Tip 39 Lantai Parket (Parquet Floor), Pilih Parket Kayu Solid, Laminate atau Veneer?

annahape.com Tidak perlu dipertanyakan lagi, lantai parket, lantai kayu cocok untuk semua langgam gaya: rumah minimalis, modern, rumah etnik, rumah mediterania, apartemen minimalis, eklektik, rumah tropis, rumah minimalis tropis. Tetapi apa saja jenis parket yang ada?

Lantai parket pun bisa diaplikasikan di hampir semua interior desain rumah atau dekorasi ruang. Mulai dari desain teras luar, desain foyer, desain ruang tamu, desain ruang keluarga, ruang makan, ruang tidur sampai desain interior home theater. Mengapa? Karena selain fungsinya yang membuat ruang lebih hangat, lantai parket menjadi simbol yang mewah dan elegan.

Material kayu untuk parket di Indonesia, umumnya berjenis kayu jati, kayu merbau, kayu kelapa, kayu sungkai, kayu sonokeling, kayu bengkirai dan kayu ulin. Yang terakhir ini terbilang mahal dan agak sulit dicari. Kalau parquet import biasanya berjenis, oak, lime, cherry, walnut atau maple. Bentuk parket juga beragam mulai dari bujur sangkar, empat persegi panjang atau segitiga. Dan parket dapat juga dibentuk dengan pola kurva, lingkaran, kalau Anda memesannya secara khusus. Gambar dibawah ini adalah contoh parket yang disusun seperti medali

Nah, sekedar berbagi pengetahuan ada 3 jenis parket yang sebaiknya Anda tahu yaitu solid parquet, laminate parquet dan veneer parquet.

Parket kayu solid, artinya seluruh parket terbuat dari potongan kayu solid, dengan ketebalan sekitar 1,5 cm. Kelebihannya, sesuai dengan harganya yang dapat lebih 3 kali lipat dari parket laminate, yaitu Anda setiap kali dapat merefinshing sebanyak Anda suka. Kesan mewah dan empuk akan Anda dapatkan. Kelemahannya adalah, rentan terhadap rayap untuk jenis kayu tertentu. Contoh gambar di bawah adalah parket solid jati dalam interior rumah minimalis.


Parket laminate, tidak terbuat dari kayu (faux wood). Pabrik laminate mengembangkan berbagai bahan antara lain dari fiber yang diolah menyerupai kayu, Kadang laminate ini dilapis dengan plywood di bagian bawahnya. Di banding ke dua jenis laminnya, parket laminate terbilang paling murah. Kelemahannya adalah, laminate tidak dapat direfinishing, dan harus diganti bila rusak. Kecanggihan teknologi bahkan dapat membuat motif parket laminate motif bambu. Contohnya sebagai berikut.

Parket vinir (veneer parquet) adalah kombinasi solid kayu dipermukaannya, dan plywood atau kayu kualitas rendah dibagian bawahnya. Ketebalan solid kayu biasanya sekitar 5mm. Vinir parket dapat difinish ulang tetapi tidak sesering parket solid. Gambar di bawah adalah contoh parket vinir empat persegi panjang,

Kalau suatu ketika Anda bermaksud membeli rumah dengan iming-iming lantai parket, ceklah jenis parketnya serta kapan parket itu dipasang. Kalau itu terbuat dari kayu solid, semakin tua harganya semakin mahal. Kalau dari laminate, semakin tua umur pemasangan, siap-siaplah merogoh kocek untuk menggantikannya.

Salam
bannerblogger_61-11.jpg
Annahape

Comments
19 Responses to “Tip 39 Lantai Parket (Parquet Floor), Pilih Parket Kayu Solid, Laminate atau Veneer?”
  1. SamudraWood berkata:

    saya ada Jual Parket Solid dengan Kualitas Ex German ,Finishing Pabrik dengan ultraviolet ( lebih bagus untuk kesehatan dibandingkan dengan finishing saat pemasangan ) . Parket solid terdiri dari :
    1. Kayu Kempes Rp. 380.000,- / m2
    2. Kayu Merbau Rp. 400.000,-/ m2
    3. Kayu Kelapa Rp. 380.000,-/ m2
    dan masih banyak kayu lainnya seperti kayu Jati, Kayu Kulim, Kayu Bangkirai, kayu Sonokeling. harga kompetitif dengan kualitas bagus. ]

    Apabila anda ingin memasang lantai kayu dari kami , Hubungin kami di 0819.807.168 dan 021.92.5555.98.

  2. Musuh utama lantai kayu adalah air.. Walaupun dikatakan lantai kayu itu sudah di coating untuk tahan air, tapi apabila tergenang air dalam waktu lama, lantai ini akan rusak atau terdegradasi.
    Banyak orang yang beranggapan bahwa semua tukang bangunan pasti mampu memasang lantai kayu dengan baik, padahal dlm prakteknya diperlukan sense of arts dari si tukang agar lantai yang dipasang menjadi indah. Susunan panjang pendeknya kayu, penyusunan motif serat kayu, dan finishing saat pemasangan (untuk lantai solid unfinished) merupakan faktor2 yang menentukan keindahan lantai kayu.
    Apabila anda ingin memasang lanti kayu, kami siap membantu, hubungi kami di 0815.131.020.19 atau kunjungi website kami.

  3. John berkata:

    Saya ada long strip jati,juga ada flooring sonokeling.
    Kalau minat bisa saya supply asal harga cocok,atau bisa datang ke tempat saya di pandaan.

  4. ayub berkata:

    saya mau pasang lantai parket buat di lantai atas cocoknya untuk jenis yang mana ya? terus kalo harganya berapa dan bisa didapat dimana,saya tinggal di sekitar ciledug,tangerang,thanks

  5. Sri berkata:

    Ceritanya, aq mau bikin kamar mandi, ada nuansa kayunya..kalau lantai kayu di daerah basah, kamar mandi misalnya, mungkin nda mbak?ada jenis tertentu?dimana nyarinya?
    kalo menggunakan keramik tapi motif kayu, bagus nda mbak?
    Aq nyoba cari keramik motif kayu yang ukurannya persegi panjang, misal ukurannya 15x45cm, susah banget.adanya yang 45×45 atau 20×20.
    Mbak bisa tolong aq dimana ngedapetinnya?
    Thx mbak…

  6. rasy berkata:

    saya pingin tau bagaimana proses pemasangan lantai kayu

  7. deteksi berkata:

    hm… saya ingin bikin rumah yang lantainya parquet kayu jati solid, bukan HDF/MDF..

    lebih awet mana ya?

Trackbacks
Check out what others are saying...
  1. […] So that, if you want to buy a home which is featuring parquet floor within, you’d better check the kind of parquet first. Because, whatever parquet that you will choose, the most important consideration is that the older of solid parquet, the better for your living. But the older of Luminate Parquet, the worse to your living cost. [via] […]



Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

  • Desain Interior

    Aneka Produk Design/Desain Interior di Annahape Workshop & Studio: 3D interior, konsep interior, interior warna cat, Wallpaper, kolam ikan, kolam renang, seni interior, pintu, Plafon, Foyer, Kamar/Ruang Tamu, Kamar Anak, Kamar Bermain, Meja Kerja, Meja Makan, Kursi Makan, Ruang Makan, Ruang Tidur, Bedroom, Bath room, Tempat Tidur, Lemari, Almari, Backdrop, Backwall, Sofa, Daybed, Puff, Dapur/Kitchen Set, Pantry, Home Theater.
    Kantor: Ruang Rapat, Ruang Direktur, Ruang Staff, Ruang Reseptionis, Lobby, Ruang Kerja, ruang sekretaris, interior kantor

  • Real Estate Blogs Real Estate Blogs - Blog Rankings

  • Desain Rumah /Arsitektur

    Jasa Arsitektur: Gambar Desain Arsitektur 3D, Gambar Kerja Arsitektur, Struktur dan RAB (Rencana Anggaran Biaya), Renovasi Rumah Menyeluruh, Desain Toko, Desain Restaurant, Desain Kantor, Bangun Rumah Tinggal, Master Plan, Landscape, Site Plan. Rumah mungil, besar, modern, mewah.

    Konstruksi Pengerjaan bangunan, rumah, ruko, rukan, kolam renang, villa, restoran. Termasuk carport, pagar dan taman

    Langgam, style, gaya:
    Etnik, Minimalis, Retro, Modern, Klasik, Tradisional, Eklektik, Mediteranian, Art Decoratif

  • Konsultasi & Jasa Profesional

    Annahape STUDIO (Didirikan Thn 2000)

    Informasi desain, produk, jasa/konsultasi profesional, jam/hari kerja, jadwal libur dan pekerjaan yang tidak dapat kami layani silakan klik:

  • Contact Annahape

%d blogger menyukai ini: