Site icon ANNAHAPE Arsitektur dan Interior

Tip 57 Interior Kamar Mandi Mewah dengan Marmer Slab, Agar Nyaman untuk Berbagai Aktivitas

annahape.com Kamar Mandi, fungsi utamanya adalah untuk mandi, membersihkan badan. Di rumah-rumah tradisional, Kamar Mandi dan WC biasanya diletakkan jauh dari bangunan utama. Alasannya sederhana, kamar mandi apalagi WC, diasosiasikan dengan kotor, lembab, jauh dari sakral.

Dalam konsep rumah modern, kamar mandi dan WC tidak lagi berasosiasi negatif. Bahkan Kamar Mandi dapat menjadi cerminan dari watak penghuni (baca tip 2). Kamar Mandi dapat juga mencerminkan kelas sosial seseorang. Karena itu pilihan material, peralatan sanitair, harus dipadukan dalam tata interior yang harmonis. Berikut contohnya.

Gambar-gambar desain dari kamar mandi ini sebenarnya hanya 1 ruang saja. Gambar perspektif yang kami tampilkan menunjukkan beberapa sudut pandang yang berbeda.

Dengan gambar-gambar itu, jelaslah bahwa Kamar Mandi tak lagi berfungsi sebagai tempat bebersih badan. Kamar Mandi menjadi tempat untuk berbagai aktivitas, Misalnya, membaca, berendam/spa/whirlpool dan berkaca, tentu saja selain fungsi dasarnya yaitu mandi dan BAB.

Bahan utama dari desain kamar mandi ini adalah marmer slab. Yaitu, potongan-potongan marmer dalam ukuran besar. Marmer semacam ini harus dipesan khusus. karena potongan-potongan marmer akan disesuaikan dengan kebutuhan kamar mandi Anda.

Perspektif Kamar Mandi 1: Sudut untuk Spa/whirlpool

Perspektif Kamar Mandi 2: Shower tray, wastafel dan WC

Perspektif Kamar Mandi 3: Perspektif seluruh ruang kamar mandi

Perspektif Kamar Mandi 4: Perspektif WC yang dilengkapi dengan lampu baca dan rak buku

Agar fungsi-fungsi tersebut dapat tertampung dalam satu ruang, perhatikanlah prinsip-prinsip berikut:

1. Anda harus membagi ruang menjadi 2 bagian pokok, yaitu area basah dan area kering.

2. Area basah harus terpisah sungguh dengan area kering. Dalam desain di atas shower tray, menjadi pembatas agar cipratan air dari area basah tidak masuk ke area kering.

3. Rencanakanlah instalasi air bersih dan kotor,serta instalasilistrik dengan cermat agar dikemudian hari Anda tidak perlu merusak marmer atau granit.

4. Siapkanlah saringan-saringan kotoran khususnya di wastafel, whirlpool/spa, dan kamar mandi. Agar di kemudian hari,tidak terjadi air yang mampet.

5. Lighting di kamar mandi dapat Anda atur sedemikian rupa sehingga kesan eksotik sekaligus fungsional Anda inginkan dapat tercapai.

6. Rencanakanlah sedari awal barang atau kebutuhan apa yang akan Anda letakkan atau simpan di kamar Mandi. Kalau Anda suka membaca sambil berendam, artinya Anda membutuhkan rak atau ambalan yang mudah dijangka. Kalau Anda ingin menyimpan handuk di kamar Mandi Anda harus menyiapkan lemari kecil di sana. Nah berbagai tempat untuk menaruh barang kebutuhan tersebut, dapat Anda jadikan salah satu unsur interior yang memperkaya kamar Mandi Anda. Menempatkan wastafel dengan cara yang tidak biasa, membuat kesan eksklusif kamar mandi Anda menjadi semakin kuat. Contoh yang dibuat Bakoko tampil dalam gambar di bawah ini.

Salam

Mendesain dengan hati
Untuk layanan profesional hubungi Annahape Studio (klik)


Exit mobile version