Tip 83 Libur Sekolah di Rumah dari Berenang sampai Main Enggrang. Plus Elemen pokok Desain Kolam Renang

annahape.com.Liburan sekolah telah tiba. Selain berwisata ke tempat idaman, mengisi  masa libur dengan kegiatan di rumah perlu juga Anda pikirkan. Sebab, hampir tak mungkin rasanya Anda dan anak-anak akan bisa menghabiskan masa libur sekolah dengan bepergian sebulan penuh. Apa lagi kalau keponakan atau cucu senang berlibur di rumah Anda. Acara renang sampai belajar memasak, adalah acara yang mungkin bisa dilakukan di rumah.

Hmm, tak ada kolam renang di rumah? Tentu dapat dibuat acara lain. Namun, tak ada salahnya Anda merancang kolam renang dari sekarang untuk liburan mendatang. Berikut tip dasar desain swimming pool dan acara liburan di rumah.

Elemen pokok dari in ground swimming pool adalah: steps (tangga landai), ladder (tangga curam), underwater light, discharge outlet, diving board, diving well (kolam dalam), main drain dan skimmer. Lihat gambar berikut yang kami kutip dari visualdictionaryonline.

Elemen Dasar Desain Kolam Renang

Cukup dulu tentang elemen dasar desain kolam renang. Kembali ke liburan. Merancang kegiatan liburan di rumah tergantung pada beberapa faktor. Di antaranya ruangan yang tersedia; perlengkapan yang tersedia/dibawa para cucu atau keponakan; dan banyaknya ‘peserta’ kegiatan. Yang tak kalah penting, dialog Anda dengan mereka untuk menentukan agenda kegiatan liburan. Menemani Anda mempersiapkan segala sesuatunya, berikut tip dari kami.

1. Ruang berkegiatan. Ruangan tak harus besar. Sejauh bisa menampung sejumlah anak yang sudah Anda perkirakan, cukuplah. Lebih baik lagi bila Anda memadukan beberapa ruangan berdekatan sebagai arena kegiatan. Misalnya ruang makan dan ruang keluarga. Area dapur/pantry bisa ditambahkan kalau perlu. Itu kalau Anda membayangkan kegiatan di dalam rumah. Anak-anak mungkin punya ide lain. Bermain di luar rumah. Nah untuk itu tempat yang perlu dikelola misalya teras, halaman rumah bahkan garasi.

2. Agenda kegiatan. Ada banyak kegiatan yang bisa Anda rancang bersama anak-anak. Misalnya menggambar bersama, membuat pernak-pernik dari barang bekas, membuat kliping, membaca, main computer game, catur, ular tangga, congklak atau dakon, halma, scrabble, karambol dan sebagainya. Anda juga bisa mengajak mereka memasak atau membuat kue. Tentu saja dalam hal ini anak-anak perlu Anda dampingi sepenuhnya. Pilih jenis masakan atau panganan yang sederhana saja. Baik anak perempuan maupun laki-laki, kalau berminat, boleh ikut serta. Asalkan sudah berusia di atas 7 tahun. Ini demi keselamatan mereka. Ajari anak-anak mulai dari mempersiapkan alat masak dan bahan makanan yang hendak diolah. Lalu beritahu mereka cara menyalakan kompor atau micro wave oven. Serta mencuci dan membereskan kembali alat-alat masak setelah pakai. Sesuaikan bagian-bagian kegiatan ini dengan usia anak-anak yang ikut di dalamnya. Catatan penting: sebaiknya Anda melakukan sendiri tahapan penyiapan bahan makanan yang menggunakan pisau. Atau menyerahkannya kepada anak-anak yang lebih dewasa. Sambil tetap Anda awasi tentunya.

3. Menggambar bersama atau jenis permainan-permainan sederhana yang tadi disebut, bisa dilakukan di dalam rumah maupun di teras. Jika dilakukan di ruang keluarga, boleh jadi Anda perlu menata ulang dekorasi ruangan. Agar semakin nyaman dan sesuai untuk bermain. (Lihat juga tip nomor 3 – Mendesain Interior Kamar Anak) Kegiatan menggambar bersama bisa dilakukan di lantai atau meja makan. Jika di lantai, Anda perlu memilih bagian ruang keluarga yang tak dialasi karpet. Atau memindahkan alas tersebut ke sisi lain. Bila ternyata tak cukup luas, Anda bisa menggunakan meja makan. Tapi Anda harus mengosongkan dan menutup bagian atas meja dengan plastik terlebih dulu. Sebaiknya pula, gunakan perlengkapan menggambar yang aman bagi anak-anak. Seperti pensil warna, spidol, crayon atau cat air non-toxic. Tapi Anda tetap harus membiasakan anak-anak mencuci tangan dengan sabun setelah selesai menggambar. Sama seperti setelah mereka selesai bermain.

4. Memanfaatkan barang bekas untuk permainan atau pun pernak-pernik. Anda bisa mengambil inspirasinya dari berbagai buku atau internet. Pilih dan sesuaikan dengan barang-barang yang bisa Anda sediakan. Serta usia anak-anak yang ingin terlibat di dalamnya. Dan ingat lho, ini juga sekaligus bisa menjadi kesempatan bagi Anda dan anak-anak untuk membongkar dan memeriksa gudang. Memilih barang-barang yang sekiranya bisa digunakan. Sambil membersihkan dan membereskannya kembali.

Main Enggrang Saat Liburan

5. Beberapa permainan bisa dilakukan di teras, garasi atau halaman rumah. Anda punya meja pingpong? Wow! Itu anugerah bagi anak-anak yang telah cukup umur. Adu tanding antar keponakan bisa jadi ide menarik. Kalau halaman Anda masih cukup luas, anak-anak dapat pula bermain badminton. Tentu saja tanpa jaring di tengah (net). Tapi pasti tetap menggembirakan.  Anda pun bisa memperkenalkan satu atau beberapa jenis permainan tradisional. . Misalnya ketangkasan bermain enggrang. Alatnya berupa sepasang bambu ukuran dua meter. Buat pijakan pada bagian bawah bambu. Jaraknya sekitar 30-50 cm di atas permukaan tanah. Anak-anak di atas usia 10 tahun rasanya sudah bisa Anda ajari menggunakan sepasang bambu itu untuk berjalan (Sumber foto).

6. Kalau Anda sudah memiliki kolam renang, ingat saja ini:”(Hampir) tak ada anak yang tak suka bermain di air”. Tapi kegiatan bermain di air kolam juga membutuhkan pengawasan Anda sepenuhnya. Baik terhadap yang sudah pandai apalagi kepada mereka yang belum bisa berenang. Yang belum bisa berenang wajib menggunakan alat bantu. Seperti pelampung, papan luncur atau alat lainnya yang disesuaikan dengan usia anak. Anda pun dapat merancang kegiatan lain di sekitar kolam renang. Misalnya menyanyi dan menari bersama. Atau bahkan story telling yang Anda bawakan bersama anak-anak. Barbeque di samping kolam mungkin jadi kenangan liburan yang mengesankan.

Kolam renang di halaman rumah. By admiralpool.

Itu beberapa tip dari kami tentang mengisi liburan di rumah. Kalau Anda punya ide/pengalaman lain, silahkan berbagi kepada kami dan para pembaca. Selamat berlibur bersama anak-anak.

Salam

bannerblogger_61-11.jpg

Annahape, Mendesain dengan hati
Untuk layanan profesional gunakan form di Kontak Kami

Comments
3 Responses to “Tip 83 Libur Sekolah di Rumah dari Berenang sampai Main Enggrang. Plus Elemen pokok Desain Kolam Renang”
  1. fajar mengatakan:

    trim’s tipsnya

  2. Miftahgeek mengatakan:

    Kok di campur gini kang tulisannya, emang ga lebih baik kalo dibuat 2 postingan yak..

Trackbacks
Check out what others are saying...
  1. […] telah diatur semuanya dalam Master Plan. Seperti villa, restoran, butik, gym & spa, kolam renang (Tip 83) dan […]



Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

  • Desain Interior

    Aneka Produk Design/Desain Interior di Annahape Workshop & Studio: 3D interior, konsep interior, interior warna cat, Wallpaper, kolam ikan, kolam renang, seni interior, pintu, Plafon, Foyer, Kamar/Ruang Tamu, Kamar Anak, Kamar Bermain, Meja Kerja, Meja Makan, Kursi Makan, Ruang Makan, Ruang Tidur, Bedroom, Bath room, Tempat Tidur, Lemari, Almari, Backdrop, Backwall, Sofa, Daybed, Puff, Dapur/Kitchen Set, Pantry, Home Theater.
    Kantor: Ruang Rapat, Ruang Direktur, Ruang Staff, Ruang Reseptionis, Lobby, Ruang Kerja, ruang sekretaris, interior kantor

  • Real Estate Blogs Real Estate Blogs - Blog Rankings

  • Desain Rumah /Arsitektur

    Jasa Arsitektur: Gambar Desain Arsitektur 3D, Gambar Kerja Arsitektur, Struktur dan RAB (Rencana Anggaran Biaya), Renovasi Rumah Menyeluruh, Desain Toko, Desain Restaurant, Desain Kantor, Bangun Rumah Tinggal, Master Plan, Landscape, Site Plan. Rumah mungil, besar, modern, mewah.

    Konstruksi Pengerjaan bangunan, rumah, ruko, rukan, kolam renang, villa, restoran. Termasuk carport, pagar dan taman

    Langgam, style, gaya:
    Etnik, Minimalis, Retro, Modern, Klasik, Tradisional, Eklektik, Mediteranian, Art Decoratif

  • Konsultasi & Jasa Profesional

    Annahape STUDIO (Didirikan Thn 2000)

    Informasi desain, produk, jasa/konsultasi profesional, jam/hari kerja, jadwal libur dan pekerjaan yang tidak dapat kami layani silakan klik:

  • Contact Annahape

%d blogger menyukai ini: