Site icon ANNAHAPE Arsitektur dan Interior

Tip 30 Lebih Jauh tentang Foyer, Cermin Kehangatan Penghuni Rumah

annahape.com Foyer (dibaca: foi r, foi , fwä y ), arti harafiahnya adalah ruang transisi dari bagian luar gedung/rumah ke bagian dalam. Atau kalau di Apartemen foyer adalah transisi dari luar ke dalam ruang apartemen Anda. Pada hakekatnya lobby kantor, hotel, hall di bagian paling muka adalah Foyer.

Berbeda dengan teras, foyer ada di dalam gedung dan bagian dari interior. Kalau mau mencermati ada banyak ruang dalam rumah atau gedung merupakan ruang transisi. Foyer hanya salah satunya, Yang lain adalah tangga dan koridor. Apa fungsinya? Bagaimana menata dekorasi foyer?

Dalam rumah modern, fungsi ruang tamu sudah sering dihilangkan. Banyak tamu yang datang ke rumah sudah diperkirakan, teman dekat atau keluarga. Jarang sekali tamu tak di undang, atau tamu tiba-tiba. Maka tamu rumah selalu berarti orang dekat yang bisa langsung di terima di ruang duduk (living room). Obrolan serius soal bisnis bisa dilakukan di luar rumah.

Nah foyer, berfungsi sebagai transisi, ruang selamat datang, dimana Anda membuka pintu, mengucapkan selamat datang, berbicara basa-basi, Lalu mempersilakan tamu masuk. Di foyer, tamu bisa meletakkan bawaan yang merepotkan: jas hujan, payung, kunci mobil atau tasnya. Atau mungkin sepatu yang basah/kotor.

Kadang orang mengkombinasikan fungsi foyer sebagai ruang untuk tamu yang datang cuma sebentar. Sales yang menawarkan barang, kurir yang mengambil titipan, atau pak RT yang mengumpulkan iuran warga. Maka di foyer bisa diletakkan dua kursi dan sebuah meja kecil. Kalau begitu Anda pun dapat memanfaatkan foyer tempat Anda membaca koran pagi.

Sebagai ruang transisi, foyer mungkin dapat kelihatan dari luar rumah, yaitu saat pintu dibuka lebar-lebar. Dan Anda tidak perlu kawatir orang melihat isi dalam rumah Anda dari luar. Udara dapat masuk, bagian interior rumah yang menawan sudah kelihatan, tetapi privacy Anda tetap terjaga.

Pilihan warna cat yang hangat, penataan lampu yang tepat, sebuah lukisan, cermin atau meja kecil dan sebuah vas bunga, dapat memperkuat fungsi foyer. Foyer lalu menjadi semacam undangan, ungkapan selamat datang, dan janji suasana hangat yang akan diterima tamu di dalam rumah.

Salam

Mendesain dengan hati
Untuk layanan profesional hubungi Annahape Studio (klik)

Sumber foto (1,2,3)


Exit mobile version