Tip 96 Beautiful Houses, Rumah-rumah Impian yang Didesain dengan Cinta

annahape.com Rumah mungil sederhana di lahan terbatas tetaplah indah dan memuaskan. Asalkan didesain dengan sepenuh hati. Dengan cinta. Tenang mengapung dalam kesadaran budi dan hati. Membiarkan imajinasi terayun-ayun ombak kreativitas. Dan, disertai perhitungan matematis yang sempurna digoreslah sketsa-sketsa gambar desain. Tak hanya memenuhi semua keharusan akan sebuah hunian yang sehat dan aman. Tetapi juga indah. Beautiful! Begitulah sebuah proses desain, merancang rumah berlangsung

Saudaraku, proses itu membutuhkan waktu.

Tak Hanya Tampak Rumah: Desain Sketsa Mezzanine dalam Rumah

Sering sekali calon klien kami mengurungkan niat memakai jasa profesional kami karena satu hal. Yaitu waktu yang kami perlukan untuk mendesain. Enam puluh hari? Mungkin lebih. “Sorry mbak, it is too long“. Apa boleh buat.

Saya biasanya mencoba membantu menjelaskan dengan kalimat pendek. “Lebih baik membongkar gambar rumah khan ,daripada membongkar bangunan”. Karena tak ada biaya tambahan yang harus Anda keluarkan. Tetapi sebenarnya tak sesederhana itu penjelasannya.

Di awal saya sampaikan ada dua hal yang harus bersinergi dalam sebuah desain arsitektur (maupun interior). Pertama, perhitungan matematis; dan kedua, keindahan. Seni atau art.

Perhitungan matematis diperlukan agar semua aspek hunian yang sehat, aman dan nyaman dapat terpenuhi. Beberapa tips sudah membicarakan hal itu. Seperti sirkulasi udara, sirkulasi aktivitas (zoning), pencahayaan alami, aspek lingkungan dan efisiensi energi. (Baca Tip 90, misalnya).

Perhitungan matematis juga terkait dengan efisiensi struktur bangunan. Agar tidak ada balok atau kolom beton yang mubazir atau boros.

Hal yang kedua adalah keindahan. Anda mungkin sudah punya bayang-bayang. Gambaran tentang bentuk rumah Anda.

Tetapi Anda juga punya kebutuhan ruangan. Sekaligus keterbatasan. Baik besarnya lahan maupun dana. Sehingga sangat mungkin gambaran Anda tentang rumah idaman tidak bisa plek terwujud.

Rumah-rumah idaman

Tugas kamilah agar bayangan rumah impian Anda itu tetap tercapai. Bahkan lebih. Namun tetap fungsional: memenuhi kebutuhan ruang dan sesuai dengan budget serta lahan yang tersedia. Tak lebih tak kurang.

Karena itu, bongkar desain, revisi gambar berkali-kali adalah hal lumrah dalam proses desain. Entah arsitektur atau interior rumah. Sama saja.

Proses desain adalah proses komunikasi Anda dengan arsitek. Semakin intensif semakin baik hasilnya. Saya seringkali memberi saran kepada klien. “Please, jangan buru-buru memberi komentar”. Endapkan dengan tenang. Seperti kami intens mendesain, kami pun berharap klien intens mengamati, mengkritisi, memberi masukan dan menyampaikan harapan.

Kalau Anda sekali-sekali mampir ke studio, Anda mungkin melihat pemandangan ini. Desainer/arsitek kami mendesain dengan earphone/headset. Betul mereka sedang mendengarkan musik. Dan mendesain! Begitulah harapan kami, ketika Anda mengkritisi desain kami. Tenang-tenanglah, dan nikmatilah dengan musik.

Saya sudah unggah satu contoh presentasi kami di YouTube. Plus musik pengiringnya. Beautiful House. Coba nikmati. Harapan saya ya itu tadi. Sebagaimana kami intens mendesain. Seintens itulah Anda, klien kami, mencermatinya. Dengan sarana musik, atau apa saja sesuai selera. Catatan: gambar-gambar rumah yang saya tampilkan di YouTube ini adalah versi awal dari lima versi pengembangan desain yang kami sampaikan kepada klien kami.

Klik di Sini untuk melihat presentasi di YouTube

Satu tip dari saya. Arsitek yang pintar itu banyak. Googling saja dan Anda punya ratusan pilihan. Pilihlah yang “klik” dengan Anda. Karena seperti saya katakan, proses desain itu proses komunikasi timbal balik. Kalau sejak awal Anda tidak merasa “klik” jangan harap ada komunikasi. Tak ada keindahan desain yang lahir dari hati yang tidak klop.

Salam

bannerblogger_61-11.jpg

Annahape, Mendesain dengan hati
Untuk layanan profesional gunakan form di Kontak Kami

Comments
One Response to “Tip 96 Beautiful Houses, Rumah-rumah Impian yang Didesain dengan Cinta”
  1. Yusnandar Karim mengatakan:

    fatabaarokallah ahsanal kholiqiin..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

  • Desain Interior

    Aneka Produk Design/Desain Interior di Annahape Workshop & Studio: 3D interior, konsep interior, interior warna cat, Wallpaper, kolam ikan, kolam renang, seni interior, pintu, Plafon, Foyer, Kamar/Ruang Tamu, Kamar Anak, Kamar Bermain, Meja Kerja, Meja Makan, Kursi Makan, Ruang Makan, Ruang Tidur, Bedroom, Bath room, Tempat Tidur, Lemari, Almari, Backdrop, Backwall, Sofa, Daybed, Puff, Dapur/Kitchen Set, Pantry, Home Theater.
    Kantor: Ruang Rapat, Ruang Direktur, Ruang Staff, Ruang Reseptionis, Lobby, Ruang Kerja, ruang sekretaris, interior kantor

  • Real Estate Blogs Real Estate Blogs - Blog Rankings

  • Desain Rumah /Arsitektur

    Jasa Arsitektur: Gambar Desain Arsitektur 3D, Gambar Kerja Arsitektur, Struktur dan RAB (Rencana Anggaran Biaya), Renovasi Rumah Menyeluruh, Desain Toko, Desain Restaurant, Desain Kantor, Bangun Rumah Tinggal, Master Plan, Landscape, Site Plan. Rumah mungil, besar, modern, mewah.

    Konstruksi Pengerjaan bangunan, rumah, ruko, rukan, kolam renang, villa, restoran. Termasuk carport, pagar dan taman

    Langgam, style, gaya:
    Etnik, Minimalis, Retro, Modern, Klasik, Tradisional, Eklektik, Mediteranian, Art Decoratif

  • Konsultasi & Jasa Profesional

    Annahape STUDIO (Didirikan Thn 2000)

    Informasi desain, produk, jasa/konsultasi profesional, jam/hari kerja, jadwal libur dan pekerjaan yang tidak dapat kami layani silakan klik:

  • Contact Annahape

%d blogger menyukai ini: