Tip 73 Ruang Keluarga, Tiny Living Room di Apartemen/Rumah Kecil

Ruang Keluargaannahape.com Kali ini, tentang desain ruang keluarga. Living room interior design. Khususnya untuk Anda yang tinggal di apartemen atau rumah tipe 36,45,70,80,90. Ruang yang tersedia biasanya tidak besar. Plus minus 9m2 atau kurang. Di banyak rumah, ruang keluarga sekaligus berfungsi juga sebagai ruang menerima tamu (tip 33). Karenanya, design yang baik tentu memperhatikan kedua fungsi ini.

Apalagi, kalau Anda tidak punya storage untuk menyimpan majalah, buku, helm, koleksi CD dan sebagainya. Belum lagi kalau Anda ingin juga memamerkan foto perkawinan, foto keluarga atau portfolio. Nah jadilah ruang keluarga benar-benar multi fungsi. Kalau Anda tidak cermat mendesain, bisa-bisa orang tak dapat lagi membedakan: mana gudang mana ruang keluarga. Ha!

Karena itu, sebelum Anda memutuskan untuk me(re)desain ruang keluarga Anda. Pertama-tama buatlah check list barang-barang diluar furniture yang akan diletakan di sana. Untuk barang-barang yang sudah pasti ukurannya, cantumkanlah ukurannya. Misalnya TV, CD, buku dsb. Pisahkan juga antara barang yang sering dan jarang dipakai.

Dengan list itu, Anda sudah terbantu untuk mengetahui berapa kira-kiran ukuran furniture yang dapat mengakomodasi barang Anda. Maksimalkan ruang untuk menempatkan barang pada furniture Anda.

Anda perlu mempertimbangkan banyaknya sofa atau tempat duduk di ruang keluarga. Dalam dua contoh di bawah ini saya memperlihatkan bagaimana jumlah sofa dapat mempengaruhi kesan lapang tidaknya ruang keluarga.

Contoh Living Room 1

Contoh Living Room 2

Kalau Anda tidak sungguh membutuhkan banyak sofa karena tidak banyak tamu, cukup tempatkan sofa 2 seater yang nyaman (contoh1). Sisi yang lain dapat dibiarkan flexible. Anda dapat menggunakan kursi lipat. Atau kasur lipat. Siapa tahu teman dekat atau kerabat mau nonton bareng siaran kejuaran dunia sepakbola. Atau sekedar bermain kartu.

Agar ruangan terasa lega, gunakan back drop untuk menempatkan tv. Atau juga membuat lemari penyimpanan yang dikamuflase sebagai backdrop. Sisi kiri dan kanan backdrop dapat dipakai untuk menempatkan banyak laci. Pada contoh di atas, pintu-pintu laci dapat dibuat dengan dekorasi yang menyamarkan keberadaan laci. Kalau Anda mau, Anda juga masih dapat membuat laci di sofa bagian bawah.

Intinya, segala sesuatu ada tempatnya. Dan berada di tempatnya. Tidak berserakkan.

Penggunaan ornamen stainless dan kaca akan memberikan kesan modern yang kuat. Pada contoh 2, stainless steel dipakai tidak hanya sebagai kaki sofa. Tetapi melimpah pada backdrop dalam permainan garis horisonta. Demikian juga penggunaan lighting decoration atau accent lighting(tip28) pada backdrop.

Pada contoh ke 3 dibawah ini saya memperlihatkan bagaimana penggunaan cermin memberi efek ruangan menjadi terasa lega. Gambar ini adalah sisi yang berlawanan dengan tempat TV. Sebagian dinding saya kombinasikan dengan kaca, serta lemari multi fungsi. Ruang yang kecil jadi terasa lega. Sebuah perubahan dramatis bukan?


Dinding Kaca di Living Room 3

Oh ya, foto atau lukisan dapat Anda letakkan di atas sofa. Agar ruang keluarga bertambah hangat. Hindari penggunaan warna dinding yang terlalu tua. Pilihlah warna-warna pastel kalau Anda menginginkan ruang keluarga lebih hidup. Satu lagi, copy paste tidak dilarang. Sopan-santunnya: mintalah izinlah.

Salam

bannerblogger_61-11.jpg

Annahape, Mendesain dengan hati

Hubungi Annahape Studio

Comments
50 Responses to “Tip 73 Ruang Keluarga, Tiny Living Room di Apartemen/Rumah Kecil”
  1. Manda berkata:

    salam kenal mba anna.. keren rancangannya.. ijin copass ya designnya u apt saya yg serba mepet ukurannya. Big thanks..

  2. faried ma'ruf berkata:

    Mba ana
    Mohon ijin pake designya buat calon rumah saya
    Abis mba ana terlalu sibuk she buat balas email terpaksa deh bangun rumah sendiri
    Makasih ya

  3. Efriyeni berkata:

    Mo nanya tentang living room yg kecil, sy cm tarok sofa..maunya ada lemari yg bisa jd pembatas juga…trims ya

  4. Efriyeni berkata:

    Wuiiihh…keren ….inspirasi banget…Thanks ya…lam kenal aja…gimana kalo soal dapur mungil???

  5. April berkata:

    Mbak, artikelnya boleh di copy nggak, soalnya sy mau buat tugas kliping seni dekor. lw blh makasih mbak…….rancangannya bagus bangetz….

  6. yuni berkata:

    sy rencana mau mengembangkan rumah tipe 36/108,,,sisa tanah dibatas bangunan belakang tinggal 2 meter,,sy ingin ada taman, dan dapur,,,bisa nda diberikan konsepnya??

  7. Haposan berkata:

    berapa ya kira-kira dana yang harus saya siapkan untuk design interior ruang tamu 4×5 (rata-rata saja)

  8. asni berkata:

    salam kenal…. mba sy mnta izin copy paste….. tq b4

  9. ana berkata:

    Salam kenal,
    Mbak saya bermaksud mau melakukan pengembangan rumah tipe 36/108 (9×12 m),pada sisa lahan yang ada. Sisa tanah yang ada uk.4×9 dibelakang bangunan utama. bangunan ini rencana mau dibuat 2 lantai, dg lanyai utama dapur dan ruang makan, sedang lantai dua kamar anak, ruang kerja/perpus dan tempat jemuran. Bisa dibantu dg desain nggak mbak?? O iya sekalian dg desain interiornya soalnya saya kurang begitu pandai dalam menata rumah, terutama rumah mungil, trimakasih…

Trackbacks
Check out what others are saying...
  1. […] kami. Tidak selalu kami menggunakan program 3Dmax seperti terlihat di Tip 72 (Master Bedroom) dan Tip 73 (Living Room). Penggunaan pensil warna, spidol dan dikombinasikan dengan komputer terasa lebih menantang. Karena […]



Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

  • Desain Interior

    Aneka Produk Design/Desain Interior di Annahape Workshop & Studio: 3D interior, konsep interior, interior warna cat, Wallpaper, kolam ikan, kolam renang, seni interior, pintu, Plafon, Foyer, Kamar/Ruang Tamu, Kamar Anak, Kamar Bermain, Meja Kerja, Meja Makan, Kursi Makan, Ruang Makan, Ruang Tidur, Bedroom, Bath room, Tempat Tidur, Lemari, Almari, Backdrop, Backwall, Sofa, Daybed, Puff, Dapur/Kitchen Set, Pantry, Home Theater.
    Kantor: Ruang Rapat, Ruang Direktur, Ruang Staff, Ruang Reseptionis, Lobby, Ruang Kerja, ruang sekretaris, interior kantor

  • Real Estate Blogs Real Estate Blogs - Blog Rankings

  • Desain Rumah /Arsitektur

    Jasa Arsitektur: Gambar Desain Arsitektur 3D, Gambar Kerja Arsitektur, Struktur dan RAB (Rencana Anggaran Biaya), Renovasi Rumah Menyeluruh, Desain Toko, Desain Restaurant, Desain Kantor, Bangun Rumah Tinggal, Master Plan, Landscape, Site Plan. Rumah mungil, besar, modern, mewah.

    Konstruksi Pengerjaan bangunan, rumah, ruko, rukan, kolam renang, villa, restoran. Termasuk carport, pagar dan taman

    Langgam, style, gaya:
    Etnik, Minimalis, Retro, Modern, Klasik, Tradisional, Eklektik, Mediteranian, Art Decoratif

  • Konsultasi & Jasa Profesional

    Annahape STUDIO (Didirikan Thn 2000)

    Informasi desain, produk, jasa/konsultasi profesional, jam/hari kerja, jadwal libur dan pekerjaan yang tidak dapat kami layani silakan klik:

  • Contact Annahape

%d blogger menyukai ini: