Tip 52 Small Home Office: Contoh Rumah Kontemporer, untuk Rumah Mungil plus Kantor Mungil

annahape.com Anda punya usaha di rumah? Beberapa klien Annahape Studio, adalah mereka yang memilih bekerja di atau dari rumah. Jenis desain bangunan rumah yang mereka butuhkan adalah home office, alias rumah kantor, kantor yang ada di rumah. Mungkin juga toko di rumah. Anda mungkin seorang konsultan, dokter, desainer, penjahit. Atau seorang dosen, sekali waktu menerima mahasiswa bimbingan di rumah.

Apa yang harus Anda perhatikan ketika Anda ingin memiliki home office?

Yang pasti, rumah Anda harus melayani 2 kepentingan yang berbeda yaitu: kepentingan kantor dan kepentingan rumah beserta seluruh anggotanya. Keduanya mempunyai kebutuhan emosional yang berbeda.

Rumah, ibarat sarang. Kehangatan, keakraban, sekaligus kebutuhan untuk bertumbuh bersama, bersantai dan istirahat adalah unsur yang harus disupport oleh fasilitas rumah. Sementara kantor, adalah pusat produktivitas, profesionalisme, serta suasana tenang untuk bekerja.

Desain home office yang buruk adalah apabila: a) fungsi rumah terlalu mendominasi, sehingga aktivitas/prduktivitas kerja tergannggu; b) fungsi kantor terlalu dominan, sehingga anggota rumah kehilangan privasi dan kesempatan untuk mengembangkan hubungan emosional; atau c) fungsi rumah dan kantor berbaur, tanpa demarkasi atau batasan yang jelas.

Dengan kata lain, desain home office semestinya, menyediakan batas yang jelas ruang untuk kantor dan ruang untuk rumah, Para tamu yang datang dengan tujuan berbeda, akan Anda terima di ruang yang berbeda. Selain itu, ruang transisi antara rumah dan kantor juga harus disediakan. Ruang transisi ini memungkinkan Anda, anggota keluarga, bahkan tamu, dengan peran yang berbeda tetap dapat bertemu. Tanpa ruang transisi ini, tidak ada home office. Mengapa? Istilah home office sudah menunjukkannya. Yaitu, ada keterpisahan antara home dan office, sekaligus ada kesatuan home dan office.

Contoh denah berikut adalah sebuah home office, dengan konsep semi basement. Dengan luas lahan terpakai, 8,5x12m, atau 102m2. Dengan luas bangunan sekitar 190m2.

Gambar Denah Lantai Utama (lantai 2 + split level)

Gambar Denah Lantai 1 (dapat juga semi basement)

Perhatikanlah dalam denah di atas ruang kantor terpisah namun sekaligus tetap terhubung dengan area-area keluarga. Ruang kantor diletakkan di split level. Dengan demikian dari kantor, orang dapat ke lantai utama atau lantai 1. Di lantai utama ini terdapat ruang makan, dapur bersih, ruang duduk, dan kamar tidur utama. Dalam hal ini ruang makan, dapur bersih dan ruang duduk menjadi ruang pertemuan baik fungsi rumah maupun fungsi kantor. Sementara foyer di depan kantor dapat berfungsi sebagai ruang transisi. Lantai utama dapat diakses langsung tanpa melewati kantor, melalui tangga di samping rumah. Sehingga tamu keluarga dapat langsung ke ruang keluarga plus ruang makan.

Lantai 1 adalah murni ruang keluarga, terdiri dari 2 kamar anak dan ruang duduk, untuk bersantai dan menonton tv. Tentu saja denah ini tetap dapat dimodifikasi dengan memindahkan fungsi lantai 1 ke lantai 2, dan sebaliknya. Posisi ruang kantor yang di bagian depan tetap dapat diperluas ke depan. Dan service area untuk kamar pembantu masih dapat ditambahkan di bagian belakang.

Berikut contoh gambar tampak rumahnya

Gambar depan adalah contoh fasad, tampak muka rumah yang didesain minimalis modern, atau kontemporer modern. Pilihan langgam kontemporer barangkali cocok untuk citra profesional Anda. Artinya, dengan desain kontemporer, Anda mau menunjukkan bahwa citra profesi Anda up to date. Kantor Anda menyediakan layanan yang selalu mengikuti perkembangan jaman. Anda seorang yang modern, praktis dan mementingkan aspek fungsional.

Salam

bannerblogger_61-11.jpg

Mendesain dengan hati
Untuk layanan profesional hubungi Annahape Studio (klik)

llustrasi gambar:familyhomeplan.com

Comments
85 Responses to “Tip 52 Small Home Office: Contoh Rumah Kontemporer, untuk Rumah Mungil plus Kantor Mungil”
  1. bhisma berkata:

    saya mohon bantuan untuk denah rumah dengan kesan lapang dengan ukuran 8 X 15 m dengan ruang :
    – 1 kamar tidur utama + kamar mandi
    – 2 kamar tidur anak
    – 1 kamar tidur pembantu
    – mushola
    – gudang
    – ruang makan
    – dapur
    – 1 kamar mandi
    – carport.
    terima kasih banyak…

  2. lupi syamsu berkata:

    kira-kira berapa biaya yang harus saya keluarkan untuk designnya.. terimakasih..

  3. lupi syamsu berkata:

    selamat siang mbak anna, kami dalam waktu dekat ini berencana membeli sebidang tanah kapling berukuran 20x20m yang rencananya akan dibangun workshop berukuran 5x7m untuk percetakan dan sisa lahannya dibangun konsep rumah tumbuh, lahan menghadap timur, didepannya ada selokan lalu jalan aspal kampung, disebelah kiri kapling ada gang 2m menuju kaplingan dalam, sebelah kanan berbatasan dengan halaman tetangga, kontur lahan meninggi dibagian belakang dan menurun kebagian kiri lahan,
    dengan gambaran ini apakah saya bisa dibuatkan denah rumah dan workshop, apakah bangunannya menyatu atau harus terpisah?apakah bisa disesuaikan dengan fengshui?bila tidak bisa ya tidak apa2 asalkan praktis dan fungsional serta Aman.
    berikut kebutuhan ruang kami :
    1. rumah
    teras, ruang tamu + kantor kecil, carport, ruang tidur utama, kamar tidur anak 2, kamar mandi,musolla kecil saja, kamar tidur tamu, kamar tidur pembantu, gudang, kamar mandi pembantu + ruang cuci, ruang keluarga, dapur, tempat jemur pakaian, taman/kolam ikan belakang rumah(bila tersedia lahan), untuk plafon bisa dibuat tinggi atau menyatu dengan atap
    2. workshop
    ruang admin, ruang setting, ruang mesin (mesin potong, plat maker, mesin cetak), ruang finishing, kamar mandi, apabila dibuat lantai dua dapat disertakan ruang tidur operator, ruang tidur karyawan (maksimalkan ruang loteng)

    setelah ini apalagi yang harus kami persiapkan?

  4. Robert berkata:

    Bu, saya bisa minta beberapa gambar tampak depan rumah minimlais gak, tapi yang simpel, karena saya inigin belajar, Tq

  5. nuel berkata:

    Salam kenal Mbak Anna. Mbak, saya mau minta tolong dibuatkan design rumah ukuran luas tanah 6 X 20 1 lantai. Dengan 1 kmr utama, 2 kmr anak, 1 kmr pembt, 1 kmr mandi di kmr utm dan 1 kmr mandi umum, 1 kmr mandi pembt, dapur, jemuran, ruang keluarga dan ruang tamu. Kira2 berapa biayanya ya mbak kalo saya tidak pakai kontraktor, maklum biaya kami terbatas. Trims ya Mbak Anna.

  6. suharni endrawati berkata:

    sblmnya salam kenal da terima kasih…..gini mbak saya mau minta tolong,rencananya saya akan membangun rumah mungil satu lantai aja berhubung juga dengan lahan yang sangat terbatas kira2 dengan ukuran panjangxlebar [15mx6m],berhubung rumah tersebut nanti untuk tempat tinggal kami selain itu juga akan kami pergunakan untuk usaha toko kkarena memang letak lahan kami berada di pinggir jalan raya,,,..saya ingin minta bantuan mbak kira2 desainnya bagaimana ya,serta sekat2nya yang akn memisahkan antara ruang tamu dengan toko.sedangkan saya juga menginginkan pintu utama berada di depan,bagaimana solusinya agar kami bisa memisahkan antara pintu utama untuk masuk rumah dengan toko.agar kalau kami ada tamu datang tanpa harus melihat jelas keberadaan toko tersebut,,serta saya minta bantuan pd mbak untuk membuatkan denah2nya,saya ingin ada ruang tamu,2 kamar,kamar mandi,dapur,serta ruang makan demikian atas bantuannya saya ucapkan banyak2 terima kasih saya tunggu jawaban anda…….o ya saya menginginkan bagian atas depan rumah atau tutup keong istilah jawanya segitiga tumpuk,, thanks a lot

  7. arie berkata:

    sebelum salam kenal, mbak. Oh ya, saya mo minta tolong, saya mo kembang rumah btn ukuran tanah 16 x 12,5 dengan peruntukkan 3 kamar tidur, 2 kmr mandi, taman dalam rumah, tempat cuci sekaligus jemuran, ruang keluarga, ruang tamu dan garasi. Tolong denah dan desain atapnya ya mbak, trims. kirim via email aja

  8. Nonie berkata:

    Salam kenal Mbak Anna,
    Saya tertarik dengan design & tips mbak ttg small home office di website. Rumah saya 2 lt dgn luas tanah 15 x 20 di Cibubur, skg lagi nyari2 kontraktor buat renovasi penambahan kamar anak plus designer interior untuk kitchen set, ruang kerja & ruang tidur. Mohon diberikan informasi lingkup kerja mbak juga termsk renovasi atau hanya design saja? Kalau dua2nya, mohon informasi ttg biayanya? Terimakasih.

    Salam,
    Nonie

  9. mulya berkata:

    mba Anni tolong buatin design toko yg unik dunk ukuran 3×4, balas di e-mail ya makasih

  10. Rafika Hafsari Tanjung berkata:

    Siang, mbak Anna …… Mau konsul, boleh khan?
    Saya mau membangun rumah 2 lantai dilahan ukuran 9×6. Rencananya luas tanah = bangunan. Gimana ya caranya biar ruangan dilantai bawah dapat cahaya juga, soalnya lingkungan tempat tinggal kami padat penduduk. Tq sebelumnya ya, mbak …..!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

  • Desain Interior

    Aneka Produk Design/Desain Interior di Annahape Workshop & Studio: 3D interior, konsep interior, interior warna cat, Wallpaper, kolam ikan, kolam renang, seni interior, pintu, Plafon, Foyer, Kamar/Ruang Tamu, Kamar Anak, Kamar Bermain, Meja Kerja, Meja Makan, Kursi Makan, Ruang Makan, Ruang Tidur, Bedroom, Bath room, Tempat Tidur, Lemari, Almari, Backdrop, Backwall, Sofa, Daybed, Puff, Dapur/Kitchen Set, Pantry, Home Theater.
    Kantor: Ruang Rapat, Ruang Direktur, Ruang Staff, Ruang Reseptionis, Lobby, Ruang Kerja, ruang sekretaris, interior kantor

  • Real Estate Blogs Real Estate Blogs - Blog Rankings

  • Desain Rumah /Arsitektur

    Jasa Arsitektur: Gambar Desain Arsitektur 3D, Gambar Kerja Arsitektur, Struktur dan RAB (Rencana Anggaran Biaya), Renovasi Rumah Menyeluruh, Desain Toko, Desain Restaurant, Desain Kantor, Bangun Rumah Tinggal, Master Plan, Landscape, Site Plan. Rumah mungil, besar, modern, mewah.

    Konstruksi Pengerjaan bangunan, rumah, ruko, rukan, kolam renang, villa, restoran. Termasuk carport, pagar dan taman

    Langgam, style, gaya:
    Etnik, Minimalis, Retro, Modern, Klasik, Tradisional, Eklektik, Mediteranian, Art Decoratif

  • Konsultasi & Jasa Profesional

    Annahape STUDIO (Didirikan Thn 2000)

    Informasi desain, produk, jasa/konsultasi profesional, jam/hari kerja, jadwal libur dan pekerjaan yang tidak dapat kami layani silakan klik:

  • Contact Annahape

%d blogger menyukai ini: