Tip 75 Trik Rahasia Merancang Rumah Tinggal Sendiri

Rumah Horisontalannahape.com. Panduan praktis mendesain rumah. Berbagai tip model desain rumah minimalis modern, etnik, atau tropis , dimanfaatkan sebagai sumber inspirasi. Sedikit saja pembaca blog ini adalah klien kami. Pasalnya, menggunakan jasa studio arsitek, mungkin di luar pertimbangan banyak anggota masyarakat. Saya maklumi adanya. Karenanya, trik desain kali ini saya sharekan untuk Anda yang akan mendesain rumah sendiri.

Buahnya adalah sejumput doa Anda.. Misalnya terungkap dari email  mas Iwan, seorang pembaca. Saya terima kemarin (30/01/10). Ia dengan tulus minta izin mengkoleksi artikel annahape.com Begini bunyi emailnya.

Kutipannya, “…Terus terang saja saya dalam waktu dekat ini akan membuat rumah di sekitar lokasi dimana saya tinggal yaitu di kawasan candi Borobudur, tentunya dengan dana tidak terlalu banyak. Saya juga bingung desainya akan seperti apa, dan biayanya berapa. Nah,untuk itu, setelah saya banyak membaca artikel yang mbak anna muat, dan barangkali bisa mengobati kebingungan saya selama ini, mohon kiranya saya atas nama pribadi minta ijin untuk mengcopy artikel-artikel yang saya butuhkan. Besar harapan saya, mbak Anna mengijinkan saya untuk mencopy artikel tersebut. Sekian permohonan ijin saya mbak. Saya ucapkan banyak terimakasih, Mudah-mudahan Tuhan selalu meridloi kita semua, dan sukses selalu untuk Mbak Anna…”

Menulis trik desain, adalah bagian dari niat berbagi kami. Memberi insipirasi Anda? Syukurlah! Seperti yang ditulis Dian Hatianindri, salah satu fans Rumah Annahape. Tulisnya: “Senangnya bs bergabung, baru 1 jam pertama aja udah banyak dapat inspirasi.Terus berkarya mba’ Anna”(31/01/10). Sekali lagi, syukurlah!

Nah, untuk Anda di berbagai pelosok Tanah Air, dan sedang mencoba mendesain rumah sendiri, semoga tip kali ini dapat membantu.Tip  ini bicara tentang tiga prinsip dasar dari sekian banyak prinsip dalam desain arsitektur: garis, tekstur dan pencahayaan.

Prinsip pertama: adalah garis. Ada dua bentuk garis yaitu vertikal dan horisontal. Secara Ekstrim, desain rumah dapat menggunakan salah satu sebagai corak dasar desain rumah. Artinya, ada bangunan dengan corak horisontal yang kuat. Ada juga bangunan dengan corak vertikal yang kuat. Perhatikan 2 contoh gambar berikut.

Rumah dengan corak horisontal memberi kesan lembut, bersih dan menciptakan atmosfir yang tenang. Sementara rumah dengan garis vertikal menimbulkan kesan solid dan formal.

Selain vertikal dan horisontal, tentu ada jenis garis yang lain seperti miring, atau lengkungan. Tetapi intinya, Anda harus dapat membuat salah satu garis sebagai tema rumah secara  konsisten berirama dan harmonis. Memadukan garis vertikal dan horisontal untuk Anda yang awam arsitektur akan sangat beresiko. Karena itu saran saya, sebaiknya Anda memilih dominasi vertikal atau horisontal pada rumah Anda sendiri.

Contoh di bawah ini adalah eksperimen desain Annahape Studio dengan corak vertikal pada rumah tropis etnik. Rumah-rumah etnik yang biasanya didominasi garis horisontal, pada desain ini diubah menjadi vertikal. Kesan yang ingin ditimbulkan adalah gagah namun tetap kalem.


Prinsip kedua adalah tekstur. Tekstur dapat bersifat fisik. Yaitu tekstur material bangunan yang dipakai. Seperti kasar, halus, bergelombang dan sebagainya. Tetapi tekstur dapat juga bersifat visual. Yaitu kesan yang didapat dari pengulangan bentuk-bentuk garis dan warna. Yang terutama perlu diperhatikan dalam mendesain rumah adalah tekstur visual. Penataan batu alam,batu bata, atau almunium yang harmonis akan membuat rumah Anda berkarakter. Pada contoh dibawah ini saya menunjukkan tekstur visual yang diperoleh dari scondary skin yang terbuat dari almunium (Lihat Tip 62 tentang secondary skin). Tekstur fisik almunium yang halus menimbulkan tekstur visual yang berbeda karena desain komposisi. Bila almunium itu difinishing dalam gradasi warna, efek visualnya pasti akan lebih kuat.

Pada gambar-gambar sebelumnya apakah Anda dapat melihat tekstur visual baik pada rumah vertikal maupun horisontal?

Prinsip ketiga adalah pemanfaatan cahaya matahari sebagai ornamen rumah. Prinsip dasar dari desain rumah yang baik adalah, sinar matahari dapat masuk kesemua ruang di dalam rumah. Lebih lanjut, sinar matahari dapat menjadi sumber desain rumah yang baik. Pada contoh berikut saya memperlihatkan bagaimana, sinar matahari dapat menciptakan ornamen arsitektur  yang eksotik. Untuk mengurangi tajamnya sinar matahari, Anda dapat memanfaatkan filter kaca atau polikarbonat.

All, masih ada prinsip-prinsip praktis dalam desain rumah. Sementara, cobalah menerapkan ke-3 prinsip itu dalah rumah yang sedang Anda desain.Terimakasih untuk Mas Iwan, mbak Dian, dan semua pembaca lainnya, yang ungkapan tulusnya menambah semangat kami.

Salam

bannerblogger_61-11.jpg

Annahape, Mendesain dengan hati

Hubungi Annahape Studio untuk layanan profesional
Insiprasi tulisan dan sumber dua foto dari: BuildYourOwnHouse

Comments
53 Responses to “Tip 75 Trik Rahasia Merancang Rumah Tinggal Sendiri”
  1. Saripah berkata:

    Mba anna, saya mempunyai rumah di daerah Bekasi, saat ini saya ingin membangun rumah, tapi saya bingung desain apa yang cocok untuk rumah saya karena daerah tersebut udaranya sangat panas/gersang. perlu diketaui :
    – luas tanah 72 m2
    – luas bangunan yang sudah ada 60m2 (standar) hook samping 12m2
    – rumah menghadap timur
    selain ingin merubah desain rumah tersebut saya ingin membuat toko kecil/galery salon untuk kegiatan usaha saya kelak.
    saya meminta bantuan mba Anna untuk:
    – merubah jenis/desain bangunan apa yg cocok untuk rumah saya.
    – saya ingin adanya toko/salon tidak merusak keindahan rumah
    – saya ingin menambah 2 kamar tidur di bagian hook
    mohon bantuan nya. atas bantuan sebelumnya saya ucapkan trima ksh banyak.

  2. chandra berkata:

    salam kenal mbak anna,
    mbak anna, saya mau bikin rumah tapi masih bingung bentuk rancangan rumahnya, saya memiliki tanah dengan ukuran 14,9 m x 40 m. mbak anna, rumah yg saya idamkan itu memiliki :
    1. kamar tidur utama 1
    2. kamar tidur anak 3
    3. kamar pembantu 1
    4. ruang tamu 1
    5. ruang keluarga 1
    6. ruang makan 1
    7. dapur 1
    mbak anna, tolongin saya dengan rancangan yang mbak buat tapi saya tidak ingin yg bertingkat

  3. sari berkata:

    mbak Anna yang baek,sebelumnya salam kenal…saya 1 mggu lagi mau bangun toko1 lantai plus bagian belakangnya ada kamarnya untuk nyimpan barang .luas tanahnya 10×7 m.saya pengennya konsep minimalis .tolong bantuannya untuk gambarnya ya mbak??trimakasih sebelumnya….

  4. Tenda Marzuki berkata:

    Ibu Anna saya tertarik dengan websitenya,nama saya Marzuki tinggal di rumah BTN type 21/72 masih original alias belum di apa-apain, hanya bagian depan yang baru saya kasih tembok keliling dan pagar serta canopy, rencana saya mau renovasi 2 lantai, tetapi mungkin sementara 1 lantai dulu, saya ingin bagian belakang untuk kamar mandi + dapur serta taman kecil, apa yang harus saya persiapkan, kalo boleh minta dikirim contoh2 desain rumah type 21/72 untuk sekedar inspirasi buat saya, Terima kasih banyak sebelumnya

  5. rina berkata:

    bener2 ga mau berhenti buat membaca annahape. dari sejak tau 3 hari yg lalu tentang artikel ini, saya terus membuka annahape tiap hari. saya juga berniat untuk meminta ijin pada annahape untuk mengkopi and memakai gambar2nya untuk calon rumah kami. sebelum dan sesudahnya saya ucapkan terima kasih.

    rina, 26 tahun
    ibu rumah tangga

  6. Hany Suhaeni berkata:

    Ibu Anna, God Bless U utk smua Talenta yg Tuhan kasih. Dan sama sekali ga pelit dibagikan ke semua pembaca yg awam akan men-design rumah barunya. Skr Bu Anna, saya sedang bergumul dgn suami ttg design interior dalam rumah yg sedang kami bincangkan. Puji Tuhan type rumah kami adalah Type 36 dengan Luas Tanah 120m. Kami akan huni sebanyak 5 org penghuni dengan 2 kamar. Letak posisi rumah adlh Barat yg sebenarnya kami ingin lebih condong arah rumahnya adalah ke selatan.
    Masalah yg kami bahas adalah bagaimana kami mengatur letak dr ruang tamu ke dapur. Dan saya ingin sekali ada taman kecil di belkang rumah dan tempat untuk menjemur pakaiannya. Thx. Gbu

  7. marwanti berkata:

    jeng anna……masih inget lho saya ttg artikel ibu rumahtangga dg bantuan jeng anna bisa mendesign rumah tinggalnya dg baik…..nah boleh tanya lg ya jeng, untuk plafon yg keren itu enaknya dr apa ya ? sy kurang paham ttg plafon nih….sy sdg renov rumah bekas yg gak ada plafonnya…jadi gentengnya keliatan langsung dr bawah..hehehe…maklum rumah desa……planing rumah tsb modelnya bukan minimalis tp ya rumah kayak model2 jawa gitu lhoh jeng…..maturnuwun sanget….

  8. saiful alam berkata:

    dear mba ana,,sy baru beli perumahan model minimaliz..luas tanah 8X16.. tipe bangunan 48, dua kamar uk 3X3 m, ruang tamu uk 3X3, ada kelebihan tanah di belakang seluas 4X8,,karna kebetulan lokasi saya di sudut, menghadap utara dan sebelah timur rumah adalah jalan,, sya ingin menambah pembangunan ke belakang, pengen nya ada teras samping menghadap ketimur,,, peambahan dapur dan ruang makan,,, tolong donk mbak desainnya.. makasi lo mbak atas perhatiannya..secepatnya ya mbak,,, plizzz

  9. zainal berkata:

    mbak saya orang baru, ngefans banget sama mbak anna. saya mau tanya bagaimana cara mendapat gambar denah rumah dari mbak. karena saya berencana membangun sebuah villa di atas bukit menghadap pantai,ukuran 170m persegi.mohon bantuannya dengan desain minimalis bernuansa pantai.Trims banyak banyak yach mbak.

  10. Sriyanto berkata:

    Mbak Anna,, nama saya Sriyanto,, saya berencana membangun rumah tinggal dengan konsep klasik campur minimalis dg Luas tanah 700 M : Panjang 17 m dan Lebar 40 m, adapun ruangan yang akan dibangun memerlukan sbb ;
    1 km tidur utama complete
    1 km tamu
    2 km anak
    1 km pembantu
    ruang keluarga
    ruang tamu
    dapur kering ( mini bar )
    adapun garasi utk 2 mobil terpisah dari bangunan utama
    supaya udara sejuk tinggi bangunan dari lantai ke plafond sekitar 4-5 m ( secukupnya )
    secara bertahap saya juga berkeinginan menambah ;
    1 dapur basah
    1 km sopir
    1 jemuran & seterika
    1 gudang
    1 kolam renang ( ukuran kecil saja )

    mohon dibuatkan sketsa/denah . terimakasih

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

  • Desain Interior

    Aneka Produk Design/Desain Interior di Annahape Workshop & Studio: 3D interior, konsep interior, interior warna cat, Wallpaper, kolam ikan, kolam renang, seni interior, pintu, Plafon, Foyer, Kamar/Ruang Tamu, Kamar Anak, Kamar Bermain, Meja Kerja, Meja Makan, Kursi Makan, Ruang Makan, Ruang Tidur, Bedroom, Bath room, Tempat Tidur, Lemari, Almari, Backdrop, Backwall, Sofa, Daybed, Puff, Dapur/Kitchen Set, Pantry, Home Theater.
    Kantor: Ruang Rapat, Ruang Direktur, Ruang Staff, Ruang Reseptionis, Lobby, Ruang Kerja, ruang sekretaris, interior kantor

  • Real Estate Blogs Real Estate Blogs - Blog Rankings

  • Desain Rumah /Arsitektur

    Jasa Arsitektur: Gambar Desain Arsitektur 3D, Gambar Kerja Arsitektur, Struktur dan RAB (Rencana Anggaran Biaya), Renovasi Rumah Menyeluruh, Desain Toko, Desain Restaurant, Desain Kantor, Bangun Rumah Tinggal, Master Plan, Landscape, Site Plan. Rumah mungil, besar, modern, mewah.

    Konstruksi Pengerjaan bangunan, rumah, ruko, rukan, kolam renang, villa, restoran. Termasuk carport, pagar dan taman

    Langgam, style, gaya:
    Etnik, Minimalis, Retro, Modern, Klasik, Tradisional, Eklektik, Mediteranian, Art Decoratif

  • Konsultasi & Jasa Profesional

    Annahape STUDIO (Didirikan Thn 2000)

    Informasi desain, produk, jasa/konsultasi profesional, jam/hari kerja, jadwal libur dan pekerjaan yang tidak dapat kami layani silakan klik:

  • Contact Annahape

%d blogger menyukai ini: