Tip 31 Kesalahan-kesalahan dalam Mendesain Kitchen Set

kitchen-set.jpgannahape.com Kitchen set mungkin salah satu dari bagian interior yang banyak memakan biaya. Anda mungkin tertarik dengan sebuah kitchen set design di pameran, atau di rumah teman. Lalu Anda ingin mengubah desain kitchen set di rumah. Atau mungkin Anda ingin mengisi rumah baru atau apartemen baru.

Sekali waktu mungkin Anda ingin mendesain sendiri Kitchen Set di rumah. Untuk Anda ketahui, mendesain kitchen set meliputi persiapan yang sangat teliti disertai dengan pengukuran yang tepat. Saya ingin menyampaikan kesalahan yang sering dilakukan dalam desain kitchet set. Harapan saya Anda dapat melakukannya dengan lebih baik bila dapat menghindari kesalahan ini sejak awal.

Inilah hal-hal yang Anda harus perhatikan sebelum mendesain

kitchen-set.jpg

website tracker

Unsur biaya dan waktu adalah unsur vital yang harus dipertimbangkan. Mengubah lantai, plafon atau dinding kadang menjadi tuntutan bagi desain kitchen set baru. Bahkan mungkin Anda harus membongkar dinding. Anda harus melakukan pengukuran yang akurat sebelum mengubah pintu, jendela bahkan arah datangnya sinar matahari. Tidak lucu rasanya separuh jendela akan tertutup kitchen set karena salah mengukur. Atau Anda terpaksa membuat list tambahan, gara-gara ada celah 5 cm antara kitchen set dengan plafon.

Kitchen set desain sering berarti mengintegrasikan berbagai alat elektronik di dalamnya. Di antaranya: kulkas, microwave, kompor, tabung gas. Selain itu instalasi listrik, air bersih/kotor harus dipertimbangkan. Kalau Anda tidak menguasai, sebaiknya instalasi listrik dan air diserahkan kepada ahlinya saja.

Selain itu perhitungkanlah berbagai koleksi peralatan yang akan di simpan dalam kitchen set. Anda mungkin mempunyai sebuah panci besar yang tidak dapat dimasukkan, gara-gara lupa memperhitungkan.

Intinya, semuanya itu harus diukur secara akurat, jangan sampai terjadi kesalahan. Jangan terlalu percaya pada mata Anda, lakukan pengukuran! Permukaan dinding tidak dapat diandaikan rata. Sisi kiri dan kanan tembok tidak selalu sama panjang. Banyak pemilik rumah/apartemen tidak menyadari kesalahan pengukuran, dapat berakibat fatal pada desain dan menyebabkan tambahan ongkos yang tidak sedikit.

Untuk amannya, dalam hal waktu dan biaya, sebaiknya anda overestimate, jangan underestimate biaya dan keterlambatan waktu pengerjaan. Kalau pun Anda meminta jasa profesional, Anda tetap harus memperhitungkan waktu yang memadai untuk mengerjakan semua itu. Kesalahan yang umum terjadi, adalah schedule yang overlapping antara tukang/profesional yang satu dengan yang lain.

Countertop atau top table perlu Anda tentukan sejak awal. Apakah akan menggunakan marmer, granit atau beton berlapis keramik. Kelak, masing-masing memerlukan perawatan khusus agar senantiasa tampak bersih dan baik.

Kesalahan yang sering dilakukan dan terlupakan adalah kesesuaian dengan seluruh interior rumah baik warna maupun model. Aneh rasanya ketika seluruh rumah penuh ukiran tradisional sementara kitchen set Anda bergaya minimalis modern (lihat foto di atas). Baca juga tip 50 (Prinsip-prinsip layout kitchen set) Serta  beberapa contoh kitchen set (Tip 66 dan Tip 78 )

Salam

bannerblogger_61-11.jpg

Mendesain dengan hati
Untuk layanan profesional hubungi Annahape Studio (klik)

32 Replies to “Tip 31 Kesalahan-kesalahan dalam Mendesain Kitchen Set”

  1. mbak saya mau minta saran ne, aq punya rumah yang tidak begitu besar. aq mau bikin kitchen set tp ukurannya gak begitu besar krn luas dapur yang tersedia cuma 2×6 cm. klu bisa aq minta sekalian digambarin ya mbak, thank’s…

  2. Mbak Anna, aku baru punya rumah di daerah Depok dengan ukuran LT 84m2, LB 42m2. Aku punya rencana untuk membuat dapur sekaligus tempat menjemur pakaian diatas dapur, kira-kira ukuran yang akan dibangun adalah 5mx3m. Boleh minta contoh design untuk rumah mungil dan dapur mungilku ga, Mbak? Tks.

  3. makasih atas trik-trik nya mb. sy mau bikin kict set, sementara sy dikalimantan. gmn caranya biar sy bisa pake jasanya mb anna dalam disagn nantinya????

  4. mba ana, sy baru baca artikel ini jadi terarik nich, soalnya saya dah lama mau bikin kitchen set tp gak jadi terus karena gak tahu ttg model yang dan ukuran yang pas, takutna pas datang ke tmpt sana sy tertarik oleh yang pengusaha tp sebenarnya gak cocok buat dapur saya, mba tolong dong trik apa saja yang harus kita liat dalam pembuatan kitche set lalu dapur saya sudah ada meaja keramik yang panjang dan dapurnya culup luas, modela apa yah yang cocok, thanks

  5. mbak ana, kebetulan aku baru beli rumah yg dapur, ruang makan, ruang tamu n ruang keluarga relatif nyatu. bisa minta saran g ya? thanks bgt

  6. Mbak anna hape…:), lam kenal…im fahmee arkitek from jogja, btw selamat yah atas situsnya yang telah mendunia…:), btw kapan lagi neh postingan terbarunya bakal muncul…., kita tunggu loh…hehehe..keep posting and be the best of you…

  7. habis lebaran ini baru aja buka webnya anna hape… ehh malah dapet artikel mengenai kesalahan dalam mendesain kitchen set…..soalnya aku lagi cari model untuk dapur di rumah yg baru saya renov….. makasih artikelnya…. bisa di bantu gaak yaah desain yang cocok untuk dapurku seperti apa…?

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: