Tip 59 Jasa Arsitek: 10 Pertanyaan Sebelum Anda Pilih

foto 3d sannahape.com Mungkin Anda  akan membangun rumah, dan agak bingung  memilih jasa arsitek rumah impian Anda. Bagaimana Anda yakin, bahwa sang arsitek cukup profesional dalam membantu Anda?

Nah 10 pertanyaan berikut ini  dapat membantu Anda dalam menentukan Arsitek pilihan Anda.

1. Apa yang Anda butuhkan?
Yang pasti Anda membutuhkan rangkaian gambar desain rumah. Tetapi seberapa lengkap?   Kebutuhan gambar arsitektur yang paling generik ada tiga yaitu: gambar denah, gambar tampak dan gambar potongan.

Apakah Anda membutuhkan gambar yang lebih detail? Yaitu detail-detail arsitektur (tip 16), detail struktur (tip 18) sampai dengan RAB (Rencana Anggaran Biaya) (tip 19).

Anda harus cukup siap menyusun list kebutuhan Anda ini. Pertimbangannya, jangan sampai ketika proses pembangunan, tukang atau kontraktor masih menyimpan ratusan pertanyaan yang harus Anda jawab. Ukuran besi tulangan, ukuran keramik, tempat stop kontak, jenis kusen, railing tangga, instalasi air kotor/bersih, tinggi kran air, dsb,dll, adalah jenis pertanyaan yang tidak ada jawabanya pada gambar arsitektur generik.

2. Apakah Studio Arsitektur/Sang Arsitek mempunyai cukup kelengkapan?
Agar berbagai jawaban detail tersebut dapat tersedia, sebuah desain rumah paling ideal dikerjakan dalam tim yang terdiri dari minimal 4 (empat) keahlian yaitu: (a) arsitek, yang mendesain konsep, denah, tampak, dan detail-detail arsitektur, (b) insinyur sipil, yang mendesain struktur bangunan, menghitung desain dan kekuatan struktur bangunan (c) estimator, yang menhitung jumlah bahan dan biaya yang dibutuhkan (d) drafter, atau juru gambar yang menerjemahkan keinginan arsitek dan insinyur sipil.

Lebih dari itu, (e) peran  desainer interior yang sejak awal ikut dilibatkan, setidaknya untuk mengkritisi atau memberi review hasil kerja arsitek, akan memberi sentuhan tersendiri pada hasil akhir desain arsitektur.

Mahal atau murahnya jasa arsitek (tip 14), sedikit banyak mencerminkan apakah keempat atau kelima keahlian tersebut dilibatkan dalam mendesain rumah Anda.

3. Bagaimana arsitek menjelaskan tahapan desainnya?
Oleh karena banyak pertanyaan yang harus dijawab dalam gambar, pekerjaan desain rumah dikerjakan dalam beberapa tahap. Umumnya tahap itu terdiri dari: tahap pra desain, pengembangan desain, penghitungan struktur, dan penghitungan RAB.

Tanyakanlah kepada arsitek Anda bagaimana tahap-tahap tersebut akan dikerjakan.

4. Bagaimana Anda berkomunikasi dan berdiskusi dengannya?
Oleh karena ada banyak hal dalam setiap tahap membutuhkan persetujuan Anda, komunikasi dan diskusi menjadi penting (2007/09/11). Alat komunikasi apa yang akan dipakai. Selain tatap muka langsung, email, sms, telpon selayaknya harus dapat dimanfaatkan secara maksimal. Gambar di bawah adalah contoh “diskusi” Annahape Studio dengan klien melalui email.
rmhrockyweb
Di belakang sebuah gambar, idealnya ada puluhan email dan percakapan yang melatar belakanginya. Pada setiap gambar itu, Anda harus yakin bahwa gambar tersebut telah sesuai dengan keinginan Anda. Jangan buru-buru memberi persetujuan sebelum Anda yakin, gambar tersebut telah sesuai keinginan Anda.

5. Apakah yang akan Anda dapatkan darinya?
Kalau Anda mengharapkan pelayanan yang lengkap dari arsitek inilah yang selayaknya Anda dapatkan: (a). Gambar generik arsitektur, dicetak dalam kertas A1. (b) Satu buku gambar-gambar detail arsitektur (c) Satu buku gambar detail struktur (d) Satu buku Estimasi kebutuhan material, tenaga kerja dan biaya (e) soft copy dari semua gambar tersebut.

6. Apakah ada perjanjian tertulis?
Oleh karena ada kewajiban dan hak yang harus dipenuhi baik oleh Anda dan Arsitek, kesepakatan-kesepakatan tersebut hendaknya dibuat secara tertulis dalam sebuah SPK (Surat Perjanjian Kerja) yang minimal berisi: lingkup pekerjaan, biaya dan jangka waktu.

7. Apakah Arsitek akan meninjau lokasi?
Menurut saya, sebuah desain yang lengkap hanya mungkin dibuat kalau seorang arsitek menyatukan semua unsur lingkungan di sekelilingnya. Karena itu datang dan melihat langsung lokasi menjadi langkah awal yang penting. . Ia akan melihat arah datangnya sinar matahari, pemandangan di sekeliling rumah, bangunan di sekitarnya, ketinggian tanah, kebiasa-kebiasaan tetangga kiri-kanan, depan belakang. Desain yang baik adalah desain yang berpijak di tanah, bukan di awing-awang meja desain sang arsitek.

8.Berapa waktu untuk mendesain?
Pengalaman saya, untuk mendesain lengkap seluruh gambar sampai estimasi biaya dibutuhkan waktu tidak kurang dari 2 bulan. Anda sepatutnya menanyakan hal tersebut, agar Anda juga dapat menyesuaikannya dengan waktu pembangunan.

9. Apakah Anda dapat melihat contoh hasil pekerjaannya?
Yang saya maksud bukan hanya contoh gambar tampak, atau gambar denah. Gambar icip-icip tersebut, dapat Anda peroleh lewat google. Tetapi yang saya maksud adalah 3 bendel/buku desain yang lengkap (arsitektur, struktur dan RAB). Umumnya studio arsitek profesional dapat memperlihatkan contoh buku-buku hasil desain tersebut. Tetapi, tentu Anda tidak dapat meminjamnya apa lagi mengcopynya. Anda pasti tidak dilayani, kalau meminta arsitek mengirim contoh lengkap desain yang pernah dibuatnya.

Contoh desain yang dapat Anda lihat, dapat mencerminkan kualitas sang arsitek. Tidak hanya itu, Anda mungkin dapat juga menimbang-nimbang kecocokan Anda dengannya.

10. Apakah ada “after sales service”?
Meskipun, Anda telah menerima lengkap seluruh gambar yang dibutuhkan. Pekerjaan di lapangan bisa minimbulkan hal-hal yang tidak terduga. Masihkah ia bersedia membantu memberi penjelasan atau menambah beberapa gambar detail yang dibutuhkan, bila orang lapangan membutuhkan?

Kalau semua pertanyaan tersebut sudah OK, dan Anda merasa yakin, Anda sudah dapat menjatuhkan pilihan.

Salam

bannerblogger_61-11.jpg

Mendesain dengan hati
Untuk layanan profesional hubungi Annahape Studio(klik)

Comments
8 Responses to “Tip 59 Jasa Arsitek: 10 Pertanyaan Sebelum Anda Pilih”
  1. nurhadi mengatakan:

    mbak saya mau bangun rumah rencana rumah saya mungkin ukuranya 25×19 tapi saya punya tanah sekitar 50×50. mbak bisa gak ngasih solusi ke aku bagaimna arsitektur yang bagus serta lahan yang kosong itu saya kasih apa saja

  2. arisal mengatakan:

    salam mba ana…sy rencana bangun rumah sy bingung kendalanya sy tdk tau siapa arsitek yg bisa dihubungi yg bisa merancang model rumah sesuai apa yg ada di impian sy yaitu rumah minimalis bernuansa modern yg sering sy jumpai di kota jkt,ada tdk cabang di makassar krn kebetulan sy tinggal di sebuah kota kab yg ada di sul-sel,sy mohon bantuannya.klo bisa kirim alamatnya yg ada di jkt.thx.balas…balas..balas

  3. WAWAN mengatakan:

    ada kantor cabangnya di bandung ?

  4. jimmy mengatakan:

    Salam Mbak Ana,
    Saya berencana membangun rumah berukuran 6×17 dalam waktu dekat ini.
    Saya memerlukan seorang arsitek yg dapat membantu mendesign ruangan di rumah saya. Bisa tolong dibantu? dan berapa perkiraan biayanya?

  5. sony mengatakan:

    mbak..apa ada rencana buka perwakilan di luar kota?…saya tak ikut…cukup potensi lho..

  6. cahyo mengatakan:

    salam mbak ana,
    mbak saya mautanya ttg iso 9001 kira² mbak bisa kirim jawaban ke email saya nggak? karena buat bahan skripsi saya di bidang T.sipil/mhon bantuannya ya mbak, thx be4

  7. Muhammad Nur mengatakan:

    salam mbak ana. saya mau menanyakan, apakah kantor mbak ana ada di tempa saya di pekanbaru riau ini. saya mau konsultasi dan sekaligus menggunakn jasa kontrktornya mbak untuk renovasi rumah saya….trims , balas ….

Trackbacks
Check out what others are saying...
  1. […] Tentang tips dalam memilih arsitek mana yang akan Anda hubungi silakan baca Tip 59: 10 Pertanyaan sebelum memilih arsitek […]



Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

  • Desain Interior

    Aneka Produk Design/Desain Interior di Annahape Workshop & Studio: 3D interior, konsep interior, interior warna cat, Wallpaper, kolam ikan, kolam renang, seni interior, pintu, Plafon, Foyer, Kamar/Ruang Tamu, Kamar Anak, Kamar Bermain, Meja Kerja, Meja Makan, Kursi Makan, Ruang Makan, Ruang Tidur, Bedroom, Bath room, Tempat Tidur, Lemari, Almari, Backdrop, Backwall, Sofa, Daybed, Puff, Dapur/Kitchen Set, Pantry, Home Theater.
    Kantor: Ruang Rapat, Ruang Direktur, Ruang Staff, Ruang Reseptionis, Lobby, Ruang Kerja, ruang sekretaris, interior kantor

  • Real Estate Blogs Real Estate Blogs - Blog Rankings

  • Desain Rumah /Arsitektur

    Jasa Arsitektur: Gambar Desain Arsitektur 3D, Gambar Kerja Arsitektur, Struktur dan RAB (Rencana Anggaran Biaya), Renovasi Rumah Menyeluruh, Desain Toko, Desain Restaurant, Desain Kantor, Bangun Rumah Tinggal, Master Plan, Landscape, Site Plan. Rumah mungil, besar, modern, mewah.

    Konstruksi Pengerjaan bangunan, rumah, ruko, rukan, kolam renang, villa, restoran. Termasuk carport, pagar dan taman

    Langgam, style, gaya:
    Etnik, Minimalis, Retro, Modern, Klasik, Tradisional, Eklektik, Mediteranian, Art Decoratif

  • Konsultasi & Jasa Profesional

    Annahape STUDIO (Didirikan Thn 2000)

    Informasi desain, produk, jasa/konsultasi profesional, jam/hari kerja, jadwal libur dan pekerjaan yang tidak dapat kami layani silakan klik:

  • Contact Annahape

%d blogger menyukai ini: