Site icon ANNAHAPE Arsitektur dan Interior

Tip 40 Apa Yang Harus Anda Pertimbangkan Ketika Memilih Warna Cat Dinding atau Warna Furniture?

annahape.com Pilihan warna cat dinding rumah, warna cat rumah, sekarang ini hampir tidak ada batasnya. Kalau misalnya Anda pergi ke Mitra 10, atau Depo Bangunan, Anda akan menjumpai counter khusus untuk mengoplos atau membuat kombinasi warna cat sesuai keinginan. Anda. Bagaimana rumus memilih cat tembok?

Tidak ada rumus umum tentang pilihan warna cat rumah. Pilihan warna cat adalah sebuah seni. Dan dalam seni ada kebebasan. Warna cat rumah atau ruang terutama mencerminkan kepribadian dan gaya hidup pemilik atau pemakainnya. Namun begitu, ketika Anda memilih warna cat rumah, sebaiknya mempertimbangkan ruang mana yang akan Anda cat: cat ruang tidur, cat ruang tamu, cat eksterior (ruang luar), atau cat ruang keluarga. Mungkin juga Anda sekarang sedang ingin memperbaharui warna cat kantor, cat apartemen atau warna cat toko. Beberapa hal berikut sebaiknya Anda perhatikan:

Ukuran Ruang – ruang yang lebih kecil akan kelihatan lebih besar dengam warna muda pada dinding dan warna netral untuk furniture. (Sisihkan warna-warna cerah untuk pola-pola yang menarik dari asesoris urang seperti bantal sofa, pot bunga, kap lampu, atau lukisan/gambar). Anda dapat menggunakan cat bertekstur bila tidak ada banyak pola untuk dekorasi ruang. Contoh cat dinding dengan tekstur:

Lokasi Bangunan– kontraktor cat yang berpengalaman umumnya menyarankan agar ruangan di rumah daerah tropis dengan warna sejuk atau atau netral. Warna dinding bernuansa hijau, biru atau ungu akan membangun perasaan sejuk.

Lokasi Ruangan – ruangan yang menghadap utara, barat laut atau barat daya cenderung mendapatkan sinar mahatahari tidak langsung. Warna cat dinding ruang yang tidak langsung mendapat sinar matahari sebaiknya menggunakan warna yang lebih hangat seperti warna yang bernuansa kuning (yellow chiffon), coklat, soft peach. Untuk ruangan yang banyak menerima sinar matahari, Anda sebaiknya mengurangi tone warna dan menggunakan warna sejuk seperti warna bernuansa hijau, biru, abu-abu atau lavender.

Tipe ruang – kamar tidur untuk orang dewasa biasanya menggunakan warna yang nyaman, kalem dan tenang – yang kondusif untuk tidur. Untuk kamar Anak biasanya dipilihkan warna yanglebih menstimulus yaitu warna cerah.Warna ruang kantor biasanya menggunakan warna yang hangat dan warna-warna dasar.

Bentuk ruang – ruang yang panjang dan sempit akan kelihatan lebih lebar bila salah satu sisi atau kedua sisi yang lebih pendek diberi warna cat yang cerah atau gelap; sementara sisi yang lain menggunakan warna pucat yang matching. Untuk uangan berbentuk kotak tanpa jendela besar, atau focal point dapat ditambahkan suatu warna dengan aksen kuat disalah satu dindingnya. Hal ini akan membuat ruangan lebih berkarakter dan lebih menarik. Misalnya: tiga dinding berwarna putih dan satu dinding diberi cat unggu.

Tinggi ruang – warna putih pada plafon akan menambah kesan tinggi, dan warna gelap pada plafon akan memberi kesan ruangan lebih pendek. Ruangan besar dengan plafon yang tinggi akan terasa lebih nyaman bila dibuat drop ceiling dengan aksen tertentu seperti wallpaper pada tepinya, baik di atas maupun bagian bawah dinding.

Baca juga Tip 21 (Harmonisasi Warna Kontras) dan Tip 15 (Kombinasi Warna Plafon, Dinding, Lantai)

Salam

Annahape


Exit mobile version