Tip 44 PALET WARNA, Bantuan Membuat Kombinasi Desain Warna Cat Interior/ Eksterior Rumah

annahape.com Masing bingung menentukan paduan warna cat tembok/dinding rumah, apartemen atau kantor? Dalam beberapa tip (6,15,21, dan 40)saya berulang berbicara tentang warna cat tembok/cat rumah/cat dinding, sebagai bagian penting dari desain interior maupun eksterior. Untuk sebagian Anda tip saya itu rupanya masih belum cukup praktis, applicable. Misalnya, warna biru cocoknya dengan warna Apa? Kalau Merah?

Nah untuk membantu Anda yang ingin membuat kombinasi warna, palet yang saya peroleh dari visibone.com dapat membantu.

Sebelum Anda menggunakan palet warna itu, baiklah Anda tahu bahwa ada 3 kelas warna yaitu:

Warna Primer, yaitu merah, biru dan kuning

Warna sekunder, kalau Anda membuat kombinasi di antara ketiga warna tersebut, Anda akan mendapatkan warna: orange, hijau dan ungu.

Warna Tersier, kemudian, kalau Anda membuat kombinasi antara ketiga warna sekunder Anda mendapakat enam warna. So, total warna “dasar” menjadi 12, dan biasanya disebut sebagai roda 12 warna. Dengan warna hitam dan putih di tengahnya sebagai warna yang netral. Penambahan warna netral ke 12 warna lain akan membuat intensitas warna menjadi berbeda. Tambahan warna putih membuat warna menjadi lebih muda. Tambahan warna hita akan membuat warna menjadi lebih gelap. Dan warna abu-abu akan meningkatkan tone warna.

Umumnya, dalam pelajaran tentang komposisi atau kombinasi warna dikenal tiga aturan dasar yaitu:

Pertama, Warna Sekeluarga selalu welcome. Kebanyakan warna selalu baik dipadukan dengan warna dari satu keluarga – warna merah dengan warna merah lainnya, hijau dengan hijau. Orang kadang menyebutnya sebagai skema monokromatik: semua warna diturunkan dari satu warna tunggal.

Kedua, Warna yang bertetangga adalah teman. Anda dapat memadukan satu warna dengan warna yang bertetangga. Misalnya warna merah dengan orange atau violet. Kombinasi ini biasanya disebut skema analog.

Ketiga, Warna Berlawanan itu menarik. Paduan warna komplementer, atau kontras. Setiap warna mempunya pasangan natural, yaitu warna yang berlawanan (180 derajat). Itu sebabnya merah dan hijau dapat kelihatan bagus bila dikombinasikan. Warna hangat berkomplementer dengan waran sejuk dan sebaliknya, Orang menyebutnya sebagai skema komplementer.

Fakta lain tentang warna

Panas dan dingin. Setiap warna mempunyai suhu. Entah panas, yaitu kelompok warna di spektrum merah/kuning. Atau dingin sejuk – yaitu kelompok warna pada spektrum biru/violet.

Gelap dan Terang. Sebuah warna dapat dibuat lebih terang atau gelap.

Cerah atau Kalem. Cerah atau kalem terkait dengan intensitas warna atau kroma. Intensitas warna dapat di kelompokkan menjadi pure, bright dan brillian. Warna dengan intensitas/chroma rendah akan menjadi lebih kalem.

Contoh (dari BEHR) di bawah ini adalah paduan warna dari keluarga unggu/purple/violet, dengan permainan intensitas warna atau kroma pada sebuah ruang. Hmm, bagaimana? Apakah Anda dapat menemukan warna-warna dalam foto di Palet Warna? Berapa Warna?

Sekarang coba refleksikan salah satu ruangan di rumah, apartemen atau kantor Anda? Bagaimana Anda menilai komposisi warnanya?

Kalau teori tentang warna terlalu membingungkan, dan membuat Anda kawatir interior rumah Anda jadi kacau balau, ingat saja ini: warna untuk interior rumah jarang sekali bercorak warna-warni nan tajam. Ada dua kelompok yang paling sering dipakai: pertama: kuning dengan krem, ungu/biru-keunguan. Dan (campuran) merah-orange atau warna teracota dengan warna peach pucat. (Yang belum membaca Tip 6 (tentang tip mengecat),Tip 15 (Efek Warna Dinding Lantai Plafon), Tip 21 (Harmonisasi Warna Kontras) , dan Tip 40 (Warna dan ruang), saya sarankan untuk membacanya).

Salam

bannerblogger_61-11.jpg

Mendesain dengan hati
Untuk layanan profesional hubungi Annahape Studio (klik)

Iklan
Comments
40 Responses to “Tip 44 PALET WARNA, Bantuan Membuat Kombinasi Desain Warna Cat Interior/ Eksterior Rumah”
  1. amir berkata:

    pagi mbak ana saya mau tanya kalau warna yg bagus buat muka rumah apa ya saya pengen kombinasi?

  2. Yesri berkata:

    mbk mo tanya kalo warna cat tembok untuk kmr tidu yang bikin nyaman apa ya… buat gambaran lantai keramik hijau muda, furniture warna coklat kayu, selama ini saya pake warna hijau marine blue… rencana mo say kombinasi bagusnya warna apa.trims

  3. robby kuswanto berkata:

    mbak saya minta masukan paduan warna hijau Toska dengan warna apa ya ?saya untuk exterior rumah..saya tunggu jawaban dari mbak. ..thanks B 4

  4. Paulus BP berkata:

    Mbak saya mau minta saran, saya mau merenovasi rmh saya type 36 kebetulan rmh saya tersebut ada dihook jd ada tanah lebih, kondisi rmh sekarang masih asli type 36 saya ingin membuat dapur dan tempat cuci serta tambahan kamar/ ruang keluarga pada tanah yang masih kosong tersebut , sebagai tambahan tanah tambahan yang ada 3/4 dari luas tanah aslinya. bagaimana solusi yang paling optimal untuk memanfaatkan tanah yang ada itu. Terima kasih atas saran dan Bantuannya. Sukses selalu

  5. Agriani berkata:

    Mbak Ana, senang membaca/mempelajari artikel/tulisan2 nya.
    Mbak, saya mau minta saran. Sy sedang bangun rumah dengan dapur ukuran 2×4 m. setelah sy baca artikel mbak, bentuk dapur yg paling efisien adalah bentuk L. sy coba rancang, tp gak bisa krn sisi dapur yg berukuran 2m digunakan untuk pintu, dan satu sisi yan lai (ukuran 4m) digunakan untuk jalan masuk ke ruang keluarga. Bagaimana solusi yang paling optimal dan fungsional? Trimakasih atas saran & bantuannya. Sukses selalu…

  6. wanti berkata:

    hallo mba ana
    salam kenal
    Mba mau nanya rumah saya luas tanah 120 m, bangunan 66 saya mau kasih tirai tapi biar kesannya luas pakai bahan yg gimanaya mba n modelnya sepertia apa

    trima kasih

    wanti

  7. Ari Anas berkata:

    unvitex atau vinilex

  8. agus berkata:

    saya mau bikin rumah dengan ukuran bangunan 7 m x 12 m, dengan 1 kamar tidur utama kamar mandi di dalam dan 2 kamar tidur dan dengan 1 kamar mandi ,dan dapur dan ruang tamu + ruang keluarga,tolong dibuatkan gambar denah dan RAB nya, trima kasih atas bantuannya.

  9. agus berkata:

    saya mau bikin rumah dengan ukuran bangunan 7 m x 12 m, dengan 1 kamar tidur utama kamar mandi di dalam dan 2 kamar tidur dan dengan 1 kamar mandi ,dan dapur dan ruang tamu + ruang keluarga,trima kasih atas bantuannya.

  10. reena berkata:

    salam kenal mbak anna……
    ayah saya bingung mau bangun sisa tanah dibelakang rumah.
    luas tanah 6,5 x 21 = 136,5 m2
    yang sudah dibangun 6,5 x 18 = 117m2
    rencana mau bangun sisa tanah 6,5 x 10 untuk 2 lantai.
    lantai 1 : mushola, dapur, 2 kamar mandi, dan gudang.
    lantai 2 : 3 kamar.
    mbak minta tolong informasi, gambaran denah dan perkiraan biayanya dong…..
    trimaksih sebelumnya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

  • Desain Interior

    Aneka Produk Design/Desain Interior di Annahape Workshop & Studio: 3D interior, konsep interior, interior warna cat, Wallpaper, kolam ikan, kolam renang, seni interior, pintu, Plafon, Foyer, Kamar/Ruang Tamu, Kamar Anak, Kamar Bermain, Meja Kerja, Meja Makan, Kursi Makan, Ruang Makan, Ruang Tidur, Bedroom, Bath room, Tempat Tidur, Lemari, Almari, Backdrop, Backwall, Sofa, Daybed, Puff, Dapur/Kitchen Set, Pantry, Home Theater.
    Kantor: Ruang Rapat, Ruang Direktur, Ruang Staff, Ruang Reseptionis, Lobby, Ruang Kerja, ruang sekretaris, interior kantor

  • Real Estate Blogs Real Estate Blogs - Blog Rankings

  • Desain Rumah /Arsitektur

    Jasa Arsitektur: Gambar Desain Arsitektur 3D, Gambar Kerja Arsitektur, Struktur dan RAB (Rencana Anggaran Biaya), Renovasi Rumah Menyeluruh, Desain Toko, Desain Restaurant, Desain Kantor, Bangun Rumah Tinggal, Master Plan, Landscape, Site Plan. Rumah mungil, besar, modern, mewah.

    Konstruksi Pengerjaan bangunan, rumah, ruko, rukan, kolam renang, villa, restoran. Termasuk carport, pagar dan taman

    Langgam, style, gaya:
    Etnik, Minimalis, Retro, Modern, Klasik, Tradisional, Eklektik, Mediteranian, Art Decoratif

  • Konsultasi & Jasa Profesional

    Annahape STUDIO (Didirikan Thn 2000)

    Informasi desain, produk, jasa/konsultasi profesional, jam/hari kerja, jadwal libur dan pekerjaan yang tidak dapat kami layani silakan klik:

  • Contact Annahape

%d blogger menyukai ini: