Tip 55 Bangun Rumah dan Renovasi Rumah: Apa kata Feng Shui?

annahape.com Apakah rejeki, karir, kesehatan dan hidup keluarga Anda banyak hambatan? Jangan-jangan itu semua dipengaruhi oleh Feng Shui dari rumah Anda! Hmm, tentu Anda tidak harus percaya mentah-mentah. Namun apa salahnya Anda mempertimbangkan beberapa prinsip Feng Shui dalam mendesain rumah, baik letak ruangan maupun dekorasi interiornya.

Kalau menurut Anda masuk akal, tidak ada ruginya mencoba. Berikut beberapa tip Feng Shui untuk rumah Anda. Anda yang punya pemahaman lebih, silakan menambahkannya dalam kolom komentar.

Pada dasarnya , Feng Shui berbicara tentang tentang arus atau aliran – yakni aliran energi kreatif dan positif yang leluasa melalui ruang, dan keleluasaan energi negative untuk meninggalkan ruang. Dengan kata lain Feng Shui berusaha membuat agar pengaruh negatif tidak terperangkan dalam ruang tertentu dan memastikan bahwa pengaruh positif tetap ada di ruang tersebut. Ribet? Tidak juga.

Pada dasarnya Feng Shui terkait dengan bentuk bujur sangkar atau empat persegi panjang. Dalam penerapannya, ruang makan di sudut ruang (breakfast nook) atau tempat tidur di lorong/sudut (sleeping alcove) dapat menghilangkan keseimbangan dan keharmonisan dalam ruang. Lihat gambar berikut.

Breakfast Nook (Ruang Makan di Sudut yang Tidak Sesuai dengan Feng Shui)

Sleeping Alcove (Tempat Tidur sebelah kiri ada di Lorong/Sudut)


Seorang ahli Feng Shui tentu dapat dapat menjelaskan lebih banyak hal, misalnya tentang sembilan area dalam rumah yang dimulai dari pintu masuk. Sang Ahli, misalnya dapat membantu merencanakan agar ruang home office Anda berada di area “kemakmuran”. Atau kalau Anda akan memulai bisnis kue, Anda perlu tahu bahwa dapur Anda berada di area “karir”.

Feng Shui juga berbicara tentang penempatan elemen-elemen dekoratif. Misalnya, sebuah patung atau lukisan bertema cinta mungkin tepat untuk penghias area “cinta/perkawinan”, yang biasa ada di bagian belakang dan sisi kanan dari pintu masuk. Anda mungkin ingin meletakkan setiap benda yang disarankan Feng Shui di tempat tempat yang sesuai. Misalnya, toples berisi penuh uang receh di area kemakmuran, dan koleksi ensiklopedi di area pengetahuan/kebijaksanaan.

Saran dari ahli Feng Shui kadang juga agak sulit dimengerti secara literal dalam menyimbolkan energi yang dialirkan dalam rumah. Misalnya, warna merah adalah warna yang penuh energi dan positif. Kaca dan cermin dapat merefleksi dan membelokkan energi ke luar ruang.

Tentu saja meminta seorang ahli Feng Shui jauh lebih baik. Di sini beberapa tip untuk dekorasi ruang mungkin menarik untuk Anda:

1. Di ruang tidur letakkanlah objek-objek berpasangan untuk menandai keinginan Anda akan perkawinan yang abadi. Jangan meletakkan benda dalam jumlah tiga yang menandai sesuatu yang lain di antara Anda dan pasangan Anda. Kalau Anda dan pasangan sering bertengkar, singkirkan cermin atau tutuplah cermin yang konon akan menggandakan energi negatif.

2. Warna merah merepresentasikan kekuatan, kehangatan dan energi. Tetapi terlalu banyak warna merah akan menyebabkan ruangan dan peristiwa yang terjadi di dalam ruangan itu tidak tenang.

3. Untuk mereka yang masih jomblo, jangan biarkan tempat tidur Anda menempel dinding. Tempat tidur harus dapat diakses dari kedua sisi.

4. Kalau Anda mempunyai banyak problem kesehatan, ceklah area sebelah kiri tengah dari pintu masuk. Apakah ada kloset yang kotor, lemari yang berantakan atau sampah. Membersihkan bagian ini dan menatanya ulang mungkin dapat memperbaiki kesehatan Anda, dan pasti bukan sebaliknya.

5. Konon pula, sebaiknya toilet duduk mesti selalu dalam keadaan tertutup bila tidak dipakai agar, uang Anda tidak ikut ”tersedot” ke pembuangan.

6, Secara umum, terlalu banyak furniture dan dekorasi dan aneka barang berserakan (istilahnya: clutter, lihat gambar di bawah) tidak disarankan karena dapat mengacakuan energi dan menghalangi aliran kesempatan, dalam hidup, cinta dan karir. Walau untuk beberapa orang, tempat yang berantakan konon malah meningkatkan kreativitas.

Clutter (Aneka Barang Sebelum (Kiri) dan Sesudah (Kanan) ditata)

7. Buatlah ruang di depan pintu masuk bersih dan harmonis. Karena di situ adalah pusat karir dan secara umu Anda membutuhkan energi agar masuk ke dalam rumah dengan lancar.

8. Warna di area karir sebaiknya hitam atau biru. Warna biru atau hitam di lantai atau karpet di depan pintu masuk, konon dapat memperlancar aliran kesempatan masuk ke dalam rumah lancar seperti air.

Untuk sebagian orang, Feng Shui bagi kebanyakan orang terdengar aneh. Tetapi mungkin Anda dapat sepakat, banyak hal dari Feng Shui dapat diterima akal sehat. Memperhatikan keseimbangan, harmoni, perspektif dan simplicity sebagai kata kunci dalam hidup Anda dan dalam mendekorasi rumah, bukankah sebuah ide yang baik? Maka, tak ada salahnya mencoba.

Sumber:
How To Decorate Using Feng Shui Principles, By Walter Ford

bannerblogger_61-11.jpg

Mendesain dengan hati
Untuk layanan profesional hubungi Annahape Studio (klik)

Comments
20 Responses to “Tip 55 Bangun Rumah dan Renovasi Rumah: Apa kata Feng Shui?”
  1. ERYL berkata:

    mbak pa kabar,saya dari ujung sumatera tepatnya di NAD, saya punya tanah panjang 22 m lebar 28 m, berkeinginan membangun rumah, tapi masih bingung mencari model yang tepat, untuk keluarga muda seperti kita cocok nya yang bgmn ya mbak? sebagai tambahan saya ingin bangunan tidak lebih
    200 m2 satu lantai.

  2. agnes berkata:

    mba anna saya ambil rumah type 22 dg luas tanah 60m2 panjang 12 m lebar 5 m bagaimana solusi untuk membuat kamar tidur satu lagi dan dapur agar terkesan luas

  3. Basilius Agung berkata:

    hmmmm…….baca artikel 1 per 1 dan 2 per 2 (hehehehe…..) tip yg anda sampaikan sangat memberikan sebuah inspirasi, mohon perkenalkan saya Agung, saya dari Otis Vanguard Architect and Associates.

    Sy kagum sekali dengan anda, oh ya maaf sy adalah pemula……(aka. baru sj lulus hihihihihih) salam kenal dengan anda….

    Salam damai dari Jogja…………:)

  4. martin berkata:

    tertarik sekali membaca artikel dari mbak..

    sy punya rumah mungil yg masih standar mbak (perlu banyak renovasi)..
    tambahin tips2nya terutama buat rumah yg mungil donk mbak…

    tertarik tentang fengshui, bukan krn mistisnya..tp beberapa pertimbangan dan perhitungannya memang logis…

    cm bingung untuk menerapkannya di rumah yg kecil…
    misal : banyak warna terutama warna gelap bisa bikin rumah kelihatan makin sempit…padahal fengshui menganjurkan ada warna biru atau hitam di area karir..

    contoh lain..bagi orang lajang..jangan meletakan t4 tidur mepet dinding…
    sedangkan kamar tidur sy kecil (3×3)..jika meletakkan tempat tidur…meski ukuran single…di tengah maka ruang akan terasa sumpek…

    gmn mbak mensiasatinya?

  5. riyan berkata:

    tips-tips nya sangat bermanfaat mbak, saya tertarik artikel tentang rumah dan tip2nya,terimaksih mbak…

  6. daud badaruddin berkata:

    mba, kalau boleh saya minta gambar / contoh untuk plafon rumah dengan bahan kayu bukan pliwood atau gv,thanks atas kirimannya

  7. Myryani berkata:

    saya sedang renovasi kamar nech mbak… ada tips2 gak??
    saya butuh kamar yang buat saya nyaman di dalamnya..

  8. andis Prastyo berkata:

    saya sangat tertarik pada rubrik ini mohon saya minta contoh2 gambar pagar rumah dan tralis jendela. salam

  9. Ice Kumalasari berkata:

    Mba’ Anna, saya sering melihat web seperti punya anda. Terus terang, sajian Tips pada menu anda sangat menarik.

    Bytheway, saya dari kota Jepara, Jateng, produsen mebel, kualitas ekspor.
    Selama ini kami banyak melayani buyers dari australia dan Amerika.
    Saya menyadari, betapa pasar mebel dan interior dalam negeri cukup menggembirakan, terlebih dengan gairah desain saat ini.

    Saya sangat tertarik untuk bekerjasama dengan anda. bagaimana menurut mbak Anna ? Tolong di balas, ya..

    Trims dan SUKSES selalu.

    salam, Ice Kumalasari.

  10. mifaputri berkata:

    makasih atas infonya…….,,,,sangat bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

  • Desain Interior

    Aneka Produk Design/Desain Interior di Annahape Workshop & Studio: 3D interior, konsep interior, interior warna cat, Wallpaper, kolam ikan, kolam renang, seni interior, pintu, Plafon, Foyer, Kamar/Ruang Tamu, Kamar Anak, Kamar Bermain, Meja Kerja, Meja Makan, Kursi Makan, Ruang Makan, Ruang Tidur, Bedroom, Bath room, Tempat Tidur, Lemari, Almari, Backdrop, Backwall, Sofa, Daybed, Puff, Dapur/Kitchen Set, Pantry, Home Theater.
    Kantor: Ruang Rapat, Ruang Direktur, Ruang Staff, Ruang Reseptionis, Lobby, Ruang Kerja, ruang sekretaris, interior kantor

  • Real Estate Blogs Real Estate Blogs - Blog Rankings

  • Desain Rumah /Arsitektur

    Jasa Arsitektur: Gambar Desain Arsitektur 3D, Gambar Kerja Arsitektur, Struktur dan RAB (Rencana Anggaran Biaya), Renovasi Rumah Menyeluruh, Desain Toko, Desain Restaurant, Desain Kantor, Bangun Rumah Tinggal, Master Plan, Landscape, Site Plan. Rumah mungil, besar, modern, mewah.

    Konstruksi Pengerjaan bangunan, rumah, ruko, rukan, kolam renang, villa, restoran. Termasuk carport, pagar dan taman

    Langgam, style, gaya:
    Etnik, Minimalis, Retro, Modern, Klasik, Tradisional, Eklektik, Mediteranian, Art Decoratif

  • Konsultasi & Jasa Profesional

    Annahape STUDIO (Didirikan Thn 2000)

    Informasi desain, produk, jasa/konsultasi profesional, jam/hari kerja, jadwal libur dan pekerjaan yang tidak dapat kami layani silakan klik:

  • Contact Annahape

%d blogger menyukai ini: