Tip 55 Bangun Rumah dan Renovasi Rumah: Apa kata Feng Shui?

annahape.com Apakah rejeki, karir, kesehatan dan hidup keluarga Anda banyak hambatan? Jangan-jangan itu semua dipengaruhi oleh Feng Shui dari rumah Anda! Hmm, tentu Anda tidak harus percaya mentah-mentah. Namun apa salahnya Anda mempertimbangkan beberapa prinsip Feng Shui dalam mendesain rumah, baik letak ruangan maupun dekorasi interiornya.

Kalau menurut Anda masuk akal, tidak ada ruginya mencoba. Berikut beberapa tip Feng Shui untuk rumah Anda. Anda yang punya pemahaman lebih, silakan menambahkannya dalam kolom komentar.

Pada dasarnya , Feng Shui berbicara tentang tentang arus atau aliran – yakni aliran energi kreatif dan positif yang leluasa melalui ruang, dan keleluasaan energi negative untuk meninggalkan ruang. Dengan kata lain Feng Shui berusaha membuat agar pengaruh negatif tidak terperangkan dalam ruang tertentu dan memastikan bahwa pengaruh positif tetap ada di ruang tersebut. Ribet? Tidak juga.

Pada dasarnya Feng Shui terkait dengan bentuk bujur sangkar atau empat persegi panjang. Dalam penerapannya, ruang makan di sudut ruang (breakfast nook) atau tempat tidur di lorong/sudut (sleeping alcove) dapat menghilangkan keseimbangan dan keharmonisan dalam ruang. Lihat gambar berikut.

Breakfast Nook (Ruang Makan di Sudut yang Tidak Sesuai dengan Feng Shui)

Sleeping Alcove (Tempat Tidur sebelah kiri ada di Lorong/Sudut)


Seorang ahli Feng Shui tentu dapat dapat menjelaskan lebih banyak hal, misalnya tentang sembilan area dalam rumah yang dimulai dari pintu masuk. Sang Ahli, misalnya dapat membantu merencanakan agar ruang home office Anda berada di area “kemakmuran”. Atau kalau Anda akan memulai bisnis kue, Anda perlu tahu bahwa dapur Anda berada di area “karir”.

Feng Shui juga berbicara tentang penempatan elemen-elemen dekoratif. Misalnya, sebuah patung atau lukisan bertema cinta mungkin tepat untuk penghias area “cinta/perkawinan”, yang biasa ada di bagian belakang dan sisi kanan dari pintu masuk. Anda mungkin ingin meletakkan setiap benda yang disarankan Feng Shui di tempat tempat yang sesuai. Misalnya, toples berisi penuh uang receh di area kemakmuran, dan koleksi ensiklopedi di area pengetahuan/kebijaksanaan.

Saran dari ahli Feng Shui kadang juga agak sulit dimengerti secara literal dalam menyimbolkan energi yang dialirkan dalam rumah. Misalnya, warna merah adalah warna yang penuh energi dan positif. Kaca dan cermin dapat merefleksi dan membelokkan energi ke luar ruang.

Tentu saja meminta seorang ahli Feng Shui jauh lebih baik. Di sini beberapa tip untuk dekorasi ruang mungkin menarik untuk Anda:

1. Di ruang tidur letakkanlah objek-objek berpasangan untuk menandai keinginan Anda akan perkawinan yang abadi. Jangan meletakkan benda dalam jumlah tiga yang menandai sesuatu yang lain di antara Anda dan pasangan Anda. Kalau Anda dan pasangan sering bertengkar, singkirkan cermin atau tutuplah cermin yang konon akan menggandakan energi negatif.

2. Warna merah merepresentasikan kekuatan, kehangatan dan energi. Tetapi terlalu banyak warna merah akan menyebabkan ruangan dan peristiwa yang terjadi di dalam ruangan itu tidak tenang.

3. Untuk mereka yang masih jomblo, jangan biarkan tempat tidur Anda menempel dinding. Tempat tidur harus dapat diakses dari kedua sisi.

4. Kalau Anda mempunyai banyak problem kesehatan, ceklah area sebelah kiri tengah dari pintu masuk. Apakah ada kloset yang kotor, lemari yang berantakan atau sampah. Membersihkan bagian ini dan menatanya ulang mungkin dapat memperbaiki kesehatan Anda, dan pasti bukan sebaliknya.

5. Konon pula, sebaiknya toilet duduk mesti selalu dalam keadaan tertutup bila tidak dipakai agar, uang Anda tidak ikut ”tersedot” ke pembuangan.

6, Secara umum, terlalu banyak furniture dan dekorasi dan aneka barang berserakan (istilahnya: clutter, lihat gambar di bawah) tidak disarankan karena dapat mengacakuan energi dan menghalangi aliran kesempatan, dalam hidup, cinta dan karir. Walau untuk beberapa orang, tempat yang berantakan konon malah meningkatkan kreativitas.

Clutter (Aneka Barang Sebelum (Kiri) dan Sesudah (Kanan) ditata)

7. Buatlah ruang di depan pintu masuk bersih dan harmonis. Karena di situ adalah pusat karir dan secara umu Anda membutuhkan energi agar masuk ke dalam rumah dengan lancar.

8. Warna di area karir sebaiknya hitam atau biru. Warna biru atau hitam di lantai atau karpet di depan pintu masuk, konon dapat memperlancar aliran kesempatan masuk ke dalam rumah lancar seperti air.

Untuk sebagian orang, Feng Shui bagi kebanyakan orang terdengar aneh. Tetapi mungkin Anda dapat sepakat, banyak hal dari Feng Shui dapat diterima akal sehat. Memperhatikan keseimbangan, harmoni, perspektif dan simplicity sebagai kata kunci dalam hidup Anda dan dalam mendekorasi rumah, bukankah sebuah ide yang baik? Maka, tak ada salahnya mencoba.

Sumber:
How To Decorate Using Feng Shui Principles, By Walter Ford

bannerblogger_61-11.jpg

Mendesain dengan hati
Untuk layanan profesional hubungi Annahape Studio (klik)

Comments
20 Responses to “Tip 55 Bangun Rumah dan Renovasi Rumah: Apa kata Feng Shui?”
  1. ismu mengatakan:

    Mba Anna, Saya baru beli rumah (rumah lama sebagian sudah 2 lantai) dan saya ingin merubahnya menjadi 2 lantai dan Minimalis (Berpenampilan Minimalis). Kalau saya kirim kan foto tampak depan (dan denah ruangan2 yg sekarang) apakah bisa diberi saran perubahan nya. agar betul2 berpenampilan Minimalis.

  2. Tatang mengatakan:

    Salam kenal, mba..

    Mba Anna, mohon bantuannya saya kan mau renovasi rumah, dan akan memindahkan letak pintu pagar rumah yg tadinya berada di pojok kanan kalau arah masuk ke posisi tengah lurus dengan pintu utama rumah. Apa benar pintu pagar rumah posisinya harus lurus dg pintu utama rumah? terima kasih sebelumnya Mba…

  3. ina mengatakan:

    mbak boleh minta bantuannya tuk mendisain rumah saya memiliki tanah ukuruan 11 x 24 m kiri kanan tanah orang, jadi posisi tanah terjepit ditengah didepan ada jalan saya pengen model rumah minimalis 2 lantai lantai 1 dengan 2 kamar plus kamar mandi didalamnya, lantai 2 dengan 3 kamar pake balkon n kalo bisa dilengkapi dengan taman pada halaman belakang n ada garasinya. makaci y mbak.
    ditunggu lho disainnya di email ku

  4. Tukang Sound System mengatakan:

    Sangat bermanfaat sekali mbak……makasih tuk infonya…

  5. ivan mengatakan:

    wah…. kreatif juga ya mbak.. pingin jadi punya rumah idaman nih.

  6. echa mengatakan:

    thanks mbak..tipsnya bgs bgt. Tlg kalo bisa desain untuk tembok di blk kamar mandi supaya tidak kelihatan lembab (ruangan untuk nonton tv keluarga).

  7. mai mengatakan:

    salam kenal mba anna
    perkenalkan nama saya may
    saya ingin bertanya kepada mba
    bagaimana mendesign ruangan praktek dokter di dalam rumah saya dimana di blkg ruangan praktek ada ruangan untuk mengajar privat…?
    bagaimana cara mendesign ruangan praktek tersebut sesuai dengan fengshui?…..bisa dibuat contohnya mba anna……

    terima kasih mba…

  8. wahyudi mengatakan:

    mbak, kalo ada saya ingin minta contoh daun jendela untuk depan rumah dengan lebar tembok 3 meter

  9. aprianti mengatakan:

    tips2nya ok banget mbak,bisa jadi pertimbangan untuk rencana merenovasi rumah,thanks ya…

  10. atasi mengatakan:

    exciting mbak..tips-tipsnya sangat bermanfaat

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

  • Desain Interior

    Aneka Produk Design/Desain Interior di Annahape Workshop & Studio: 3D interior, konsep interior, interior warna cat, Wallpaper, kolam ikan, kolam renang, seni interior, pintu, Plafon, Foyer, Kamar/Ruang Tamu, Kamar Anak, Kamar Bermain, Meja Kerja, Meja Makan, Kursi Makan, Ruang Makan, Ruang Tidur, Bedroom, Bath room, Tempat Tidur, Lemari, Almari, Backdrop, Backwall, Sofa, Daybed, Puff, Dapur/Kitchen Set, Pantry, Home Theater.
    Kantor: Ruang Rapat, Ruang Direktur, Ruang Staff, Ruang Reseptionis, Lobby, Ruang Kerja, ruang sekretaris, interior kantor

  • Real Estate Blogs Real Estate Blogs - Blog Rankings

  • Desain Rumah /Arsitektur

    Jasa Arsitektur: Gambar Desain Arsitektur 3D, Gambar Kerja Arsitektur, Struktur dan RAB (Rencana Anggaran Biaya), Renovasi Rumah Menyeluruh, Desain Toko, Desain Restaurant, Desain Kantor, Bangun Rumah Tinggal, Master Plan, Landscape, Site Plan. Rumah mungil, besar, modern, mewah.

    Konstruksi Pengerjaan bangunan, rumah, ruko, rukan, kolam renang, villa, restoran. Termasuk carport, pagar dan taman

    Langgam, style, gaya:
    Etnik, Minimalis, Retro, Modern, Klasik, Tradisional, Eklektik, Mediteranian, Art Decoratif

  • Konsultasi & Jasa Profesional

    Annahape STUDIO (Didirikan Thn 2000)

    Informasi desain, produk, jasa/konsultasi profesional, jam/hari kerja, jadwal libur dan pekerjaan yang tidak dapat kami layani silakan klik:

  • Contact Annahape

%d blogger menyukai ini: