Tip 60 Desain Rumah: Perlunya Survey Lokasi demi Akurasi Gambar

foto 3d s annahape.com Apakah Annahape Studio dapat melakukan desain rumah online SEMATA? Jawab kami: TIDAK. Setidaknya, survey lokasi atau tinjauan lokasi tetap 100% perlu. Tentu selama proses desain, banyak hal dapat dikomunikasi, dipresentasikan dan dikritisi via blackberry Anda. Gambar, sketsa dan foto dapat dikirim via email. Kritik dan catatan klien dapat disampaikan dengan memaksimalkan internet. Pembayaran dapat dilakukan dengan e-banking.

Tetapi, saya sendiri tetap mewajibkan desainer, arsitek dan pelaksana di Annahape Studio untuk melakukan survey lokasi. Alasannya sebagai berikut:

Survey untuk Desain Arsitektur Rumah:
Seorang arsitek yang baik mendesain bangunan selalu dalam kesatuan dengan lingkungan sekitar. Banyak hal harus dipertimbangkannya. Mulai dari arah mata angin, arah datangnya sinar matahari. Rumah atau bangunan di sekelilingnya. Pohon di atas lahan yang baik untuk dipertahankan. Pemandangan sekeliling yang dapat dinikmati. Kontur atau ketinggian tanah yang mungkin bervariasi.

Crew Annahape Studio Melakukan Survey Lokasi Desain Arsitektur di Daerah Garut Jawa Barat
Crew Annahape Studio Melakukan Survey Lokasi Desain Arsitektur

Masih lagi perlu dicermati kebiasaan dan adat masyarakat sekeliling, utamanya tentang bangunan rumah. Atau kebiasaan tetangga kiri kanan yang mesti dipertimbangkan. Rumah tetangga perlu dicermati, agar tidak saling merugikan.

Semua hasil pengamatan lapangan menjadi variabel penting yang harus dipertimbangkan sejak sketsa awal mulai dibuat.  Harapannya, sebuah bangunan rumah yang sesuai dengan karakter penghuni, ramah lingkungan, dan menyatu dengan alam sekeliling dapat dicapai secara maksimal.

Survey untuk Desain Interior Rumah/Apartemen/Kantor

Tentu saja, kesatuan antara langgam/gaya model rumah dengan interior menjadi faktor utama mengapa survey lokasi menjadi penting. Tetapi lebih dari itu. Saya berbicara tentang ketepatan ukuran sampai dengan 1 milimeter. Mata bisa menipu. Karena itu desainer dan tukang harus datang ke lokasi untuk melihat. Dan lebih dari itu mengukur dengan akurat. Ketinggian jendela, letak stop kontak, instalasi listrik dan air yang terpasang. Kerataan dinding atau tembok.

Apalagi untuk rumah minimalis dan interior rumah minimalis. Profil dan ukir-ukiran biasanya ditabukan. Padahal, trik yang biasa dipakai para pemborong atau tukang, profil dan ukiran dipakai untuk menyembunyikan ketidak akuratan detail rumah.

Foto di bawah memperlihatkan akurasi sebual lemari built in yang dibuat workshop kami. Akurasi tidak hanya pada pola finishing, tetapi juga presisi pada tembok, lantai dan plafon.

Akurasi Lemari Built In Buatan Workshop Annahape Studioannahape akurasi lemari built-in

Sebuah lemari built-in, atau lemari yang terpasang  pada sebuah ceruk tembok, harus terpasang dengan pas betul. Standard kami: pas= tidak kurang, tidak lebih. Panjang dan lebar bagian atas dan bawah bisa jadi berbeda sekian milimeter; karena plesteran tembok jarang yang akurat. Luas bagian depan mungkin berbeda dengan luas bagian belakang lemari. Nah bagian paling elementer dari keindahan interior terletak pada akurasi ukuran. Akurasi lemari built in semacam itu tidak akan Anda dapatkan dari sebuah toko furniture.

Itu sebabnya, annahape studio tidak ragu-ragu untuk mengirim desainer, arsitek atau pelaksana & tukang untuk melakukan survey. Kendaraan studio, kami sediakan. Agar mobilitas kami dapat berjalan lancar.

Kendaraan Operasional Annahape Studio Untuk Survey Lokasi
Kendaraan Studio Annahape

Kalau di halaman rumah tetangga Anda mobil ini parkir, beliau  mungkin sudah memutuskan menggunakan jasa kami. Soalnya, survey lokasi kami lakukan setelah kesepakatan sudah dibuat. Bukan di awal proses. Karenanya, jangan menelpon dan langsung meminta kami survey. Ada tahapan proses, sila baca di sini.


Artikel Desain Rumah Minimalis Silakan Baca:
Tip 27: Desain Rumah Minimalis, Lebih dari  Sekedar Gaya, itu  Filosofi Hidup
Tip 41 Desain Rumah Minimalis (1): 8 Saran Untuk Asesoris Dekorasi Interior Rumah Minimalist /Apartemen Minimalis
Tip 42 Desain Rumah Minimalis (2): Dari Renovasi Fasade ke Interior Design, Sekali Lagi Ini Perkara “A State of Mind”

Salam

bannerblogger_61-11.jpg

Mendesain dengan hati

Hubungi Annahape Studio

Comments
6 Responses to “Tip 60 Desain Rumah: Perlunya Survey Lokasi demi Akurasi Gambar”
  1. frank mengatakan:

    nice site… jangan lupa mampir ya

  2. Nurhasanah mengatakan:

    Salam kenal mbak…saya tertarik dengan tulisan2nya…bagus banget..bisa bikin saya terinspirasi untk membuat rumah….

  3. Investasi Property mengatakan:

    survey memang penting, karena terkadang kita bisa mendapatkan ilham tak terduga saat survey.

  4. arkandas mengatakan:

    wah wah salam kenal mbak

Trackbacks
Check out what others are saying...
  1. […] 17, 2009 by intankoe Tanah yang akan dibangun luasnya 200m2, dengan bentuk lahan trapesium. Meskipun tidak bertemu langsung dengan pemilik, survey tetap kami lakukan. Karena bagi kami tahap in…Pemandangan ke arah Barat Laut atau sudut belakang rumah sunggu fantastik yaitu gunung yang […]

  2. […] Kesemuanya itu, hanya mungkin datang dari penataan ruang yang tepat, yang didesain sejak awal. Itulah sebabnya, sejak awal saya tidak percaya sebuah desain dapat dihasilkan tanpa survey. Tanpa bersentuhan langsung dengan ruang, dimana desain itu akan ditempatkan. (Baca pandangan saya tentang desain rumah online di Tip 60). […]



Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

  • Desain Interior

    Aneka Produk Design/Desain Interior di Annahape Workshop & Studio: 3D interior, konsep interior, interior warna cat, Wallpaper, kolam ikan, kolam renang, seni interior, pintu, Plafon, Foyer, Kamar/Ruang Tamu, Kamar Anak, Kamar Bermain, Meja Kerja, Meja Makan, Kursi Makan, Ruang Makan, Ruang Tidur, Bedroom, Bath room, Tempat Tidur, Lemari, Almari, Backdrop, Backwall, Sofa, Daybed, Puff, Dapur/Kitchen Set, Pantry, Home Theater.
    Kantor: Ruang Rapat, Ruang Direktur, Ruang Staff, Ruang Reseptionis, Lobby, Ruang Kerja, ruang sekretaris, interior kantor

  • Real Estate Blogs Real Estate Blogs - Blog Rankings

  • Desain Rumah /Arsitektur

    Jasa Arsitektur: Gambar Desain Arsitektur 3D, Gambar Kerja Arsitektur, Struktur dan RAB (Rencana Anggaran Biaya), Renovasi Rumah Menyeluruh, Desain Toko, Desain Restaurant, Desain Kantor, Bangun Rumah Tinggal, Master Plan, Landscape, Site Plan. Rumah mungil, besar, modern, mewah.

    Konstruksi Pengerjaan bangunan, rumah, ruko, rukan, kolam renang, villa, restoran. Termasuk carport, pagar dan taman

    Langgam, style, gaya:
    Etnik, Minimalis, Retro, Modern, Klasik, Tradisional, Eklektik, Mediteranian, Art Decoratif

  • Konsultasi & Jasa Profesional

    Annahape STUDIO (Didirikan Thn 2000)

    Informasi desain, produk, jasa/konsultasi profesional, jam/hari kerja, jadwal libur dan pekerjaan yang tidak dapat kami layani silakan klik:

  • Contact Annahape

%d blogger menyukai ini: