Tip 51 Bagaimana Proses Desain Rumah Tinggal or Apartemen? Berapa Lama?

annahape.com Anda mau mendesain  rumah tinggal or interior apartemen Anda? Berapa lama proses desainnya? Saya seringkali mengalami kesulitan menjelaskan bahwa desain interior atau pun design arsitektur  membutuhkan waktu dan energi. Seorang calon klien bertanya, “Mbak, 1 minggu desainnya bisa selesai?” Atau pembaca dalam kolom komentar menulis “Mbak tolong bantuin desain…” Berikut jawaban saya sekaligus untuk semua komentar yang tak terjawab.

Untuk mendesain interior seluruh rumah atau satu unit apartemen, kami membutuhkan waktu 1 (satu) bulan. Kalau mendesain arsitektur, waktunya bisa lebih lama, 2 sampai 3 bulan. Semangat kami di studio adalah, “Mendesain dengan hati dan jangan mengulang desain”. Nah, untuk Anda yang lumayan awam dengan dunia desain interior , saya coba sharingkan tahapan-tahapan proses desain interior.

Pertama, Katakanlah Anda sudah sepakat dengan biaya dan jasa yang Anda minta. Tahap awal adalah tahap konsep atau pra desain. Keluaran dari tahap ini kemudian dituangkan dalam layout interior. Di bawah ini saya sajikan contoh layout interior  lantai 1 sebuah rumah tinggal.

Gambar di atas memperlihatkan letak furniture di lantai 1. Kitchen Set, Living Room, Ruang Tamu (Sofa dan backdrop), Master Bedroom (dengan walk in closet, tempat tidur, headboard atau padded wall dan meja kerja) Banyak hal yang harus diperhitungkan. Mulai dari ukuran ruang, fungsi ruang, akitifitas yang akan terjadi di dalam ruangan, kebiasaan keluarga, koleksi keluarga dan sebagainya. Untuk sampai pada layout ini, dibutuhkan waktu plus minus satu minggu. Ini pun mengandaikan ada dialog, intensif antara kami dengan klien. Belum lagi kalau layout ini perlu dikoreksi, karena belum memenuhi harapan klien.

Kedua, setelah layout disetujui. Dimulailah proses mendesain satu demi satu furniture. Kalau dalam satu rumah ada 10 items furniture itu, dan masing-masing dibuat 2 alternatif ,maka diperlukan 20 gambar desain. Belum lagi, bila kami harus mendesain fixed furniture seperti lantai, dinding atau plafon.

Dalam mendesain, para desainer kami tetap mempertahankan cara manual, dengan pensil warna. Selain tentu saja memanfaatkan software computer seperti, AUTOCAD, Sketcup, Photoshop, Coreldraw dan sejenisnya.

Proses mendesain adalah proses kreatif. Menyelesaikan 10 items dalam waktu 1 minggu, bukan pekerjaan sepele. Kalau Anda sekali waktu menjenguk studio kami, Anda akan tahu. Para designer, drafter sering bekerja sampai larut malam.

Katakanlah, sebagai klien, Anda membutuhkan waktu untuk mereview satu demi satu hasil kerja kami. Memilih salah satu alternatif tetapi sekaligus memberi koreksi. Plus minus dibutuhkan waktu 1 sampai 2 minggu lagi untuk memperbaiki. Gambar berikut adalah contoh desain furniture sofa di sebuah ruang tamu.

Ketiga, langkah berikut adalah membuat sketsa perspektif ruang atau program 3Dmax (Lihat contohnya pada tip 33, desain interior ruang tamu,  tip 34 desain interior ruang keluarga atau tip 73 Tiny Living Room, dan tip 35 desain interior ruang tidur atau tip 72 Seni menata ruang tidur dan tip 74 Ruang baca/perpustakaan). Menggambar sebuah perspektif dapat memakan waktu 3 sampai 4 hari. Karena itu standardnya, cukup sketsa saja namun sudah sangat informatif. Lihat contoh gambar sketsa perspektif sebuah kamar anak.

Gambar berikut adalah contoh gambar perspektif ruang kerja/ruang belajar. Gambar ini milik salah seorang klien Annahape Studio yang menginginkan ruang kerjanya menyatu dengan ruang belajar anak. Sebuah konsep yang secara psikologis sangat rasional. Bukankan, anak pertama-tama belajar dengan meniru. Kalau sang anak melihat ayahnya belajar, ia akan terdorong untuk meniru kebiasaan belajar pula.

Keempat, setelah semua gambar selesai. Proses pembuatan di workshop pun memakan waktu yang tidak sebentar. Biasanya kami menargetkan waktu antara 30 sampai dengan 45 hari kerja. Para tukang pun membutuhkan waktu untuk mengolah gambar menjadi furniture yang rapi, detail, sesuai dengan desain. Total jendral waktu yang dibutuhkan dari desain sampai jadi adalah 2 sampai 3 bulan.

Kok lama? Mungkin itu pertanyaan di benak Anda. Begini. Kalau Anda membeli baju di mall, hari ini juga Anda bisa mendapatkannya. Tetapi, kalau Anda memesan baju pengantin dari seorang desainer, hmm, Anda mungkin harus memesan 2 sampai 3 bulan sebeluh hari perkawinan tiba. Begitu juga dengan desain arsitektur atau interior rumah. Seperti memesan baju pengantin, Anda harus bersabar dan mengkalkulasikan waktunya sejak awal. Minimal tiga bulan. Saran saya, kalau Anda ingin membuat interior yang tidak kodian tapi kompak-harmonis,  homy dan cozy jangan buru-buru ke toko interior.

Itu sebabnya juga, tidak mungkin bagi kami memenuhi setiap permintaan bantuan/tolong mendesain rumah atau interior. Karenanya, saya siapkan khusus forum Rumah Annahape. Tempat Anda dapat berinteraksi dengan pembaca lain, untuk bertukar ide dan berbagi. Silakan bergabung

Salam

bannerblogger_61-11.jpg

Mendesain dengan hati
Untuk layanan profesional hubungi Annahape Studio (klik)

Comments
29 Responses to “Tip 51 Bagaimana Proses Desain Rumah Tinggal or Apartemen? Berapa Lama?”
  1. siska mengatakan:

    Bener banget mbak anna… mendesain itu butuh waktu… setujuuu…. alangkah baiknya kalo semua mengerti….🙂

  2. melvy mengatakan:

    mba saya mau minta tolong , saya mau membangun rumah + ruang usaha , dimana untuk lantai 1, tempat tinggal, lantai 2 ruang usaha , luas tanah 72, usaha di lt 2 adalah privat untuk tennis meja dimana pemikiran saya untuk 2 meja , lt 2 hanya toilet + kamar pembantu, bisa tidak bu??untuk lt 1 saya mau 2 kamar tidur dimana terhubung keduanya ada toilet didalam , 1 km , ruang tamu, ruang makan , dan ruang keluarga .oh iya karena ruang usaha lt 2 , bisa tidak didesai ada tangga dari luar agar orang yang mau privat tidak usah masuk lewat dalam tapi langsung dari luar, kira kira berapa biaya untuk pembangunan tersebut , memakan waktu berapa lama ,,, terima kasih atas bantuaanya ..tolong desaiinnya yach bu

  3. morient mengatakan:

    Dear mbak anna,
    Nama saya morient.

    Design mbak anna sangat bagus sekali..

    Mbak anna, sekarang saya sedang membangun ruko dengan 2 lantai..
    Saya bingung untuk mendesign lantai 2 rumah saya tersebut.. saya mohon bantuan mbak anna..

    lantai 1 akan saya buat sebagai toko sparepart mobil.. ( ukuran : 4 x 20m2)
    lantai 2 akan saya buat untuk rumah tinggal

    Saya mohon bantuan u/ lantai 2, ukuran nya adalah 4x23m2. dengan posisi tangga ada di belakang sebelah kanan dan kamar mandi ada di belakang.

    Saya sangat mohon bantuan dari mbak anna untuk sudi mengirimkan gambar design agar terkesan lapang. saya ingin dirumah saya nanti ada :

    – 2 kamar tidur
    – 1 kamar mandi
    – 1 dapur
    – 1 ruang keluarga

    terima kasih banyak mbak anna..

  4. Heri mengatakan:

    Mba Anna,

    Bagus sekali tip2 yang Mba berikan, kalau boleh tau bisakah saya dibagi alamat dan telp supplier wall paper dan kichen set yang harga bersaing dan mutunya bagus.

    Terima kasih atas bantuan & perhatiannya

    Heri

  5. andre mengatakan:

    ass wr wb .saya mau desaign apartemen saya,tp belum ketemu desaign interior yg cocok,barangkali mbak bisa bantu,thanks

  6. rumah idaman mengatakan:

    Sejujurnya, keren banget artikel dan tipsnya. Bisa buat referensi untuk klien. Dapatkan tips2 menarik lainnya di sini…

  7. tsugi mengatakan:

    saya tertarik akan filosofinya Mbak Anna , semua pekerjaan kalau dikerjakan dng hati pasti akan menghasilkan sesuatu yg optimal dan punya nilai tersendiri,oh alangkah indahnya Negri ini kalau smua pemimpinnya bekerja dng hati,bravo bravo Mbak Anna

Trackbacks
Check out what others are saying...
  1. […] Baca Juga Tips saya  tentang Kamar Anak: Tip 23 Interior Kamar Anak: Desain Lemari Mainan TIP 3 Mendesain Interior Kamar Anak Tip 51 Desain Interior Rumah, Kantor, Apartemen: Bagaimana Prosesnya? Berapa Lama?. […]

  2. […] Baca Juga Tips saya  tentang Kamar Anak: Tip 23 Interior Kamar Anak: Desain Lemari Mainan TIP 3 Mendesain Interior Kamar Anak Tip 51 Desain Interior Rumah, Kantor, Apartemen: Bagaimana Prosesnya? Berapa Lama?. […]



Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

  • Desain Interior

    Aneka Produk Design/Desain Interior di Annahape Workshop & Studio: 3D interior, konsep interior, interior warna cat, Wallpaper, kolam ikan, kolam renang, seni interior, pintu, Plafon, Foyer, Kamar/Ruang Tamu, Kamar Anak, Kamar Bermain, Meja Kerja, Meja Makan, Kursi Makan, Ruang Makan, Ruang Tidur, Bedroom, Bath room, Tempat Tidur, Lemari, Almari, Backdrop, Backwall, Sofa, Daybed, Puff, Dapur/Kitchen Set, Pantry, Home Theater.
    Kantor: Ruang Rapat, Ruang Direktur, Ruang Staff, Ruang Reseptionis, Lobby, Ruang Kerja, ruang sekretaris, interior kantor

  • Real Estate Blogs Real Estate Blogs - Blog Rankings

  • Desain Rumah /Arsitektur

    Jasa Arsitektur: Gambar Desain Arsitektur 3D, Gambar Kerja Arsitektur, Struktur dan RAB (Rencana Anggaran Biaya), Renovasi Rumah Menyeluruh, Desain Toko, Desain Restaurant, Desain Kantor, Bangun Rumah Tinggal, Master Plan, Landscape, Site Plan. Rumah mungil, besar, modern, mewah.

    Konstruksi Pengerjaan bangunan, rumah, ruko, rukan, kolam renang, villa, restoran. Termasuk carport, pagar dan taman

    Langgam, style, gaya:
    Etnik, Minimalis, Retro, Modern, Klasik, Tradisional, Eklektik, Mediteranian, Art Decoratif

  • Konsultasi & Jasa Profesional

    Annahape STUDIO (Didirikan Thn 2000)

    Informasi desain, produk, jasa/konsultasi profesional, jam/hari kerja, jadwal libur dan pekerjaan yang tidak dapat kami layani silakan klik:

  • Contact Annahape

%d blogger menyukai ini: