Tip 50 Kitchen Set Design, Layout atau Denah Kitchen Set. Apa saja yang sebaiknya Anda Tahu

annahape.com Kalau Anda merencanakan kitchen set, tentu Anda perlu yakin bahwa desain kitchen set yang Anda buat akan sangat fungsional, efisien dan menyenangkan, dan secara fisik nyaman untuk bekerja. Mendapatkan kualitas cabinet serta perangkat dapur yang berkualitas tentu penting. Tetapi jauh lebih penting adalah mendesain tata letak dan serta dimensi ukuran yang tepat.

Nah sebelum Anda mendesain atau merenovasi Kitchen set idaman baiklah memperhatikan beberapa prinsip berikut.

Pertama, konsep tradisional: segitiga kerja (Work Triangle)


Para desainer umumnya sepakat bahwa ada tiga titik utama dari dapur yaitu: cleanup, mixing dan cooking. Cleanup atau tempat bersih-bersih meliputi, sink (dan mesin cuci piring), tempat untuk piring kotor, kran, tempat sabun, dan tempat piring-sendok-gelas, untuk kebutuhan rutin. Berdekatan dengan tempat bersih-bersih adalah kulkas.

Mixing atau tempat meracik harus ditata dan cukup dekat dengan alat masak yang paling sering dibutuhkan: pisau, talenan, manguk dan sebagainya. Cooking center meliputi kompor, serta tempat sementara untuk makanan panas. Kabinet untuk meletakkan bumbu, panci, penggorengan, diltekkan tidak jauh dari kompor.

Layout dapur idealnya menggambarkan relasi optimal antara sink (tempat cuci)+tempat meracik, kompor dan kulkas. Itu sebabnya relasi optimal ini disebut segitiga kerja. Idenya adalah kalau tiga hal ini berjarak terlalu jauh, pekerja dapur atau ibu rumah tangga harus bekerja lebih berat karena banyak langkah/jalan yang tidak berguna. Sebaliknya bila terlalu dekat, titik-titik kesibukan kerja dapur mungkin menjadi tumpang tindih.

Dalam sketsa di bawah saya memperlihatkan segitiga kerja dalam dapur berbentuk L, U, dan bentuk Galley.

Kedua konsep modern: multiple working centres
Dapur yang di desain lebih modern, memperkenalkan konsep island layout. Asumsinya adalah kebanyakan orang, karena kesibukan kerja, cenderung memilih makanan yang semi siap saja: bumbu jadi, makanan kaleng, makanan siap goreng atau rebus dan sebagainya.

Selain itu, keluarga modern cenderung beranggapan, siapa saja mestinya dapat bekerja di dapur. Tidak hanya ibu rumah tangga (atau pembantu rumah). Hal ini sejalan dengan perubahan peran suami-istri, dan kesetaraan pembagian kerja rumah tangga di antara anggota keluarga, Selain itu, dapur modern juga menambahkan satu fungsi dapur yaitu sebagai tempat saji, yaitu tempat untuk menata makanan panas yang selesai dimasak, sebelum disajikan ke meja makan. Atau juga tempat untuk memasak kue.

Dengan asumsi itu, para desainer mengembangkan konsep islands layout. Pada layout ini counter top (top table: granit, marmer, takon dsb) diletakkan di tengah dan menciptakan ruang yang lebih banyak untuk meracik, menyiapkan makanan dsb.

Ketiga, standard layout

Di bawah ini saya tampilkan standard layout kitchen set dengan berbagai bentuk yang berbeda yaitu bentuk garis atau ”I” (one-wall), U, L, Island, Galley dan Peninsula.

Bentuk I adalah bentuk yang paling tidak ideal. Namun bila kondisi tidak memungkinkan, perhatikankah urutan standard layout dapur berbentuk I. Yaitu, lemari es, sink, tempat meracik dan kompor. Bentuk U adalah bentuk yang paling ideal. Karena bentuk ini mengkonsentrasikan area kerja dalam ruang yang kompak, dengan sedikit trafik. Sementara versi peninsula dan island, yang merupakan modifikasi bentuk U menambahkan aspek sosiabilitas, yang menghubungkan dapur dengan ruang makan atau ruang keluarga.

Bentuk L adalah bentuk yang sederhana dan efisien. Khususnya bila ruang dapur tidak memungkinkan bentuk U.

Layout Galley dapat efisien bila gang atau jarak antara kabinet, antara 1 sampai 1,5 m. Kerugian dari bentuk ini adalah bila gang itu juga dipakai untuk lalu lalang orang, yang dapat menganggu kesibukan orang di dapur. (Sumber Bacaan: Build Like a Pro: Remodeling a Kitchen, pp. 21-25). Baik juga Anda membaca tip 31 (kesalahan-kesalahan dalam mendesain kitchen set yang harus Anda hindari)

Salam

bannerblogger_61-11.jpg

Mendesain dengan hati
Untuk layanan profesional hubungi Annahape Studio (klik)

Comments
52 Responses to “Tip 50 Kitchen Set Design, Layout atau Denah Kitchen Set. Apa saja yang sebaiknya Anda Tahu”
  1. febrina berkata:

    mbak,saya febrina mau minta tolong mbak gimana supaya dapur saya kelihatan indah dan enak. tapi ruangan saya mbak Anna ukuran panjang 2,lebar 15

    terima kasih

  2. Vina berkata:

    Salam kenal mbak Anna, saya ingin mendesign/ renovasi dapur dengan ukuran 2,5×3, dan sebetulnya ada di ruang yg berukuran 8×3. Space sisanya 5,5 x 3 saat ini ada meja makan 4 kursi dan ada tangga di pojok, mhn bantuan utk design Kitchen set lengkap tapi dengan biaya yang tdk terlalu tinggi, mohon bantuannya Mbak untuk dibuatkan design dan RABnya. jika berkenan akan kami kirimkan foto kondisi saat ini. Rumah kami bertema klasik/ furniture dari jati.
    Atas bantuan dan sarannya saya ucapkan terima kasih dan sukses selalu untuk mbak Anna dan teamnya.

  3. Dyah Rahmany berkata:

    Sore Mba,

    Saya sedang merencanakan untuk membuat dapur untuk usaha catering dengan luas 8m2 x 4m2,walupun dapur tersebut untuk usaha catering namun saya ingin tetap dapur tsb terlihat modern dan cantik namun dengan menggunakan material dan furniture dengan harga yang terjangkau, kalau mba ada contoh image atau photo dapur utk catering utk saya gunakan sbg referensi membangun dapur tersebut. oya mba apakah baik mba menggunakan kitchen sink staintess steel bekas.

    thanks mba,

    Dyah

    • anton berkata:

      karena untuk usaha sebaiknya jangan pakai yang bekas ibu..jatuhnya nanti ada beberapa masalah dan akhirnya harus reparasinya malah lebih mahal..

  4. seto berkata:

    salut buat bu anna. anda arsitek dan desainer yg ngga pelit ilmu. semoga ilmunya banyak bermanfaat bagi orang lain, dan bisnisnya tambah maju. tq.

  5. silvi berkata:

    siang mba saya ingin bertanya kira2 bgm y bgs nya utk membuat kitchen set utk ruangan tdk terlalu besar dan disamping kanannya ada pintu utk ke dapur mba dan sudah ada kulkas n dispenser nah saya ingin kitchen set bersih saja tanpa ada kompor mba n sy ingin ada meja kecil utk sarapan mba dan apakah pemakaian mozaik serta di padu warna kuning bagus nuansa rmh saya benar2 minimalis dgn pewarnaan coklat hitam putih dan cat abu2 muda sekali

  6. ellysa berkata:

    Dear mba Anna,

    Mba, mohon bantuannya ya Mba. Saya berencana membuat kitchen set yang letaknya disamping/nempel dengan kamar tidur. apakah itu baik mba? bagaimana dengan di bawah tangga, karena hanya itu pilihannya.

    Terima kasih mba..
    ellysa

  7. nuruls berkata:

    slamat sore mbak Anna.

    Saya tertarik dgn ilustrasi desain intrior dapur. Boleh saya konsultasi untuk dapur yang minimalis lengkap dengan kitchen set nya peruntukan perkakas makan minum dan perkakas masak ukur: 2.5 x 3.5 m2. mohon tinggi kitchen set tersebut tidak terlalu tinggi untuk mudah dijangkau. Model yang tahan sepanjang masa. Ruang yang ada saat ini yang mungkin bentuk lay out model L bersebrangan, dan ada lintasan diantaranya untuk akses ruang kedepan dan ruang kebelakang, terima kasih.

  8. leliastuti berkata:

    mbak anna mohon saya dibantu untuk di buatkan gambar bangunan rumah dan tempat usaha. tanah saya luasnya 420m (14×30) rencana tanah bag depan dibuat cafe gaul ( cafenya anak muda) dan bag belakang dibuat rumah tinggal yang minimalis Kira2 90 m2 dua lantai ( 3kamar tidur berikut kamar mandi, dapur, ruang keluarga ruang tamu, ruang sholat ruang pembantu, ruang cuci + setrika ,gudang ) daan ada tamannya. kebetulan tanah saya ada di tepi jalan raya. terima kasih atas bantuannya.

  9. leliastuti berkata:

    mohon di tampilgan gambar rumah minimalis tampak depan

  10. putri berkata:

    selamat siang mba ana, saya putri dari jkt , saya ingin menanyakan bagaimana cara mendesain dapur yang ukuran tempatnya sangat minimalis sekali, saya tunggu balasannya, terimakasih…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

  • Desain Interior

    Aneka Produk Design/Desain Interior di Annahape Workshop & Studio: 3D interior, konsep interior, interior warna cat, Wallpaper, kolam ikan, kolam renang, seni interior, pintu, Plafon, Foyer, Kamar/Ruang Tamu, Kamar Anak, Kamar Bermain, Meja Kerja, Meja Makan, Kursi Makan, Ruang Makan, Ruang Tidur, Bedroom, Bath room, Tempat Tidur, Lemari, Almari, Backdrop, Backwall, Sofa, Daybed, Puff, Dapur/Kitchen Set, Pantry, Home Theater.
    Kantor: Ruang Rapat, Ruang Direktur, Ruang Staff, Ruang Reseptionis, Lobby, Ruang Kerja, ruang sekretaris, interior kantor

  • Real Estate Blogs Real Estate Blogs - Blog Rankings

  • Desain Rumah /Arsitektur

    Jasa Arsitektur: Gambar Desain Arsitektur 3D, Gambar Kerja Arsitektur, Struktur dan RAB (Rencana Anggaran Biaya), Renovasi Rumah Menyeluruh, Desain Toko, Desain Restaurant, Desain Kantor, Bangun Rumah Tinggal, Master Plan, Landscape, Site Plan. Rumah mungil, besar, modern, mewah.

    Konstruksi Pengerjaan bangunan, rumah, ruko, rukan, kolam renang, villa, restoran. Termasuk carport, pagar dan taman

    Langgam, style, gaya:
    Etnik, Minimalis, Retro, Modern, Klasik, Tradisional, Eklektik, Mediteranian, Art Decoratif

  • Konsultasi & Jasa Profesional

    Annahape STUDIO (Didirikan Thn 2000)

    Informasi desain, produk, jasa/konsultasi profesional, jam/hari kerja, jadwal libur dan pekerjaan yang tidak dapat kami layani silakan klik:

  • Contact Annahape

%d blogger menyukai ini: