Tip 82 Nonton Bareng Piala Dunia 2010 di Rumah. Ayo Menata Rumah untuk Nobar!

annahape.com.

Ooooooh Wooooooh
Give me freedom, give me fire, give me reason, take me higher
See the champions, take the field now, you define us, make us feel proud

In the streets are, exaliftin , as we lose our inhabition,

Celebration its around us, every nation, all around us

Singin forever young, singin songs underneath that sun
Lets rejoice in the beautiful game.

And together at the end of the day….

Anda mungkin telah hafal di luar kepala kalimat-kalimat di atas. Ya, itulah sebagian lirik lagu tema Piala Dunia 2010 Afrika Selatan: Wavin’ Flag. Lagu ini sedikit demi sedikit mulai menggema di berbagai belahan dunia. Dan mencapai puncaknya sebulan penuh bersamaan dengan pembukaan FIFA World Cup 2010 tanggal 11 Juni hingga partai final 11 Juli 2010 nanti. Campur baur imaji magis dan warna-warni budaya Afrika (ini kali pertama dalam sejarah sepak bola dunia, Piala Dunia diselenggarakan di benua Afrika), adu taktik dan permainan indah mengolah si kulit bundar serta penampilan menawan bintang-bintang sepak bola dunia akan mewarnai kegiatan kita sebulan ke depan! Bersiaplah! Pesta sepak bola dunia sudah dimulai.

Lho apa hubungan semua itu dengan rumah kita? Tentu ada.
Menonton sepak bola akan semakin seru jika dilakukan beramai-ramai. Acara nonton bareng pun lalu digelar di berbagai tempat. Cafe. Restoran. Halaman mall sampai kelurahan. Namun untuk sebagian kita yang tak punya dana ekstra untuk datang ke kafe, nonton di rumah bisa jadi pilihan paling aman.

Nonton pertandingan di rumah tak akan kalah seru dan ramai. Pasalnya, mereka yang tadinya tidak suka nonton bola jadi ikut masuk ke dalam kegembiraan menyaksikan pertandingan 11 lawan 11 ini. Apalagi saat berlangsungnya parta-partai menarik atau menentukan. Seperti selebrasi pembukaan, pertandingan kesebelasan favorit, perempat final, semi final hingga partai final. Apalagi kalau pertandingannya jatuh pada malam hari libur.

Stadion dan Logo Resmi Piala Dunia 2010

Jika demikian, tak berlebihan kiranya bila Anda menyiapkan beberapa bagian rumah untuk nonton bareng seluruh anggota keluarga, kerabat bahkan mungkin beberapa tetangga atau kawan-kawan Anda. Bagian-bagian rumah yang bisa Anda ’sulap’ jadi tempat nonton bareng misalnya teras rumah, halaman depan, samping , belakang atau mungkin garasi. Nah, ini beberapa hal yang perlu Anda perhatikan agar nonton bareng di rumah menjadi semakin nyaman.

Pertama, persiapan tempat
Dalam garis besar, tempat yang asyik untuk nonton bareng di rumah dapat dipilah menjadi dua kategori. Yaitu ruang terbuka dan ruang tertutup. Ruang terbuka misalnya halaman, teras, carport atau garasi. Sedangkan yang termasuk ruang tertutup adalah ruang dalam rumah: ruang keluarga, ruang tamu atau ruang makan. Tentu saja dimungkinkan kombinasi keduanya, Misalnya ruang keluarga yang mendapat akses langsung ke teras atau halaman rumah.

Untuk kedua kategori tersebut hal yang harus diperhatikan adalah kapasitas ruang. Perhitungkan sungguh agar seluruh penonton mendapat tempat duduk nyaman untuk selera masing-masing. Mau di karpet, tikar atau di tempat duduk. Sofa besar kesayangan mungkin tempat favorit Anda. Tetapi jangan lupa, itu memakan ruang tetapi menampung sedikit. Karenanya ia layak dipertimbangkan untuk disisihkan. Sementara masuk gudang. Pertimbangannya, demi menambah kapasitas ruang dan resiko kotor kena tumpahan kopi. Dan “azas kenyamanan yang adil” tentu. Ha! (Baca juga tip 73 memilih sofa untuk ruang tamu/keluarga kecil serta contohnya)

Singkirkan sementara barang yang rentan rusak. Misal, vas bunga dan hiasan di atas meja atau credensa. Pot tanaman kesayangan mungkin beresiko tersenggol dan pecah. Sementara di garasi atau carport, kendaraan mungkin terbaret tak sengaja. Jadi pot dan mobil sebaiknya diletakkan di tempat yang lebih aman. Yang tak kalah penting adalah persiapan tempat untuk menaruh makanan kecil atau minuman teman nonton. Tempat sampah yang disiapkan di setiap sudut ruangan, akan membuat Anda tidak terlalu repot membersihkan kembali nantinya.

Khusus untuk ruang tertutup. Yang terutama adalah sirkulasi udara. Rasa pengap dapat membuat acara nonton bareng tak nyaman. Karenanya, pintu jendela sebaiknya tetap dapat dibuka selagi nonton bareng. Kalau ruangan yang dipilih ber-AC sebaiknya Anda memberitahukan dengan sopan kepada (calon) penonton bahwa merokok selama nonton akan sangat menganggu. Demi kebersamaan, perhatikan agar tidak ada halang pandang ke arah televisi. Atau, yang membuat penonton terkucilkan karena tempat yang tersudut.

Kalau pilihan tempat jatuh ke ruang terbuka, pertimbangkan dengan seksama faktor cuaca. Hujan dapat membuat acara nonton bareng bubar jalan. Karenanya tenda tambahan mungkin perlu dipersiapkan. Atau rencana darurat: tempat nonton segera dapat dipindah ke ruang dalam.

Suasana Nonton Bareng (Sumber Sinarharapan.co.id)

Kedua, posisi televisi, proyektor dan layar pantul

Bila Anda menggunakan televisi, jarak antara penonton terdekat dengan televisi harus sangat diperhatikan. Minimal jarak yang tidak terlalu melelahkan mata adalah 2m. Semakin besar pesawat teve Anda, semakin lebar pula jarak dibutuhkan. Sebaliknya kalau yang dipergunakan adalah layar pantul, jarak minimal mungkin dapat diberi toleransi lebih dekat.

Posisi teve/layar pantul yang ergonomis adalah yang sejajar dengan arah pandang. Artinya penonton tidak perlu mendongak ketika menyaksikan pertandingan. Atau harus menoleh kekiri/kekanan agar dapat melihat layar.

Ketiga, dekorasi
Tempat nobar akan lebih meriah kalau Anda tambahkan dekorasi yang sesuai suasana. Misalnya, poster kesebelasan favorit, bendera negara peserta. Pendek kata dekorasi yang terkait dengan si kulit bundar. Tak ketinggalan tentunya poster jadwal pertandingan. Tidak kalah serunya, kalau penonton disarankan menggunakan seragam/atribut kesebelasan favoritnya. Acara nonton pasti tambah rame.

Nah Anda sudah yakin siap menjadi tuan rumah? Saatnya sekarang menyebar undangan nonton bareng. Atau, usulkan ke pak RT untuk membuat acara nonton bareng warga. Tempatnya bisa bergiliran. Selain membuat guyub antar warga, setiap warga bisa berlatih menjadi “event organizer” dadakan!

Selamat mencoba.

Salam

bannerblogger_61-11.jpg

Annahape, Mendesain dengan hati
Untuk layanan profesional gunakan form di Kontak Kami

Comments
3 Responses to “Tip 82 Nonton Bareng Piala Dunia 2010 di Rumah. Ayo Menata Rumah untuk Nobar!”
  1. fajar mengatakan:

    mataps tipsnya

  2. PVC patio furniture mengatakan:

    Wah asyiknya kalo nonton bareng piala dunia….apalagi di rumah. Sayang, ane nggak ngerasain demam piala dunia di kampung ane…

  3. Rafans Manado mengatakan:

    Tabea… Tips yang bagus. Thanks infonya. Salam kenal,-

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

  • Desain Interior

    Aneka Produk Design/Desain Interior di Annahape Workshop & Studio: 3D interior, konsep interior, interior warna cat, Wallpaper, kolam ikan, kolam renang, seni interior, pintu, Plafon, Foyer, Kamar/Ruang Tamu, Kamar Anak, Kamar Bermain, Meja Kerja, Meja Makan, Kursi Makan, Ruang Makan, Ruang Tidur, Bedroom, Bath room, Tempat Tidur, Lemari, Almari, Backdrop, Backwall, Sofa, Daybed, Puff, Dapur/Kitchen Set, Pantry, Home Theater.
    Kantor: Ruang Rapat, Ruang Direktur, Ruang Staff, Ruang Reseptionis, Lobby, Ruang Kerja, ruang sekretaris, interior kantor

  • Real Estate Blogs Real Estate Blogs - Blog Rankings

  • Desain Rumah /Arsitektur

    Jasa Arsitektur: Gambar Desain Arsitektur 3D, Gambar Kerja Arsitektur, Struktur dan RAB (Rencana Anggaran Biaya), Renovasi Rumah Menyeluruh, Desain Toko, Desain Restaurant, Desain Kantor, Bangun Rumah Tinggal, Master Plan, Landscape, Site Plan. Rumah mungil, besar, modern, mewah.

    Konstruksi Pengerjaan bangunan, rumah, ruko, rukan, kolam renang, villa, restoran. Termasuk carport, pagar dan taman

    Langgam, style, gaya:
    Etnik, Minimalis, Retro, Modern, Klasik, Tradisional, Eklektik, Mediteranian, Art Decoratif

  • Konsultasi & Jasa Profesional

    Annahape STUDIO (Didirikan Thn 2000)

    Informasi desain, produk, jasa/konsultasi profesional, jam/hari kerja, jadwal libur dan pekerjaan yang tidak dapat kami layani silakan klik:

  • Contact Annahape

%d blogger menyukai ini: