Site icon ANNAHAPE Arsitektur dan Interior

Tip 91 Inner Court (Taman Dalam Ruang): Menciptakan Inner Beauty bagi Rumah Tinggal

annahape.com Telah banyak yang dikatakan para arsitek dan desainer interior tentang inner court (taman dalam ruang). Anda bisa melacaknya sendiri dengan mengetik kata inner court di mesin pencari Google atau Yahoo.

Sedikit mengulang yang dibicarakan rekan-rekan seprofesi saya itu. Keberadaan inner court memberi beberapa manfaat penting. Di antaranya:
1. Penghawaan dan pencahayaan alami karena bentuknya yang terbuka.
2. Memberikan kesan luas pada rumah.
3. Sebagai meeting point yang nyaman bagi seluruh penghuni rumah.

Saya sendiri hendak menambahkan, keberadaan inner court niscaya akan menciptakan inner beauty bagi tempat tinggal kita. Mengapa demikian?

Inner beauty artinya kecantikan atau keindahan yang tumbuh dari dalam diri seseorang (perempuan), bersifat alamiah dan tak pudar oleh usia. Kategori cantik atau indah yang melekat pada diri seseorang yang memiliki inner beauty biasanya berada di luar kategori yang diciptakan oleh promosi iklan kosmetik atau fesyen. Ia tak harus berkulit putih mulus, hidung macung dan tubuh ramping. Kekuatan inner beauty justru mampu tampil apa adanya tapi tetap penuh pesona.

Gambar 1 Inner court ditambah kolam memberi kesejukan alami

Rumah yang akan Anda bangun boleh saja berukuran kecil atau sedang dan sederhana. Tapi begitu Anda mulai berpikir untuk membuat inner court, sebenarnya Anda tengah menyiapkan fondasi kenyamanan yang alamiah sifatnya. Oleh adanya inner court, Anda bisa memanfaatkan hal-hal yang disediakan alam. Udara yang mengalir dan cahaya matahari. Anda pun masih bisa melengkapi kenyamanan alamiah ini. Misalnya dengan beberapa jenis tanaman dalam pot dan kalau mungkin kolam kecil. Tentang ukuran inner court tak jadi soal. Yang penting proporsional dengan luas rumah.

Gambar 2. Duduk-duduk di sekitar inner court bakal betah dan menyenangkan. Atau tempat favorit berbuka puasa?

Kenyamanan alamiah ini juga tak cepat menimbulkan kebosanan. Tapi ada kiatnya tentu saja. Misalnya secara berkala Anda bisa menambah, mengurangi atau mengganti jenis tanaman pot untuk inner court Anda. Boleh juga kalau sesekali Anda mengganti formasi tempat duduk di sekitar taman terbuka dalam rumah ini. Atau mungkin dengan menambahkan sedikit sentuhan lighting untuk malam hari.

Pada gilirannya pula kenyamanan alamiah jadi salah satu faktor kunci yang membuat seisi rumah menjadi betah. Dalam hal ini daya tarik rumah bukan pertama-tama terletak pada barang-barang yang ada di dalam rumah. Tapi sungguh-sungguh bersumber dari suasana nyaman dan asri yang dibawa oleh adanya inner court.

Saya pun berharap beberapa gambar yang menyelingi tulisan ini dapat menambah imajinasi Anda tentang fondasi inner beauty bagi rumah Anda nantinya. Terkait dengan Ramadhan: ibadah puasa kita adalah ibadah untuk menyucikan diri. Jalan kembali ke fitrah. Inner court, inner beauty rumah kita, adalah sarana pembantu menggapai inner beauty kita sendiri. Yaitu fitrah setiap insan! Selamat berpuasa, selamat menggapai inner beauty yang sejati!

Artikel terkait: cara membuat taman minimalis di Tip 71

Salam

Annahape, Mendesain dengan hati

Untuk layanan profesional gunakan form di Kontak Kami


Exit mobile version