kalau ada banyak foto, ada banyak hiasan, ada banyak sovenir yang Anda pajang, mungkin Anda tidak cocok dengan gaya rumah minimalis.

Cek juga meja makan Anda: apakah Anda biasa membiarkan makanan dan jajanan ada di atas meja makan sepanjang waktu? Atau, Anda lebih suka meja makan yang kosong bersih tanpa taplak meja dan hanya tersedia makanan di saat makan. Selesai makan, semua dibersihkan. Hmm, mungkin Anda cocok punya rumah minimalis. Lihat foto di bawah, sebuah dapur/ruang makan di apartemen yang dibuat dengan gaya minimalis oleh studio kami

gading-mediterania-apartemen-ruang-makan.jpg

Tetapi, kalau Anda seorang kolektor barang Antik. Jangan paksakan membuat rumah minimalis.

Hot Post/Terbaru: Baca Kumpulan Denah Rumah Minimalis di Tip 67

Salam

bannerblogger_61-11.jpg

Mendesain dengan hati
Untuk layanan profesional hubungi Annahape Studio (klik)

Artikel terkait:
1. Furniture Minimalis, klik di sini
2. Desain kolam ikan di rumah klik di sini.
2. Desain kamar anak klik di sini
3. Tip mengecat rumah klik di sini, kombinasi warna cat pada dinding plafon lantai klik di sini
4. Langgam interior klasik atau modern klik di sini
5. Desain ruang kerja+perpustakaan di rumah, klik di sini
6. Desain pintu rumah, klik di sini
7. Tip biaya jasa desain arsitektur/interior. klik di sini, Rencana Anggaran Biaya, klik di sini
8. Contoh Gambar Arsitektur, klik di sini, Contoh gambar struktur, klik di sini
9. Komunikasi kami dengan Klien, klik di sini
10. Desain rumah di lahan tak beraturan, klik di sini
11. Desain rumah etnik dan asri, klik di sini

12 Pentingnya akurasi dalam desain minimalis (klik)

142 Replies to “Tip 27 Desain Rumah Minimalis: Lebih dari Sekedar Gaya, Itu Filosofi Hidup”

  1. mba anna salam kenal,…………….saya ingin membangun rumah dengan luas tanah 8 x 15 mohon bantuan mba untuk mendesainnya.1 kamar tidur utama plus kamar mandi,1kamar tamu,2kamar anak,ruang tamu serta dapur plus ruang santai.makasi

  2. Hallo..mbak anna…bisa bantu saya khan…
    Gini mbak saya berniat mo rehab rumah, lahan kami punyai luas 161 m2 dengan uk 14 X 11,5 (P x L)…saat ini bangunan yg ada terdiri dari 3 KT (1 KT Utama, 2 KT Anak), dapur, 2 KM (1 KM didalam KT dan 1 KM diluar) dan garasi terlampir denah awal saya kirimkan…kami berencana mau membongkar 1 KT Anak dan membuat kembali KT Anak di tempat yg dulunya garasi sehingga tetap ada 3 KT dibawah, sedangkan KM mau di bongkar dan dipindahkan ke samping yg lahtuannya belum terpakai begitu juga dengan dapur…kami juga berencana untuk menambah 1 KT dilantai atas u/ Tempat Gosok, dan menjemur pakaian serta meletakkan perabotan…mohon bantuannya mbak hana untuk membuat kan denah dan gambar rumah yang cocok sesuai dengan konsep minimalisnya…thx mbak hana

  3. Manusia boleh berharap, seerti halnya saya yang berharap mba mo kirim sketsa design rumah minimalis, untuk tanah berkontur, luas tanah/bangunan 150m2/400 m2. walau seperti komentar sdra Ahmad (Kalo saya lihat coment2 yg masuk,jika tentang konsultasi design kok kayaknya nggak ditanggepin..emang ndak ada yang gratis ya di dunia ini.Tp saya jg maklum kok,ilmu kan mahal harganya.) benar adanya
    Salam!!!

  4. Mbak Anna, Mohon bisa bantu berikan sketsa design rumah minimalis, untuk luas tanah 90 M2 (lebar 9m panjang 10 m). Terdiri dari:
    1. tiga kamar tidur
    2. Ruang tamu terpisah dgn ruang keluarga
    3. Carport
    4. dua kamar mandi (satu ada di dalam kamar utama)
    5. dapur kering merangkap ruang makan.
    6. Mezanin diatas ruang keluarga (open area)
    7. taman kecil dalam rumah(taman kering) pakai glass waterfall

    Estimasi biaya berapa? Terima kasih sebelumnya.
    Salam

Tinggalkan Balasan ke Tip 76 Lho, Ini rumah siapa? Kok “gak gue banget”? « ANNAHAPE STUDIO desain rumah: desain interior + arsitektur rumah tinggal Batalkan balasan

%d blogger menyukai ini: